Benarkah mendengarkan musik dapat membuat nostalgia dengan peristiwa atau orang tertentu?


Musik dapat menjadi pertanda suatu jaman, jaman 90an memiliki aliran atau genre musik populer yang berbeda dengan 2000an. Banyak orang mendengarkan lagu-lagu lawas untuk mengenang masa lalu, sepenggal lagu yang kita dengarkan dapat menarik kembali suatu memori yang mengingatkan kita pada suatu peristiwa spesial atau seseorang.

Lalu, benarkah dengan mendengarkan lagu dapat membuat nostalgia dengan suatu peristiwa atau orang tertentu? Mengapa demikian?

1 Like

Benar, telah dibuktikan juga secara ilmiah. Dilansir dari Hellosehat.com berdasarkan penelitian dari University of California, daerah tertentu di otak yang berhubungan dengan ingatan dan emosi dapat aktif jika dipicu oleh lagu. Lagu yang akrab di telinga dapat membawa kita pada kenangan tentang seseorang atau peristiwa tertentu pada masa lalu.

Mendengarkan musik dapat lebih merangsang otak dibandingkan aktivitas lain sehingga meninggalkan jejak pada pikiran yang dapat menarik kembali ingatan kita dari apa yang kita rasakan saat mendengar lagu tersebut dimasa lalu.

1 Like

Mendengarkan musik terbukti memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, khususnya otak kita. Beberapa manfaat mendengarkan musik adalah membuat kita lebih fokus, meningkatkan kreativitas.

Selain memberikan manfaat bagi otak, mendengarkan musik ternyata juga bisa memunculkan ingatan tertentu saat kita mendengarkan lagu tertentu.Ingatan atau memori tertentu yang muncul saat mendengarkan lagu ternyata berhubungan dengan hippocampus dan korteks frontal atau bagian dari otak besar kita.

Kedua bagian otak ini merupakan area yang terkait dengan memori atau ingatan dan menyimpan berbagai informasi yang kita dapatkan setiap hari.Saat mendengarkan musik, maka hal ini juga akan membangkitkan bagian otak yang berhubungan dengan emosi dan ingatan.

Summary

Mendengarkan Lagu Memunculkan Ingatan Tertentu, Apa Sebabnya, ya? #AkuBacaAkuTahu

Berdasarkan pengalaman aku pribadi, mendengarkan musik memang seringkali mengingatkan aku pada banyak hal di masa lampau, entah itu dengan seseorang atau bahkan peristiwa tertentu di masa itu. Sehingga hal ini memunculkan berbagai emosi seperti perasaan bahagia, sedih, atau merasakan ketenangan.

Hal tersebut juga sesuai pada studi dari University of California yang diketahui bahwa memori dan emosi dapat dibangkitkan dengan lagu-lagu yang telah familiar atau sering didengar sebelumnya. Kemudian, sejumlah studi juga menyatakan bahwa alunan lagu dapat mengaktifkan jaringan syaraf di otak yang berhubungan dengan motoric, kreativitas, dan emosi. Maka dari itu, ketika mendengarkan lagu yang familiar dapat membangkitkan ingatan di periode tertentu. Sehingga tidak aneh jika seseorang merasakan nostalgia di masa lalunya atau teringat kenangannya bersama orang tua, keluarga, teman, kerabat, ataupun mantan kekasihnya.

Sumber

https://wolipop.detik.com/love/d-5140358/auto-ingat-mantan-saat-dengar-lagu-ternyata-ini-penyebabnya

Selain memberikan manfaat bagi otak, mendengarkan musik ternyata juga bisa memunculkan ingatan tertentu saat kita mendengarkan lagu itu. Ingatan atau memori tertentu yang muncul saat mendengarkan lagu ternyata berhubungan dengan hippocampus dan korteks frontal atau bagian dari otak besar kita.

Nah, kedua bagian otak ini merupakan area yang terkait dengan memori atau ingatan dan menyimpan berbagai informasi yang kita dapatkan setiap hari. Saat mendengarkan musik, maka hal ini juga akan membangkitkan bagian otak yang berhubungan dengan emosi dan ingatan.

Saya sering sekali merasakan hal tersebut. Bahkan terkadang saya merasa terbawa pada suasana suatu tempat. Entah saya juga terkadang bingung. Mendengarkan musik ini sering mengingatkan saya pada hal-hal yang memorable di masa lalu dan masa kini. Terkadang saya teringat akan keluarga, teman, saudara, bahkan diri sendiri di masa lalu. Langsung merasa terbawa akan masa lalu dan menjadi teringat kembali akan masa lalu tersebut.

