Benarkah Microsoft Office sangat membantu dalam pekerjaan atau bisnis?

Microsoft adalah salah satu perusahaan penyedia software-software komputer yang paling banyak digunakan saat ini. Misalnya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power point, ketiga produk ini merupakan diferensiasi dari Microsoft Office yang cukup sering digunakan. Lalu benarkah jika Microsoft Office sangat membantu dalam pekerjaan dan bisnis?

Peran Microsoft Office Terhadap Pekerjaan dan Dunia Bisnis

Microsoft Office adalah salah satu produk dari perusahaan raksasa penyedia software maupun hardware, Microsoft. Dalam perkembangannya Microsoft Office memiliki banyak sekali produk-produk yang sangat berguna dalam memudahkan pekerjaan manusia. Utamanya yang berhubungan dengan dokumen.

Produk Microsoft Office yang Sering Digunakan

Seperti misalnya Microsoft Word yang digunakan untuk mengetik dokumen dengan mudah, bahkan pengguna juga dapat mengunduh template tertentu yang diinginkan lalu diaplikasikan dengan mudah. Kelebihan dari Microsoft Word adalah adanya banyak fitur yang sangat mendukung. Seperti style tulisan, font, template cover, adanya template diagaram, fitur screen shot untuk menangkap gambar pada layar yang langsung tersimpan di dalam halaman Word, header, footer, watermark, border, template table content (daftar isi), kamus / translation / thesaurus, bahkan template untuk surat. Meskipun demikian, fitur diagram sendiri dapat diperdalam melalui produk Microsoft yang lain yakni Microsoft Visio.

Produk kedua yang sering digunakan adalah Microsoft Excel yang befungsi untuk mengolah data dengan penghitungan juga untuk membuat tabel dengan mudah. Microsoft Excel cenderung digunakan untuk data-data numerik. Fitur-fitur yang dimilikinya pun sangat banyak. Seperti adanya formulas yang sudah mencakup rumus-rumus yang dapat digunakan untuk mengolah data, user tinggal memilihnya . Selain itu ada juga diagram-diagram dengan berbagai bentuk bahkan juga mendukung untuk bentuk 3D. Fitur lainnya adalah import data dari Microsoft Access, web atau sources lain. Sehingga pekerja atau pebisnis dapat lebih mudah dalam mengolah data-data yang didapatnya untuk menunjang pekerjaannya.

Pekerja atau pebisnis pada umumnya harus mempresentasikan project -nya entah kepada atasan, client atau rekan bisnis. Dan hal ini sangat krusial karena presentasi yang bagus dan ditunjang dengan kelihaian public speaking akan membuahkan keberhasilan tersendiri yang ditandai dengan diterimanya project atau gagasan.

Untuk menunjang hal tersebut, Microsoft juga telah merilis Microsoft PowerPoint yang berguna untuk membuat slides presentasi. Fitur-fitur yang dimilikinya di antaranya adanya layout-layout yang dapat langsung dipilih oleh user, adanya fitur desain powerpoint yang dapat diimpor dari komputer, adanya animasi dan transisi yang membuat presentasi lebih bagus, juga adanya timer rehearse yang digunakan untuk menyetel waktu yang dibutuhkan untuk presentasi, berikut transisi dari satu slide ke slide yang lain tanpa perlu adanya alat tambahan karena user dapat langsung memutarnya kembali seperti video. Kelemahannya user harus benar-benar memperhatikan waktu presentasi.

Pesaing Microsoft Office yang Sangat Potensial

Berbicara tentang pesaing Microsoft Office, tentu sering kita mendengar tentang Google docs. Google docs adalah layanan pengolah kata, numerik, presentasi, formulir dan penyimpanan data berbasis web milik raksasa Google.

