Benarkah Liburan Di Rumah Lebih Asyik Di Banding Liburan Ke Luar Kota?

airport-731196_640

Liburan bagi anak sekolah merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan sebab pada masa ini mereka dapat terbebas dari jeratan tugas yang harus dituntaskan. Liburan menjadi moment untuk beristirahat dari aktivitas yang sebelumnya padat.
Pada saat musim libur telah datang, banyak orang tua yang mengajak anak-anaknya untuk refreshing, sebagai achiement untuk anaknya karena sudah memaksimalkan kegiatan sekaligus sebagai pertukaran suasana agar tidak dirumah saja. Biasanya orang tua akan mengajak anaknya untuk staycation di villa pegunungan, saung-saung di desa yang dekat dengan cagar alam, ataupun penginapan tepi pantai, tidak jarang juga orangtua mengajak anaknya berlibur dengan cara berpetualangan mendaki bukit ataupun pegunungan.
Semuanya sah-sah saja, asal yang berpergian menikmati perjalanan.

Namun, tidak sedikit orang tua yang memilih untuk liburan dirumah saja dengan menciptakan quality time yang sehat untuk anak-anaknya. Misalnya memberikan hal-hal yang disukai oleh anaknya, membelikan barang sebagai perjanjian awal ketika mendapatkan prestasi, dan memfasilitasi berbagai hal lainnya.
Selain itu, liburan dirumah saja juga dapat meningkatkan rasa kekeluargaan antar anggota keluarga. Dengan membuat agenda yang hendak dilakukan bersama. Tidak hanya itu, liburan dirumah saja dengan istirahat dan menciptakan permainan yang seru dengan keluarga tidaklah menguras isi kantong, karena biaya selama diperjalanan bisa dialokasikan ke hal lain. Di tambah liburan dirumah saja tentunya tidak membuat kelelahan karena tidak perlu mengemas dan melakukan perjalanan. Mesti masih yang beranggapan bahwa liburan dirumah pasti sangat membosankan, banyak cara yang dapat dilakukan agar liburan dirumah menjadi lebih menyenangkan. Karena liburan tidak melulu tentang berpergian, banyak hal yang bisa dilakukan bersama dirumah saja untuk mengisi waktu luang selama liburan.

Lantas, kalau kalian lebih tertarik liburan dirumah saja atau berpergian nihh?
Komen dibawah yaa!!

Meski menyenangkan, harus diakui bahwa liburan ke luar rumah itu sering kali melelahkan. Terutama kalau tempat tujuannya cukup jauh. Pasti cukup banyak waktu yang harus dihabiskan di perjalanan, dan itu bikin capek. Apalagi kalau harus menghadapi kemacetan di jalan.

Padahal berbagai aktivitas selama hari kerja sudah sangat menguras tenaga, maka buat apa menghabiskan liburan dengan bercapek-capek ria lagi? Karena pemikiran itulah, banyak orang memilih untuk liburan di rumah saja. Istirahat total, sehingga ketika liburan selesai pun tubuh dan pikiran bisa segar kembali!

Saya tipe orang yang menyukai keduanya dan kebetulan keluarga saya juga demikian. Sebelum masa pandemi, kami sering bepergian liburan ke luar kota tanpa rencana namun sering juga menghabiskan liburan di rumah saja. Semua tergantung kondisi dan keinginan. Bagi kami, hal yang paling menyenangkan saat bepergian ke luar kota adalah perjalanannya. Keluarga saya sangat menyukai road trip karena kami bisa bercengkerama selama perjalanan sembari menikmati pemandangan. Meskipun saya akui, road trip cukup melelahkan, namun rasa lelah itu sangat terbayar dengan obrolan ringan di sepanjang perjalanan dengan keluarga, kejadian-kejadian lucu selama perjalanan dan destinasi-destinasi wisata yang dikunjungi. Namun, pilihan liburan di rumah pun juga sama asyiknya. Hemat, banyak kegiatan yang bisa dilakukan dan tidak terlalu melelahkan. Semua tergantung kondisi dan situasi.

Kebetulan saya dan keluarga saya ketika liburan lebih senang menghabiskan waktu di luar rumah. Tidak harus ke luar kota, karena di kota saya tinggal banyak sekali tempat wisata indah yang bisa dikunjungi saat liburan. Namun, beberapa kali kami juga pergi ke luar kota yang jaraknya tidak terlalu jauh. Menurut kami, meskipun perjalanan ke luar kota itu melelahkan, tapi hal itu juga sangat mengasyikkan, karena bisa menikmati waktu bersama di perjalanan, orang tua bisa memperkenalkan banyak hal kepada anaknya tentang cerita sejarah suatu kota atau hal lain yang ditemui di perjalanan.

