Benarkah kura-kura bisa hidup hingga ratusan tahun?

Kura-kura

Apakah benar mitos yang bilang bahwa kura-kura bisa hidup hingga ratusan tahun?

Para peneliti sepakat bahwa dalam dunia fauna, kura-kura dan penyu adalah beberapa hewan yang memiliki usia hidup paling panjang. Beberapa jenis kura-kura bahkan dilaporkan hidup hingga usia 200 tahun. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, yang pertama adalah kura-kura dikenal sebagai binatang yang lambat, hampir dalam segala hal. Kura-kura bergerak dengan sangat lambat, hal ini membuat ia hanya memerlukan sedikit energi, tidak seperti binatang lain yang bergerak lebih cepat. Hal ini dipercaya membuat kura-kura tidak memerlukan banyak makanan. Proses metabolismenya juga otomatis jadi lambat.

Ini sangat bermanfaat saat kura-kura harus menghadapi musim yang sulit, ketika makanan sulit didapat. Hewan lain mungkin tidak akan bertahan hidup karena kelaparan, tapi kura-kura tentu saja bisa bertahan.

Yang kedua, kura-kura, penyu, dan bulus dilengkapi dengan cangkang yang sangat keras. Cangkang ini membuat kura-kura hampir tidak punya musuh alami alias predator, hampir tidak ada gigi hewan lain yang mampu menembus kerasnya cangkang kura-kura. Di laut, penyu memiliki sedikit pemangsa, yaitu hiu macan dan paus pembunuh atau orca.

Yang ketiga adalah terkait dengan gaya hidup. Kura-kura yang hidup di kepulauan Galapagos, dikenal dengan sebutan kura-kura raksasa, adalah yang paling besar yang pernah diteliti manusia.

Kura-kura yang hidup di kepulauan ini hanya makan dedaunan, dan didukung oleh alam yang masih sangat alami bebas dari polusi apapun.

Sumber: