Benarkah makanan yang tidak sehat bisa meningkatkan risiko gigi berlubang?

gigi berlubang

Makanan yang tidak sehat cenderung lebih lezat dibandingkan makanan yang sehat, bahkan ada yang menjadikan kebiasaan rutin saat sedang nonton TV atau kegiatan bersantai lainnya. lalu benarkah makanan yang tidak sehat bisa meningkatkan risiko gigi yang berlubang?

Jenis makanan tidak sehat yang banyak dipilih untuk dikonsumsi ini biasanya mengandung banyak kalori, lemak dan kandugan tidak sehat lainnya. Jenis makanan seperti inilah yang juga bisa menyebabkan terganggunya kesehatan gigi, yakni memperbesar faktor gigi berlubang.

Mangapa bisa membuat gigi Anda berlubang? Makanan yang pada umumnya berbentuk keripik dan sejenisnya ini bersifat kariogenik, bisa tertinggal di dalam rongga mulut dan sela gigi, maka sisa dari makanan ini akan diolah oleh bakteri menjadi senyawa yang menyebabkan kerusakan pada lapisan gigi, sehingga pada akhirnya gigi Anda menjadi berlubang. Bila kebiasaan seperti ini terus dibiarkan, maka bakteri pada gigi berlubang akan terus menyebar sehingga gigi Anda yang berlubang dapat mengganggu aktivitas gigi dengan menimbulkan rasa sakit. Selain itu, gigi berlubang juga membahayakan kesehatan tubuh dan kesehatan jaringan sekitarnya, lho Moms.

Jika Anda ingin tetap memakannya di antara waktu makan atau di kala senggang, pastikan anda imbangin dengan makanan yang sehat seperti buah-buahan sebagai penetralisir. Meski demikian, ada baiknya memang makanan ini dihindari saja, sebaiknya pilihlah makanan yang cukup bersahabat dengan tubuh dan kesehatan gigi Anda, seperti buah berry yang mengandung vitamin C paling tinggi. Moms, sudah semestinya mulai melarang anak dan diri sendiri untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat dengan beralih mengonsumsi buah dan sayuran.

Ciptakan Gigi Bersih dengan Pasta Gigi MAXI 12 PlusDan yang terpenting dari pencegahan gigi berlubang karena mengonsumsi makanan yang tidak baik untuk kesehatan gigi, sebaiknya Moms membiasakan anak dan keluarga untuk menyikat gigi 2 kali sehari secara teratur dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, xylitol, antibacterial IPMP sekaligus