Kalau saya lebih memilih liburan ke luar kota. karena saya ingin merasakan tempat dan suasana baru. kalau di rumah, rasanya kurang produktif dan liburannya kurang terasa. dan kalau liburan ke luar kota, pasti kegiatannya lebih banyak dan bervariasi. walau harus merogoh kocek lebih banyak dan menguras tenaga, tapi rasanya menghabiskan hari libur dengan pergi ke luar kota terasa lebih worth it. selain itu, dapat menambah pangalaman dan kenangan juga ketika berlibur ke tempat yang baru.

Saya lebih suka ketika liburan, untuk pergi ke luar kota atau ketempat yang belum pernah dikunjungi, karena ketika berpergian bisa melihat hal yang baru dan mendapatkan suasana yang baru, Jika liburan dirumah terus terasa bosan juga. Meskipun melelahkan saat berpergian jauh namun semua itu akan worth it ketika mendapatkan pengalaman, kenangan yang tak terlupakan. Destinasi liburan yang saya suka adalah wisata alam, karena berasa lebih rileks dengan melihat pemandangan alam yang indah dan hijau pepohonan.

Saya pribadi lebih suka keduanya. Tetapi, jika disuruh memilih, saya memilih liburan ke Luar Kota, karena lebih asik dan lebih punya nuansa yang beda dibandingkan hanya di rumah saja.

Hmm…kalau ditanya soal apakah liburan di rumah itu lebih asyik dibanding liburan ke luar kota mungkin itu jawabannya sangat relatif ya, mengingat dua - duanya adalah sebuah bentuk pilihan yang berdasarkan selera dan kemampuan dari masing - masing orang. Kalau saya sendiri ya untuk saat ini lebih tertarik untuk liburan di rumah saja, karena memang karena situasi pandemi yang masih belum reda dan juga budget untuk bepergian yang belum cukup karena di alokasikan untuk kebutuhan yang lainnya. Lagipula, di rumah pun kita bisa melakukan banyak hal juga seperti misalnya menekuni hobi dan lain sebagainya dan juga mengurangi resiko kelelahan dan repot karena harus mengemas barang dan sebagainya. Jadi saya sendiri enjoy - enjoy saja ketika menjalani liburan di rumah saja.

Untuk liburan ke luar kota sendiri , saya juga sudah pernah melakukannya dan menurut saya walaupun melelahkan dan harus merogoh kocek, pengalaman yang di dapat dari berwisata ke luar kota itu menurut saya adalah pengalaman yang berharga dan juga memorable. untungnya liburan ke luar kota itu adalah, kita dapat menikmati suasana - suasana yang baru seperti mencoba kuliner khas setempat dan yang lain sebagainya. Tetapi, perjalanan liburan ke luar kota juga tentunya harus memiliki perencanaan yang matang, terutama soal budgetnya.

Semuanya tergantung situasi dan kondisi

Saya lebih pilih untuk liburan ke luar kota daripada harus berlibur di rumah saja. Memang berlibur ke luar kota akan menghabiskan banyak waktu, tenaga, serta uang namun jika liburannya sudah direncanakan dari lokasi mana saja yang akan dikunjungi dan menginap di mana maka akan terasa menyenangkan untuk saya apalagi dengan suasana baru dan tempat baru. Ditambah lagi, ada saja hal-hal yang akan menjadi kenangan untuk diingat, seperti berfoto bersama di suatu tempat dan sebagainya.

Kalau saya sendiri lebih banyak menghabiskan waktu liburan di rumah. Keluarga saya terdiri dari tipe-tipe orang yang tidak ingin ribet dan capek. Hasilnya adalah sejak kecil saya jarang sekali berlibur ke luar kota dan kebiasaan itu terbawa sampai sekarang. Sekarang saya jadi lebih tidak peduli apakah harus memanfaatkan liburan atau tidak, ya karena akan sama-sama saja di rumah. Namun, ada keuntungannya juga, saya jadi tidak perlu buang-buang uang untuk pergi liburan dan menyimpannya untuk keinginan saya yang lain.

Namun, sesekali saya juga pergi berlibur ke luar, bukan dengan keluarga tapi dengan teman-teman saya. Tapi karena memang jarang liburan, jadinya sekali liburan rasanya capek dan lelah sekali yang akhirnya sempat terbesit kalau lebih enak di rumah saja. Namun itu semua kembali lagi ke preferensi masing-masing.