Nada-nada yang penuh semangat biasanya mengingatkan saya ketika dalam keadaan bahagia, berkumpul bersama orang-orang yang dicintai. Lalu, ketika ada alunan musik yang mellow, biasanya mengingatkan saya pada kenangan yang mengharukan, penuh perjuangan, keadaan yang nyaman, dan berbagai kenangan lainnya yang hadir. Seperti yang dituliskan oleh kak @larasatifarumi dan kak @Iasha_Zahara bahwa banyak studi yang telah meneliti mengenai hal ini. Studi tersebut sesuai dengan pengalaman saya, bahwa mendengarkan musik memiliki kaitannya dengan nostalgia.

Benar sekali, karena saya sering merasakannya. Apalagi ketika mendengarkan lagu yang mempunyai cerita tersendiri antara kita dan orang lain, seperti membawa kenangan ketika saat masih bersama. Seperti lagu kita sama mantan kekasih, atau pasangan kita, teman dekat, sahabat lama, orangtua, dll. Pasti ketika mendengarkannya lagi akan hanyut ke memori pada masa itu. Tidak cuma itu sih, terkadang lagu yang tidak memiliki cerita apapun namun karena liriknya relate banget bisa juga membawa kita nostalgia.

Hal ini karena musik memicu beragam fungsi otak. Sebuah riset membantu menjelaskan mengapa mendengarkan lagu favorit terasa menyenangkan sekaligus bisa menghanyutkan ke dalam nostalgia. Mendengarkan musik yang disukai tetapi bukan lagu favorit, didapati telah membuka sirkuit saraf di kedua belahan otak besar. Aktivitas saraf ini dikenal sebagai modus default jaringan, yang berperan penting untuk memfokuskan internal pikiran. Adapun mendengarkan lagu favorit, didapati pula memicu aktivitas di bidang hippocampus otak. Daerah otak ini bertanggung jawab atas pengelolaan memori dan emosi keterikatan sosial. Sehingga bisa memicu ingatan kita pada masa lalu.

Summary

Jurnal Scientific Reports, Robin Wilkins, University of North Carolina.

Benar. Menurut saya setiap musik memiliki ceritanya masing-masing karena musik merupakan salah satu medium untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan. Terkadang cerita tersebut relate dengan pengalaman kita sehingga beberapa musik membuat kita kembali ke masa lalu. Penjelasan ilmiah teman-teman di atas sangat menarik dan menambah wawasan baru serta mendukung pernyataan bahwa musik dapat membuat diri kita bernostalgia dengan masa lalu.

Yap, saya setuju dengan hal ini. Bergantung pada musik apa yang terdengar pada saat kita berada pada kondisi tertentu, seakan-akan musik tersebut akan membawa terus kenangan dan momen yang sedang terjadi di masa itu. Sepengalaman saya adalah pada saat memutar musik di momen saya hectic tugas, entah di kemudian hari pada saat saya mendengar musik tersebut saya juga akan teringat masa-masa dimana saya pusing mencari artikel, kerjasama dengan teman, begadang di depan layar laptop, dan masih banyak lagi.

Untuk penjelasan ilmiahnya, musik memang bisa memicu fungsi otak yang bertugas untuk mengolah memori dan informasi. Hal ini juga telah dijelaskan oleh teman-teman diatas. Jadi, pintar-pintarlah memilih musik yang kalian dengarkan dengan momen kalian yang ada pada saat itu. Bisa saja musik tersebut kelak akan membawa kenangan baik ataupun buruk bagi anda.

Setuju banget. Kita semua pasti punya lagu yang bikin kita ingat tentang kejadian tertentu karena biasanya lagu memang merangsang ingatan tentang waktu-waktu tertentu dalam hidup kita. Menurut Psikolog, hal ini namanya reminiscence bump. Reminiscence bump ini mungkin berhasil karena waktu yang kita ingat tersebut sangat penting dan menyenangkan dalam hidup kita atau ketika kita mengalami hal-hal untuk pertama kalinya. Intinya dengan lagu kita bisa ingat hal-hal baru dan bermakna. Nah, sebenernya lagu yang bikin kita nostalgia itu juga gak selamanya relate dan mendefinisikan perasaan kita pada kejadian itu, karena banyak penelitian yang menjelaskan bahwa lagu sedih bisa dikaitkan dengan ingatan bahagia dan begitupun sebaliknya, lagu bahagia bisa dikaitkan dengan ingatan sedih.

Referensi

Why does music evoke memories? - BBC Culture

Menurut saya pribadi setuju dengan hal diatas, karena saya pribadi sering merasakan hal tersebut. Mungkin bisa nostalgia hal yang menyenangkan, menyedihkan, membuat semangat dan teringat suatu kejadian yang dulu pernah dialami. Karena sering kita mendengarkan lagu maka kita akan semakin memahami isi dadan makna dari lagu tersebut.

