© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Benarkah memutihkan gigi bisa bikin gigi jadi sensitif?

gigi sensitif

Gigi putih membuat senyuman kita tampak lebih indah bersinar, sehingga banyak orang yang mencari berbagai macam cara untuk memutihkan gigi. Namun di sisi lain, tidak sedikit pula yang bilang bahwa memutihkan gigi bisa menjadi penyebab gigi sensitif.

Mungkin saja. Beberapa orang melaporkan gigi mereka jadi lebih sensitif dari sebelumnya usai memutihkan gigi di dokter. Ini disebabkan oleh efek bahan kimia pada gel pemutih yang digunakan ditambah dari paparan radiasi sinar lampu bleaching.

Meski begitu, efek samping gigi sensitif ini hanya bersifat sementara — akan hilang seiring berjalannya waktu. Belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa efek tersebut dapat bertahan hingga lama.

Efek samping yang lebih umum adalah iritasi gusi, sehingga tak jarang gusi juga ikut memutih. Namun Anda tidak perlu khawatir karena efek samping ini akan menghilang dalam beberapa hari.

Sensitivitas gigi adalah efek samping yang sering terjadi pada bleaching gigi eksterna. Insidens sensitivitas gigi yang lebih tinggi (67-78%) terlihat setelah bleaching di klinik dengan hidrogen peroksida yang dikombinasikan dengan panas. Mekanisme yang mendukung untuk bleaching gigi eksterna walaupun belum sepenuhnya terbukti, menyebutkan bahwa peroksida berpenetrasi ke email, dentin, dan pulpa. Penetrasi ini lebih hebat pada gigi yang direstorasi dibanding gigi utuh.

Gigi menjadi sensitif dikarenakan efek bleaching gigi pada bagian-bagian gigi, antara lain :

  • Efek pada Email

    Penelitian telah menunjukkan bahwa 10% karbamid peroxida secara signifikan menurunkan kekerasan email. Namun demikian aplikasi fluor terlihat meningkatkan remineralisasi setelah bleaching .

  • Efek pada Dentin

    Bleaching memperlihatkan perubahan warna yang seragam pada dentin.

  • Efek pada Pulpa

    Penetrasi bahan bleaching ke dalam pulpa melalui email dan dentin menyebabkan sensitivitas gigi. Penenlitian menunjukkan bahwa larutan H₂O₂ 3% dapat menyebabkan:

  • Efek pada Sementum

    Penelitian terahir telah menunjukkan bahwa sementum tidak dipengaruhi oleh material yang digunakan untuk bleaching di rumah. Tetapi resorpsi servikal dan resorpsi akar eksterna terlihat pada gigi yang dilakukan bleaching intrakorona menggunakan H₂O₂ 30- 35%.