Benarkah musik mempengaruhi perkembangan janin?

Saya pernah mendengar, mendengarkan musik klasik ketika hamil dapat membuat anak lebih cerdas. Mendengarkan alunan Al-Quran dapat membuat anak menjadi lebih tenang, dan sebagainya. Apakah hal itu dapat dibenarkan?

Permasalahan ini masih menjadi simpang siur, belum ada penelitian yang memastikan bahwa musik bisa membuat otak janin jadi lebih pintar. Menurut David Baron, seorang Kepala Bagian Psikiatri dari Fakultas Kedokteran Universitas Temple, Amerika, menjelaskan bahwa sebenarnya inteligensia merupakan hal yang kompleks. Karena itu, belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa musik secara langsung bisa merangsang otak janin sehingga bisa memiliki tingkat IQ tertentu. David menambahkan bahwa 60-80 persen kecerdasan seseorang diwariskan secara genetik.

Meski tidak berhubungan langsung dengan tingkat kecerdasan janin, tapi janin yang mendengar musik klasik yang tenang cenderung akan menjadi anak yang tenang pula. Janin akan mudah tidur nyenyak. Notabene kualitas tidur yang baik berhubungan dengan perkembangan otak. Karena itulah saat janin tidur nyanyak, sel saraf di otak akan berkembang pesat. Otak bisa berkembang dengan maksimal jika ia cukup tidur.

Read more: http://doktersehat.com/pengaruh-musik-terhadap-perkembangan-janin/#ixzz5E90jqhvY