© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Benarkah Minum Es menyebabkan Pilek?

Satu hal yang perlu diingat, bahwa penyakit flu atau influenza disebabkan oleh virus, dan bukan oleh suhu minuman.

Ada fakta yang menarik tentang minum air dingin, yaitu tubuh kita akan secara otomatis menyesuaikan suhu makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

Air yang dingin akan segera dihangatkan oleh tubuh sesaat setelah dikonsumsi.

Jadi tidak perlu khawatir. Apabila muncul keluhan setelah minum es, kemungkinan besar memang tubuh kamu alergi terhadap es.

Yang membuat es berbahaya adalah apabila dibuat dari air mentah. Es yang terbuat dari air mentah besar kemungkinannya mengandung bakteri berbahaya seperti bakteri penyebab penyakit typus.

Jadi bila badan menjadi demam sesaat setelah minum es, bisa jadi itu karena tubuh sedang berjuang melawan bakteri jahat yang baru saja masuk ke dalam tubuh bersama dengan es yang kurang bersih (Baca juga: serba-serbi demam).

Itulah mengapa anak-anak tidak dibenarkan jajan (apalagi minum es) sembarangan. Karena saat ini banyak pedagang nakal yang membuat es dari bahan yang kurang higienis dan mengandung bakteri.

Jadi kesimpulannya, selama kita minum es yang bisa dipertanggung jawabkan kebersihannya tidak akan jadi masalah bagi tubuh.

Sumber:

Influenza atau pilek (flu) adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza yang dapat menyebabkan penyakit ringan sampai penyakit berat (Abelson, 2009). Setiap orang sudah mengenal dan sudah pernah menderita penyakit ini. Bila terserang penyakit ini pekerjaan sehari-hari akan terhalang, karena gejala penyakit ini ialah rasa tidak enak badan, demam, rasa pegal linu, lemas, lesu, bersin-bersin dan terasa nyeri di otot-otot dan sendi (Prabu, 1996).

Penyebab influenza adalah virus RNA yang termasuk dalam keluarga Orthomyxoviridae yang dapat menyerang burung, mamalia termasuk manusia. Virus ditularkan melalui air liur terinfeksi yang keluar pada saat penderita batuk, bersin atau melalui kontak langsung dengan sekresi (ludah, air liur, ingus) penderita.

Jadi meminum es tidak dapat dikatakan sebagai penyebab pilek. Terkecuali es yang dikonsumsi terkontaminasi virus Influenza yang merupakan virus penyebab pilek.

1 Like