Benarkah kita tidak akan pernah lupa cara bersepeda ?

sepeda

Saat belajar mengendarai sepeda, sebagian orang mungkin merasa kesusahan. Bahkan, beberapa di antaranya pernah terjatuh beberapa kali. Namun setelah dilatih berkali-kali, kita pun akhirnya lancar mengayuh sepeda. Meskipun selama bertahun-tahun kita tidak mengendarainya. Mengapa ?

Menyimpan Aktivitas Kompleks
Berdasarkan penelitian, didapat hasil yang menunjukkan bahwa ingatan atau memori dapat mengatur atau menyimpan aktivitas kompleks, seperti ingatan saat kita belajar mengendarai sepeda.

Memori Tersebar ke Seluruh Bagian Otak
Ada dua teori yang menjelaskan kenapa kita tidak akan pernah lupa cara mengendarai sepeda. Teori pertama menyatakan bahwa memori tersebar di seluruh bagian otak kita. Oleh sebab itu, saat kita ingin mengaktifkan sebuah memori, maka memori lain akan otomatis terpanggil. Sehingga kita berhasil mengingatnya.

Interaksi Sel Saraf
Teori kedua mengatakan bahwa adanya interaksi sel saraf yang berada di dekat otak kecil. Otak kecil ini adalah bagian otak yang membantu kita untuk mengerjakan aktivitas yang kompleks atau sulit. Saat kita ingin bersepeda setelah sekian lama tidak mengendarainya, maka sel saraf akan mengeluarkan memori kompleks yang lalu. Memori itu dikeluarkan melalui sinyal listrik yang berasal dari otak kecil, sehingga ingatan saat kita bersepeda dulu pun tidak akan hilang.

Sumber:
sains.me