Benarkah Genghis Khan pernah membantai puluhan juta orang?

Konon Genghis Khan merupakan seorang militer penakluk terhebat yang pernah ada dunia ini. Dari sekelompok kecil orang di negara terpencil Mongolia, ia berhasil mengalahkan pasukan yang lebih maju dari China, India, Rusia, bahkan Eropa Timur.

Ketika ia meninggal pada 1227, ia mewarisi kekaisaran utuh terluas dalam catatan sejarah. Tapi keruntuhan segera kekaisaran itu membuktikan bahwa kehebatan Mongol amat bergantung kepada pimpinannya tersebut yaitu Genghis semata.

Ia memang seorang ahli taktik yang sangat jitu dan menjadi seorang yang menebarkan pengaruh Mongol ke dalam budaya-budaya Mughal India, Kekaisaran Timurid dan Dinasti Yuan di China, tapi konon ia juga dipandang sebagai penjagal paling haus darah dalam sejarah. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai peristiwa ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, kepemimpinan Genghis diduga telah menewaskan sebanyak 40 juta orang akibat kekejian pasukan yang dipimpinnya.

Kabarnya juga pada 1258, pasukan Mongol bekerja sama dengan sekutu-sekutu dari China mengepung kota Baghdad. Pasukan tersebut tidak hanya membunuh 50 ribu pasukan Kalifah Abbas, tapi juga 2 juta warga sipil.

Selain memusnahkan peradaban dan pendudukan suatu suku, Genghis Khan juga dikenal sebagai penyebar wabah bubonic plague hingga ke seluruh Asia dan Eropa sehingga menewaskan 75 hingga 200 juta orang.

Bubonic plague sendiri dikenal sebagai wabah pes yaitu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Yersinia pestis. Wabah ini juga dikenal dengan istilah wabah hitam (black death).

Referensi: https://www.liputan6.com