Google docs sendiri memiliki 3 produk yang identik dengan 3 produk Microsoft Office. Selain itu dari masing-masing produk dilengkapi dengan template-template sesuai tema yang dapat dipilih oleh user. Selebihnya dapat dikatakan sama. Kelebihan lan dari Google docs adalah kemudahan akses karena berbasis web yang dapat diakses dari mana saja melalui perangkat yang terintegerasi dengan internet. Selain itu google docs sendiri menggunakan sistem cloud storage artinya tidak sama sekali menggunakan penyimpanan perangkat keras melainkan disimpan pada akun-akun google user. Maksimal ukuran per berkas adalah 1 GB. Cukup besar untuk pengolah data sehingga sangat potensial untuk menggeser eksistensi Microsoft

Selain Google docs banyak juga ditemui opsi-opsi lain untuk mengolah data. Utamanya dalam hal presentasi. Karena saat ini sudah banyak web penyedia template presentasi berikut dengan kemudahan-kemudahannya. Diantaranya adalah Prezi.

Apakah Microsoft Office Membantu?

Meski cukup banyak layanan-layanan serupa yang hadir, namun Microsoft Office sendiri bagi saya jauh lebih unggul. Karena Microsoft Office memiliki banyak sekali layanan, tidak hanya 3 produk yang disebutkan sebelumnya. Seperti Microsoft Outlook yang berfungsi untuk mengirim atau membaca surel dan membuat jadwal pribadi, Microsoft Access yang digunakan untuk membuat database, Microsoft Visio untuk membuat dan menampilkan diagram, Microsoft InfoPath untuk membuat dan menampilkan dokumen XML, Microsoft Publisher untuk desktop publishing atau membuat surat kabar, ucapan, dsb.

Keberagaman fungsi dan produk tersebut dapat saya dapatkan dari satu produk saja yakni Microsoft Office. Sehingga bagi saya hal tersebut sangat efektif dan lebih dari membantu.

Dalam perkembangannya Microsoft Office tidak hanya dapat diakses melalui PC dengan OS Windows saja, bahkan sekarang juga dapat diakses di Linux, Android, maupun IOS. Sehingga dapat mempermudah saya apabila ingin mengolah data. Bahkan dengan satu akun Microsoft saya dapat mengaksesnya dari perangkat yang berbeda-beda. Sehingga sistem kerjanya mirip dengan Google docs.

Kesimpulan yang saya dapat dari ulasan-ulasan sebelumnya adalah Microsoft Office merupakan layanan yang diberikan untuk pengguna dalam menunjang pekerjaan maupun bisnisnya. Banyaknya produk yang ditawarkan membuat pengguna seperti dimanjakan karena hanya dari Microsoft Office pengguna memiliki banyak sekali akses atau kesempatan untuk melakukan berbagai hal mulai dari mengolah data, database, hingga presentasi. Selain itu akses yang mudah dan dari mana saja juga menjadi kelebihan tersendiri. Sehingga bagi saya Microsoft Office sangat membantu dalam pekerjaan maupun bisnis.

https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Office
https://www.bayt.com/en/specialties/q/116434/what-is-the-importance-of-microsoft-office-in-the-work-environment/
https://www.microsoft.com/id-id/account
https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Docs

Microsoft Office saya yakin pasti nama ini tidaklah asing bagi telinga kita, microsoft office sejarahnya dimulai pada tahun 1990 dengan versi Microsoft Office 3.0. Hingga saat ini yaitu Microsoft Office 2016 yang paling terbaru. Seperti namanya, Microsoft Office ada untuk memudahkan pennguna dalam mengerjakan pekerjaan kantor, seperti mengetik, menghitung anggaran, menyiapkan presentasi, dan banyak lagi.

Yang membuat Microsoft office lebih dipilih dibanging kompetitor lainnya adalah yang pertama, brandnya yaitu “Microsoft” merupakan brand perusahaan IT yang sangat ternama di seluruh dunia. Yang kedua, Microsoft Office mempunyai paket software yang sangat lengkap dalam satu installer. Yang ketiga, seluruh software microsoft office mempunyai UI yang sangat menawan, UX yang ramah, dan fitur yang sangat lengkap. Yang keempat, untuk harga pun microsoft office cukup terjangkau dan worth it dengan layanan yang disajikan. Berikutnya adalah software-software Microsoft Office yang sangat membantu dalam dunia pekerjaan dan Bisnis.

1. Microsoft Word

Yang pertama kita bahas adalah software yang very famous and useful dikalangan manapun, baik SMP, SMA, Kuliah, dan pasti dunia kerja. Jika beberapa tahun lalu ada mesin ketik, Microsoft Word lah yang saat ini menjadi penerus mesin ketik tersebut. Microsoft Word ini mempunyai fitur yang sangat lengkap dan memenuhi kebutuhan untuk mengetik apapun, makalah, proposal, laporan, dan banyak lainnya. Microsoft Word juga dapat terintegrasi oleh beberapa aplikasi seperti Adobe Reader, Foxit Reader, One Drive dan lain-lain. Menurut saya, fitur integrasi dengan One Drive ini membuat Microsoft Word lebih unggul dibanding pesaingnya karena file bisa langsung tersimpan ke dalam Cloud.

2. Microsoft Excel

Software ini tak kalah penting dalam dunia pekerjaan dibanding produk microsoft lainnya, Microsoft Excel mempunyai fitur yang sangat penting adanya dalam dunia pekerjaan. Jika Microsoft Word adalah software pengolah kata, maka Microsoft Excel adalah software pengolah angka. Microsoft Excel sangat membantu dibidang Akuntansi, Administrasi, Audit, dan lain sebagainya. Kemampuan hitung dan fitur dari Microsoft Excel memang tidak diragukan lagi.

3. Microsoft Power Point

Jika kedua software sebelumnya merupakan software yang sangat penting untuk back-end. Software Microsoft Power Point berperan pada fungsi front-end. Microsoft Power Point mempunyai fitur yang sangat lengkap untuk membantu melancarkan presentasi kita, mulai dari desain slide yang bagus, animasi yang elegan, diagram yang membantu menampilkan data, dan lain-lain.

Dan masih banyak lagi produk-produk dari Microsoft Office yang sangat membantu dalam dunia pekerjaan dan bisnis. Untuk menjawab pertanyaan, maka saya jawab, benar adanya bahwa Microsoft Office sangat membantu dalam dunia pekerjaan dan bisnis.

Referensi

https://www.techwalla.com/articles/advantages-of-microsoft-office

Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi MicrosoftWindows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint.

ms-office-logo

Alasan mengapa Microsoft Word sangat baik untuk Bisnis

  • Bekerja bersama dengan mudah : Bekerja di mana pun lokasi Anda, kapan pun dibutuhkan, dengan perangkat apa pun yang dipilih. Berbagi file. Bergabung dalam rapat. Tetap selaras dengan tim Anda. Ketika ada pekerjaan yang harus diselesaikan, Office akan selalu membantu.

  • Bekerja dari seluruh perangkat Anda : Dengan beberapa paket, Anda dapat menginstal Office hingga di lima PC/Mac dan lima tablet (iPad, Windows, atau Android), serta mentransfer penginstalan dengan cepat ke perangkat baru kapan pun Anda memerlukannya.

  • Selesaikan pekerjaan dari mana saja : Edit dan berbagi file dari browser apa pun dengan Office Online. Gunakan Office Mobile di Windows Phone, iPhone®, dan ponsel Android untuk menampilkan dan mengedit file.

Paket Aplikasi Microsoft Office

Adapun paket aplikasi yang terdapat pada program Microsoft Office yaitu sebagai berikut :

  1. Microsoft Word
    Aplikasi Microsoft Word termasuk aplikasi yang sering digunakan, aplikasi ini berfungsi untuk mengolah kata, contoh file yang bisa dibuat dengan Microsoft Word yaitu : surat, laporan, makalah, artikel, tabel, skripsi dan lain-lain

  2. Microsoft Excel
    Aplikasi Microsoft Excel adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengolah angka/data dan disajikan dalam bentuk tabel atau grafik, aplikasi menyediakan fitur rumus yang dapat melakukan perhitungan secara otomatis, biasanya aplikasi ini digunakan oleh akuntan dalam membuat laporan keuangan.

  3. Microsoft Powerpoint
    Aplikasi Microsoft Powerpoint adalah aplikasi yang berfungsi untuk membuat slide presentasi, dimana slide presentasi tersebut dapat ditampilkan melalui infokus dan dapat diprint dalam bentuk hangout, aplikasi ini juga menyediakan fitur animasi yang dapat membuat presentasi anda menjadi lebih menarik.

