Benarkah harus mengkonsumsi air ber-pH tinggi?

image

pH merupakan indikator tingkat asam atau basa pada air yang dinilai dengan skala 0-14. Air yang netral alias tidak basa maupun asam memiliki kandungan pH sebesar 7. Air asam memiliki pH kurang dari 7 dan air basa lebih dari 7. Setiap angka ini menggambarkan perubahan derajat asam/basa sebesar 10-kali lipat. Jadi air dengan pH lima sepuluh kali lipat lebih asam daripada air dengan pH enam. Kadar pH dalam air sangat dipengaruhi oleh kandungan kimia di dalamnya. Oleh karenanya, pH sering digunakan sebagai indikator apakah air tersebut mengalami perubahan kimiawi atau tidak. Air dengan pH yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, masing-masing memiliki efek samping. Air yang sangat asam dapat menimbulkan korosi atau bahkan menghancurkan logam. Sedangkan air yang terlalu basa biasanya terasa pahit dan dapat menimbulkan endapan yang melapisi pipa dan alat perkakas. Kadar pH air minum umumnya adalah 6 sampai 7. Namun ada juga air minum dengan tingkat pH yang lebih tinggi, yaitu 8 sampai 9. Air minum seperti ini disebut juga sebagai air alkali. Beberapa orang percaya bahwa air alkali dapat menetralkan asam dalam tubuh.

Jadi menurut kalian benarkah mengkonsumsi air ber-pH tinggi bermanfaat bagi kesehatan?

Sumber

alodokter/manfaat-ph-air-minum-yang-lebih-tinggi-bagi-tubuh

Banyak kita temui sekarang brand brand air mineral baru dengan menawarkan manfaat yang sangat beragam, contohnya pristine, crystalline, dsb. Mereka menawarkan keunggulan pada zat serta kandungan yang ada dalam air minum. Tak kalah menarik juga, Air Alkali menjadi topik pembicaraan yang hangat. Konon katanya peneliti belum mendapatkan hasil yang bisa membuktikan manfaat meminum air alkali bagi kesehatan tubuh. Karena pada umumnya, manusia memang minum yang berkadar pH 6 - 7 saja, sedangkan air alkali ini 8 - 9. Menganut konsep yang tidak sewajarnya (terlalu tinggi / terlalu rendah) malah ditakutkan nanti memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh.

Menurut sumber, ada beberapa dugaan yang bisa menjadi manfaat ketika kita meminum air alkali, yaitu :

  1. Air alkali diduga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker
  2. Air alkali diduga bermanfaat untuk kesehatan tulang.
  3. Air alkali diduga dapat menurunkan asam lambung.
Referensi

Manfaat pH Air Minum yang Lebih Tinggi Bagi Tubuh

Salah satu yang menarik dari air alkali adalah atau pH basa 8+ dapat menjaga kesehatan tulang. Hal ini diungkapkan oleh studi dalam jurnal Bone tahun 2009 yang menemukan efek air alkali dengan resorpsi tulang.

Resorpsi tulang adalah proses pemecahan sel-sel tulang lama menjadi sel-sel tulang baru. Semakin sedikit pemecahan sel-sel tulang yang terjadi, ditambah lagi dengan kepadatan mineral yang lebih banyak, maka tulang kita justru akan semakin kuat.

Para ahli menemukan bahwa air minum dengan pH 8+ kaya akan bikarbonat dan kalsium. Dua kandungan tersebut bermanfaat untuk membantu menghambat proses resorpsi tulang sehingga tulang kita tetap kuat dan sehat. Meski begitu, ini bukan berarti air minum pH 8+ bisa mencegah osteoporosis. Para ahli masih membutuhkan analisis dan studi lebih lanjut untuk membuktikannya.