Menurut saya, benar sekali. Karena lagu juga akan menentukan mood diri kita sendiri. Dimana hati kita sedang sedih dan mendengarkan musik yang melodi pelan dan memiliki makna dan lirik lagu yang sedih maka kita akan semakin mengingat hal-hal yang sudah berlalu. Begitu pula saat kita dengan suasana hati senang dan gembira, lagu pun akan mengikuti. Apalagi memiliki peristiwa yang sangat berkesan dan pada saat itu juga kita sering mendengarkan suatu lagu. Maka ketika peristiwa tersebut sudah berlalu dan pada suatu ketika lewat lagu tersebut, maka kita akan membayangkan peristiwa yang dulu tersebut.

Benar. Menurut saya, mendengarkan lagu memang dapat membuat kita nostalgia dengan suatu peristiwa atau orang tertentu. Sebuah lagu tentunya mengandung banyak elemen di dalamnya, salah satunya adalah lirik. Bagi saya, lirik dalam sebuah lagu berpengaruh penting terhadap perasaan dan penyampaian emosi bagi mereka yang sedang mendengarkan. Adanya nada atau bagian instrumen juga dapat membuat kita teringat akan hal-hal di mana pertama kali kita mendengarkan lagu tersebut. Sehingga musik dapat merangsang otak dan tubuh kita untuk mengenali suatu kejadi dan kembali mengenang suatu peristiwa atau orang tertentu.

Menurut saya pribadi iya, ini berasal dari pengalaman pribadi. mendengarkan musik tertentu dapat membuat ingatan atau memori menjadi tertuju pada suatu peristiwa atau seseorang.

Kalau saya pribadi sih setuju ya karena saya pernah mengalaminya sendiri. Saat mendengarkan musik tertentu, tiba-tiba ingat momen bersama orang-orang yang pernah ada dalam hidup saya yang pada akhirnya membuat nostalgia. Ingatan tentang suatu peristiwa atau tentang seseorang akan muncul tergantung dengan jenis atau genre musik yang didengarkan. Biasanya, mendengarkan musik sedih akan membuat kita mengingat beberapa orang atau pengalaman yang menyedihkan. Alasan kenapa musik bisa berhubungan dengan peristiwa tertentu adalah karena musik juga terkait dengan gerakan. Musik dapat mengaktifkan banyak bagian otak, dan saat mendengarkan musik inilah, bagian otak kecil yang melibatkan kemampuan motorik akan terpancing. Hal ini terjadi bersamaan juga dengan sistem limbik di otak yang mengendalikan emosi.

Benar. karena memori kita cendrung mengaitakan kejadian tertentu dengan sesuatu yang kuat ketika hal tersebut terjadi. Misalnya ada orang yang tanpa sadar akan menangis jika mendengarkan lagu-lagu tertentu yang mengingatkannya pada mantan pacarnya atau ada orang yang bisa seketika moodnya meroket hanya dengan mendengarkan lagu yang mengingatkannya pada momen bahagianya.

Bagi saya sendiri sangat benar, karena saya sendiri sering mendengarkan musik-musik dari game yang saya mainkan dulu sewaktu kecil dan membuat bernostalgia.

Bahkan bukan hanya bernostalgia, memori-memori yang sudah terlupakan pun tiba-tiba bermunculan, seperti ooh dulu pernah seperti ini ya. Bahkan saat saya melupakan suatu kejadian, saat mendengarkan suatu musik memori yang hilang auto kembali, misal “eh inget ga kita pernah nyanyi ini waktu jaman sekolah”.

Selain memori, menurut saya juga perasaan ikut terbawa. Misal lagu saat kita galau, jatuh cinta, perasaan-perasaan tersebut ikut kembali pada saat itu.

Setuju. Terkadang lagu ataupun musik yang pernah kita dengarkan dalam situasi sedang bersama seseorang akan menjadi sebuah memori bahkan kenangan ketika orang tersebut telah pergi jauh dari kita. Tidak dapat dipungkiri juga otak seperti memberikan sinyal kepada hati yang mengisyaratkan bahwa lagu yang sedang diputar adalah sebuah memori kenangan yang lalu pernah didengar ataupun pernah menjadi lagu favorit untuk dinyanyikan secara bersama-sama.

Bagi saya, benar adanya jika mendengarkan musik dapat membuat nostalgia dengan peristiwa di masa lampau walaupun itu semua bergantung dengan genre musik yang kita dengar. Sepengalaman saya, musik yang saya denger seperti memberikan sinyal kepada otak untuk mengingat kembali sebuah peristiwa maupun kepada orang tertentu. Kita juga mengingat kembali bagaimana perasaan kita saat itu, apakah senag, sedih, atau galau.

Menurut aku iya, jika mendengar dari cerita orang tua atau orang sekitar bahwa ada lagu yang menjadi kenangan karena ada hubungannya dengan pengalaman dia dimasa lalu. Bedasarkan diri sendiri, ada beberapa lagu yang menandakan beberapa kondisi saat itu dengan beberapa alasan. Ketika mendengarkan kembali lagu itu dimasa ini akan membuat klip kenangan atau kejadian lalu kembali terlintas.