  4. Microsoft Access
    Aplikasi Microsoft Access adalah aplikasi yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah yang berbasis data komputer rasional yang berfungsi membuat memo, laporan, surat, merancang fax, brosur, tabel, dan masih banyak lagi.

  5. Microsoft Outlook
    Aplikasi Microsoft Outlook adalah aplikasi yang digunakan untuk membaca dan mengirim surat-e, dan menyediakan akses kalender, kotak surat, catatan, dan jadwal bersama.6. Microsoft VisioAplikasi Microsoft Visio adalah aplikasi yang berfungsi untuk membuat diagram, aplikasi ini memiliki grafik vector untuk membuat suatu diagram.

KEGUNAAN MICROSOFT OFFICE DALAM DUNIA BISNIS


Sumber Gambar : www.nurekadiahsafitri.blogspot.co.id

Siapa yang tak kenal Microsoft Office? Microsoft Office merupakan aplikasi besutan Microsoft yang dirancang untuk menyelesaikan pekerjaan perkantoran. Seiring dengan berjalannya waktu, Microsoft Office tidak hanya diminati pekerjaan perkantoran saja, dunia pendidikan pun juga dapat menggunakan aplikasi ini. Oleh karena itu, Microsoft Office menjadi salah satu aplikasi office yang paling banyak diminati saat ini. Microsoft Office menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan, mulai Word, Excel, PowerPoint, dan lain-lainnya. Pada dasarnya, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dalam penggunaan Microsoft Office. Kali ini kita akan membahas tentang pemanfaatan fasilitas Microsoft Office dalam dunia bisnis.

1. Microsoft Word
Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang banyak digunakan pada saat ini. Dalam dunia bisnis, Microsoft Word digunakan untuk pembuatan surat-surat perusahaan, pembuatan laporan-laporan bisnis, pembuatan artikel, dan masih banyak aktivitas bisnis yang dapat dikerjakan menggunakan Microsoft Word.

2. Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan aplikasi lembar kerja spreadsheet yang berbentuk kotak dengan baris dan kolom yang berisi perhitungan-perhitungan untuk melakukan analisa komaratif. Didalam dunia bisnis, Microsoft Excel digunakan oleh akuntan, administrasi ataupun untuk perusahaan yang membutuhkan pengolahan angka. Contoh hal yang dapat dilakukan adalah untuk memudahkan menyusun laporan keuangan, mempermudah membuat tabel data keperluan bisnis, dan lain-lain.

3. Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan presentasi. Dalam dunia bisnis, Microsoft Powerpoint dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk mempermudah melakukan presentasi produk bisnis perusahaan, mempermudah memperkenalkan produk bisnis ke rekan bisnis lainnya, dan lain-lain.

4. Microsoft Outlook
Microsoft Outlook merupakan aplikasi yang digunakan untuk membaca email dan mengirim email serta menyediakan akses catatan, jurnal, jadwal kerja dan kalender. Dalam dunis bisnis, Microsoft Outlook biasanya digunakan untuk mengirim email ke rekan bisnis lain dan dapat digunakan untuk menjadwalkan rapat, akses catatan dan jurnal bisnis, dan lain-lain.

5. Microsoft Access
Microsoft Acces merupakan aplikasi yang berguna untuk membuat, mengolah, dan mengelola database (basis data). Dalam dunia bisnis, Microsoft Access digunakan untuk Untuk membuat basis data (database), untuk membuat program aplikasi gaji karyawan, untuk membuat program aplikasi absensi, untuk membuat program aplikasi persediaan barang, dan lain-lain.

6. Microsoft Publisher
Microsoft Publisher adalah aplikasi yang berguna untuk kegiatan Desktop Publishing. Dalam dunia bisnis, Microsoft Publisher dapat digunakan untuk mempermudah membuat koran, katalog, brosur, majalah, kartu ucapan, poster, mading, kalender yang berhubungan dengan dunia bisnis sehingga pekerjaan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat namun dengan hasil yang memuaskan.
Jadi itulah beberapa aplikasi Microsoft Office yang sering digunakan didalam dunia bisnis.

Referensi :



http://blog.unnes.ac.id/ayukwitantri/2016/02/12/pengertian-fungsi-dan-manfaat-microsoft-access/