Benarkah Konten Glow Up Transformation di Tiktok Bikin Insecure?

Berdasarkan kamus Urban Dictionary glow up merupakan sebuah transformasi dari segi mental, fisik maupun emosional untuk menjadi lebih baik. Hal tersebut bisa terjadi secara alami maupun direncanakan. Proses glow up juga beragam bisa dilakukan dengan cepat, bertahap bahkan memakan waktu yang cukup panjang. Hasil dari glow up tersebut juga bisa bertahan selamanya atau hanya sementara.

Jika anda pengguna Tiktok pasti sudah tidak asing dengan lagu apa kabar mantan dari NDX AKA dengan lirik lagu “terima kasih luka ini sekian ku pamit pergi, apa kabar wong sing tau tak sayang, apa kabar wong sing tau tak gawe nyaman”. Belakangan ini lagu tersebut ramai digunakan sebagai latar belakang video Glow Up Transformation. Selain itu lagu WFM dari Realestk juga ramai digunakan untuk video serupa dengan lirik “and I don’t understand baby why can’t you, wait for me”. Video glow up transformation tersebut sangat beragam, mulai dari transformasi bentuk badan maupun wajah yang semakin glowing. Tiktok sendiri memberinya nama dengan Glow Up Challenge dan mengajak penggunanya untuk mengunggah foto maupun video pada zaman dulu dengan yang sekarang untuk dibandingkan.

Faktor yang mempengaruhi transformasi tersebut juga sangat beragam, menurut akun tiktok @ranaaa2511 perubahan dalam dirinya terjadi karena dahulu belum terlalu memikirkan penampilannya dan seiring berjalannya waktu akhirnya ia mulai memperbaiki diri. Ia mengaku bahwa perubahan tersebut mulai terjadi saat mulai mengenal skincare dan make up, diikuti dengan pemilihan gaya hijab dan pakaian yang lebih fashionable.

Selain @ranaaa2511 terdapat Vindhy Dian Indah Pratika yang sempat viral karena berhasil menurunkan berat badannya dari 117 Kg menjadi 70 Kg. Setelah berhasil menurunkan berat badannya tersebut ia merasa hidupnya lebih sehat dari sebelumnya, karena ketika ia mengalami obesitas mengganggu jadwal datang bulannya.

Belum lama ini juga ada bu dokter dengan akun @sharonar07 yang membagikan video glow up transformation-nya saat masih duduk dibangku kuliah masih cukup berisi dan saat ini lebih kurus. Selain itu ia juga membagikan momen ketika sedang berada di tempat gym. Pada kolom komentar video tiktok tersebut banyak sekali netizen yang memintanya untuk membagikan cara Ibu dokter tersebut menurunkan berat badannya.

Kendati demikian, tentu saja tidak semua orang melakukan transformasi seperti itu dalam hidupnya. Mungkin bagi beberapa orang video-video glow up transformation bisa menjadi pembangun motivasi dalam diri untuk terus berusaha menjadi lebih baik lagi. Meskipun demikian, tentu saja ada orang yang mungkin merasa insecure karena melihat transformasi orang lain sedangkan dirinya begitu-begitu saja.

Lantas, bagaimana tanggapan Youdics terkait hal tersebut? Apakah glow up transformation ini menjadi penyemangat kalian untuk menjadi lebih baik lagi? atau malah membuat kalian insecure?

Referensi

Video Viral Cewek Pamer Transformasi Glow Up, Warganet: Buaya Keluar!
https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-5363852/tren-glow-up-challenge-saat-para-wanita-termotivasi-jadi-cantik-dan-sehat
Lihat Transformasi Wanita Ini, Netizen: Glow Up Tidak Main-main - HiTekno.com

Jujur konten kaya gitu cukup bikin insecure di aku. Tapi di lain sisi, konten kaya gitu juga memotivasi “kaya orang itu aja bisa kenapa aku tidak”. Bikin bingung kan ya :sweat_smile:. Tapi menurutku glow up sendiri tuh butuh modal yang banyak. Ga cuman butuh mental dan niat yang kuat, tetapi juga butuh uang yang lumayan juga kalau dilihat-lihat. Karena uang ini nantinya akan berperan kepada barang penunjang untuk menjadi glow up seperti make up, skincare, baju yang fashionable.

Banyak orang yang tidak memperhatikan bahwa segi keuangan menjadi faktor penting yang cukup berperan dalam glow up transformation seseorang. Karena adanya hal ini, sering sekali bukan kita melihat seseorang yang waktu tidak punya uang kucel dan ga menarik, tetapi waktu sudah punya uang menjadi glow up dan fashionable. Jadi, apabila ingin melakukan glow up transformation uang yang cukup sebagai penunjang juga perlu di sediakan selain niat yang kuat dan modal insecure doang juga ga bakalan ngefek kalo uang penunjang untuk glow up juga ga ada meskipun banyak juga produk skincare yang ga mahal dan merakyat. Dan juga baju yang fashionable yang terjangkau. Jadi uang masih diperlukan untuk membuat glow up seseorang.

Dibanding insecure, saya lebih sering menunjukkan ekspresi, seperti “Ha? Kok bisa? Emang beneran ya bisa kaya gitu?”. Saya merasa terheran-heran dan terkesan tidak percaya ketika video-video glow up transformation tersebut melewati fyp saya.

Apakah saya merasa insecure? Tidak juga. Mengapa? Karena saya sadar bahwa apa yang mereka tampilkan sebagai glow up transformation tentunya membutuhkan niat dan modal yang tidak sedikit. Dengan demikian, saya hanya memakhlumi dan cukup tau saja bahwa mereka menjadi yang seperti sekarang juga butuh sesuatu yang tidak hanya sekadar komitmen.

Namun ternyata challenge tersebut telah berhasil membuat banyak orang merasa iri dan tidak percaya diri dengan penampilannya yang sekarang. Sampai-sampai ingin memiliki bentuk tubuh yang sama. Menurut saya, tidak ada yang salah disini. Dari awal video tersebut dibuat kan memang untuk dipertontonkan sehingga harapannya dapat memberitahukan ke publik bahwa “Ini loh aku bisa”. Sehingga saya tidak begitu terkejut ketika melihat banyak orang memberikan respon seperti memuji dan berkata ingin mengikuti jejaknya.

Kalau untuk aku memang ketika melihatnya langsung sangat amat insecure dan banyak pertanyaan seperti, kok bisa beda banget? Caranya gimana? Gue kapan ya bisa glow up kaya gitu? Dan masih banyak lagi. Namun rasa insecure ini tidak memiliki efek seperti saya tidak menyukai diri saya tetapin justru membuat saya tertantang untuk bisa glow up seperti itu. Apalagi di zaman sekarang penampilan itu nomor satu, bahkan mungkin untuk mencari pekerjaan pun harus memperlihatkan penampilan yang bagus. Sebenarnya selagi ada uang mau secantik atau seganteng apapun pasti bisa, maka dari itu rajin-rajin lah mencari uang dengan cara halal.

Kalau dibilang konten seperti itu buat insecure tidak sih. Lebih kepada membuat saya lebih termotivasi bahwa orang lain saja bisa berubah dengan kemauannya yang kuat mengapa saya tidak. Dengan begitu saya dapat menanamkan dalam diri saya semua orang dapat merubah atau berubah ketika ia memiliki tekad yang kuat dan konsisten tentunya.