Benarkah Ibu-ibu menjadi Penggerak Ekonomi Masyarakat Indonesia di Masa Pandemi?

images

Tidak terasa sudah hampir dua tahun pandemi korona berlangsung di Indonesia. Dampak dari pandemi, baik secara langsung maupun tidak langsung dirasakan oleh berbagai golongan masyarakat. Salah satu dampak yang sangat terasa berada pada bidang perekonomian. Tingkat kemiskinan meningkat dikarenakan banyaknya karyawan yang di-phk menyebabkan terjadinya krisis ekonomi.
Pemerintah pun tidak tinggal diam, alih-alih mutuskan untuk “lockdown”, Presiden Jokowi mengambil kebijakan untuk melakukan PPKM Micro guna mencegah penularan virus dengan tetap memberikan kesempatan bagi perekonomian untuk bangkit secara perlahan-lahan.

Akhirnya, produk dari kebijakan yang disebutkan sebelumnya mulai tampak. Perlahan namun pasti perekonomian Indonesia mulai bangkit dari arah yang tak diduga-duga. Geliat ekonomi berjalan seiring dengan usaha ibu-ibu rumah tangga yang khawatir akan perekonomian keluarga akibat sang suami yang terkena PHK. Ibu-ibu yang saat ini mendapat julukan “Emak Milenial” memanfaatkan teknologi dan kemudahan internet untuk berjualan secara online. Benarkah usaha “Emak Milenial” ini harus kita dukung? Apakah pemerintah telah menaruh perhatian yang cukup terkait hal ini?

Referensi :

Image source :