Benarkah Kecerdasan Seorang Anak di Turunkan Oleh Sang Ibu?

image
Anak merupakan suatu karunia yang dititipkan oleh sang pencipta kepada seorang ayah dan ibu. umumnya sifat dan karakter mereka tidak jauh dari karakter sang ayah dan sang ibu mereka. namun, apakah benarm jika tingkat kecerdasan anak dipengaruhi dari tingkat kecerdasaan ibu mereka ? atau kah tingkat kecerdasan sang anak juga diturunkan oleh sang ayah ? bagaimana menurut youdics ?

Yap, saya setuju bahwa kecerdasan seorang anak diturunkan oleh sang ibu. Mengapa bisa demikian? Pertama, mari kita lihat terlebih dahulu pengaruh gen atau genetik terhadap kecerdasan anak. Dilansir dari halodoc.com, gen memang memegang peranan penting namun bukanlah segalanya. Dalam hal ini, genetik menyumbang sekitar 50% dari kecerdasan bawaan yang diturunkan dari orang tua, khususnya ibu.

Variasi genetik seorang anak diturunkan atas kombinasi dari gen ayah dan ibu, namun tidak pada aspek kecerdasan. Perlu diketahui bahwa, gen kecerdasan terletak pafa kromosom X dan perempuan atau ibu mempunyai dua kromsom tersebut. Sedangkan laki-laki hanya membawa satu kromosom X dan sisanya adalah kromosom Y. Dengan demikian, perempuan membawa dua kromosom X sehingga dapat dipastikan kalau anak memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk memperoleh kecerdasan yang diturunkan dari sang ibu. Selain dari gen, 50 persen kecerdasan sang anak juga ditentukan oleh faktor lingkungan.