Faktanya, mengkonsumsi air alkali atau air asam tidak akan mengubah pH darah kecuali jika terdapat gangguan pada ginjal atau paru-paru. Hal yang bisa berubah kemungkinan hanya pH urin. Singkat kata, pH air minum sesungguhnya tidak bisa dikaitkan dengan manfaat tertentu bagi tubuh. Jadi, ketimbang harus bingung menentukan kadar pH air minum, lebih baik memilih air minum yang sesuai rekomendasi saja. Environmental Protection Agency (EPA) di Amerika Serikat merekomendasi tingkat pH air minum yang aman dikonsumsi oleh manusia ada di kisaran pH 6,5 hingga pH 8,5.

src

Apakah Air Bermanfaat Bagi Tubuh

Sebenarnya pH air minum tidak bisa dikaitkan dengan manfaat tertentu bagi tubuh. Jadi, ketimbang harus bingung menentukan kadar pH air minum, lebih baik memilih air minum yang sesuai rekomendasi saja. Environmental Protection Agency (EPA) di Amerika Serikat merekomendasi tingkat pH air minum yang aman dikonsumsi oleh manusia ada di kisaran pH 6,5 hingga pH 8,5 (3). Jika pH air minum berada dalam level yang direkomendasikan, air tidak akan merugikan tubuh. Kegunaannya dalam meraih hidrasi sehat pun bisa dijamin. Perlu disadari, dalam memastikan kecukupan cairan tubuh, air putih memang menjadi asupan yang paling direkomendasikan.

Referensi

https://www.sehataqua.co.id/memahami-ph-air-minum-yang-baik/

Menjaga cairan dalam tubuh merupakan hal yang penting untuk mengoptimalkan fungsi tubuh. Air dengan kadar pH tinggi dianggap lebih cepat menghidrasi tubuh. Oleh karena itu, rekomendasi yang tepat untuk minum air adalah setelah bangun tidur, karena ketika tidur tubuh kita tetap bekerja dan minum air dapat membantu mengisi cairan tubuh yang hilang. Air dengan pH tinggi yang diminum ketika sebelum tidur dapat membantu dan menjaga tingkat hidrasi tubuh. Setuju dengan pendapat temen-temen diatas dan dari beberapa referensi yang aku baca, meskipun belum banyak penelitian yang dilakukan tetapi ada beberapa penelitian yang menunjukkan manfaat dari air alkali, antara lain:

  1. Dapat menurunkan asam lambung, terutama dengan pH 8,8 yang dipercaya dapat membantu menonaktifkan pepsin dan mengurangi tingkat keasaman lambung.
  2. Dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, karena air alkali dapat membantu mengurangi kadar keasaman darah
  3. Dapat bermanfaat untuk kesehatan tulang, air alkali memiliki kandungan bikarbonat dan kalsium yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kekuatan tulang.

Namun, hal ini masih tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut lagi untuk melihat apakah efek ini berguna untuk jangka panjang dan dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang

Referensi

Manfaat pH Air Minum yang Lebih Tinggi Bagi Tubuh - Alodokter

Menurut number yang saya baca, Air alkali mampu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh dan fungsi organ tubuh kita pun akan tetap normal dan tidak akan terkena kondisi dehidrasi. Lebih jauh, kita jadi lebih terhindar dari risiko penyakit yang muncul karena gangguan fungsi organ. Di bawah ini berbagai manfaat air alkali untuk kesehatan yakni :

  1. Menjaga hidrasi tubuh
    Menurut studi yang dimuat dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition pada 2016, tingkat kekentalan darah pada orang yang minum air alkali cenderung menurun hingga 6,3% dibandingkan orang yang meneguk air minum biasa. Itu berarti orang yang minum air dengan pH basa atau pH 8+ memiliki darah yang lebih cair, sedangkan orang yang minum air biasa mempunyai darah yang lebih kental.
  2. Menetralkan kelebihan asam dalam tubuh
    Manfaat air alkali yang tak kalah menakjubkan adalah menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Jika Anda sering sakit kepala, mual, atau muntah karena dehidrasi, kandungan pH basa ini bisa membantu menetralisir kelebihan asam dalam tubuh
  3. Bantu mengendalikan tekanan darah dan gula darah
    Para ahli asal Shanghai mengungkapkan bahwa manfaat air alkali bisa dirasakan oleh orang yang punya diabetes, hipertensi, hingga kolesterol tinggi. Hasil temuan ini pun telah diterbitkan di Shanghai Journal of Preventive Medicine pada 2010.
Summary

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-air-alkali-air-ph-basa/