Benarkah menikah harus mengikuti weton?

Untuk masyarakat jawa, apalagi yang masih menjunjung tinggi budaya jawa. Syarat untuk menikah salah satunya yang paling penting ialah restu weton. Weton menjadi salah satu faktor yang perlu diikutsertakan mengenai pernikahan. Weton merupakan hari lahir dari seseorang dalam penanggalan jawa. Misalnya selasa pon, Kamis legi, atau Jumat kliwon. Weton juga dipercaya bisa menetapkan watak dan sikap dari seseorang. Dan juga bisa dipakai guna menghitung untuk memperoleh jodoh dan rejeki.

Urusan jodoh, weton dipakai dalam menghitung guna menetapkan hari dan tanggal terhadap pernikahan kedua calon mempelai. Hasil dari perhitungan akan menghasilkan angka yang disebut dengan neptu. Weton juga dapat membatalkan pernikahan karena hasil penjumlahan weton tidak cocok. Hal tersebut sering kali terjadi, sehingga menyebabkan pasangan batal menikah karena ketidakcocokan terhadap perhitungan dengan menggunakan weton tersebut.

Maka, menurut pendapat para Youdics apakah menikah harus mengikuti weton?

Referensi

Ardelia, Talitha. 2019. Urusan Jodoh Memang di Tangan Tuhan, tapi Weton yang Menentukan. Diakses pada tanggal 20 September 2021 pada link https://www.kompasiana.com/talithaardelia/5d8b15de097f3622946471d3/urusan-jodoh-memang-di-tangan-tuhan-tapi-wetonlah-yang-menentukan