Benarkah masyarakat Indonesia malas untuk berpikir kritis?

Berpikir kritis adalah aktivitas mental yang dijalankan untuk melakukan evaluasi kebenaran dari suatu pernyataan. Umumnya evaluasi berakhir dengan putusan untuk menerima, menyangkal atau meragukan kebenaran dari pernyataan yang bersangkutan. (Matindas dalam Zubaidah (2010: 2-3))

di Indonesia berpikir kritis seringkali dinilai sebagai sebuah bentuk protes. Hal ini menyebabkan seseorang ‘takut’ untuk menyampaikan pendapat yang ada di dalam pikirannya.

padahal, dengan berpikir kritis kita bisa terhindar dari berita bohong (hoax). untuk itu, sangat penting membiasakan berpikir kritis dari usia dini jadi selain guru di sekolah, keluarga dan masyarakat harus bekerja sama untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang bisa berpikir kritis.

lantas, bagaimana menurut Youdics apakah penting untuk membangun masyarakat yang bisa berpikir kritis kedepannya? dan Benarkah masyarakat Indonesia malas untuk berpikir kritis karena hal diatas? atau ada faktor lain yang mempengaruhinya? berikan pendapat mu dibawah ini ya