Benarkah masalah mulut bisa jadi tanda awal diabetes?

benarkah masalah mulut bisa jadi tanda awal diabetes?

Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa seseorang yang mengalami diabetes lebih rentan terkena penyakit periodontal, seperti penyakit gusi dan gigi berlubang. Namun jika pernyataan ini dibalik, apakah ada kaitannya juga? Apakah memiliki masalah mulut bisa menyebabkan diabetes?

Jawabannya adalah ya. Kesehatan mulut dan risiko diabetes bisa saling menjadi faktor sebab dan akibat. Dilansir dari Endocrine Society, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa kesehatan mulut yang buruk dapat meningkatkan risiko diabetes.

Menurut Raynald Samoa, M.D., seorang asisten profesor dari Departemen Diabetes, Endokrinologi, dan Metabolisme di City of Hope National Medical Center, pemeriksaan gigi dapat menjadi salah satu cara untuk menentukan apakah seseorang terkena diabetes atau tidak. Bersama dengan Samoa, para peneliti menemukan bahwa masalah gigi copot bisa saja menandakan adanya gangguan pada sistem pengaturan gula darah Anda.

Pada penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Dental Research tahun 2011, dokter gigi telah berhasil mendeteksi 73 persen kasus diabetes melalui pemeriksaan gigi dengan melihat jumlah gigi copot dan keparahan gusi. Artinya, masalah gigi dan mulut sudah bisa diamati sebelum seseorang mulai terkena diabetes.