Benarkah film berdasarkan kisah nyata jauh lebih menarik?

Untitled design (19)

Film adalah media komunikasi yang bersifat audio visual untuk menyampaikan suatu pesan kepada sekelompok orang yang berkumpul di suatu tempat tertentu. Pesan film pada komunikasi massa dapat berbentuk apa saja tergantung dari tujuan film tersebut. Pada dasarnya film dapat dikelompokkan ke dalam dua pembagian dasar, yaitu kategori film cerita dan non cerita. Pendapat lain menggolongkan menjadi film fiksi dan non fiksi. Salah satu kategori film non fiksi yaitu film yang diangkat dari kisah nyata atau real story. Misal, film Surat Kecil Untuk Tuhan, Habibi dan Ainun, Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar, dan masih banyak lagi. Karena diangkat dari kisah nyata, banyak sekali masyarakat yang tertarik dan “kepo” tentang film tersebut, Sebagian besar alasannya yaitu karena film real story lebih dapat menguras emosi dan banyak pembelajaran yang bisa diambil.

Nah, menurut Youdics apakah film real story ini lebih menarik perhatian dibandingkan dengan genre film yang lain? Atau mungkin kalian punya genre film lain yang kalian sukai? Tulis pendapat kalian di bawah ya!

https://www.hotstar.com/id/movies/habibie-ainun/1260038674

4 Likes

Menurutku film berdasarkan kisah nyata lebih menarik untuk ditonton, karena dalam bayangan pasti orang tersebut pernah mengalami kejadian tersebut serta mengambil langkah atas kejadian tersebut. Film berdasarkan kisah nyata secara tidak langsung memberikan efek psikologis untuk menarik ditonton menurutku. Jika film kisah nyata tersebut happy ending, secara tidak langsung dapat memberikan motivasi bagi diri kita, bahwa kejadian nyata yang mereka alami ternyata dapat dihadapi dengan baik dan berakhir manis. Jika film kisah nyata tersebut sad ending juga dapat memberrikan pelajaran bagi diri kita agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

film yang berdasarkan kisah nyata bisa dibilang seperti film dokumenter karena mengkisahkan perjalanan dari seseorang. kisah nyata menjadi menarik karena bisa menjadi inspirasi setiap orang yang menontonnya dan tak jarang menguras air mata. seperti film yang rame di sosmed “ayla: the daughter of war” yang sangat -sangat mengharukan.
aku lebih suka film dengan genre action karena didalamnya memuat banyak adegan yang menegangkan,tidak bikin mengantuk, produksi membutuhkan biaya yang sangat banyak sehingga memberikan hasil yang sangat HD, terkadang juga terdapat adegan tentang keluarga, komedi, perkelahian,romansa dan lainnya. bisa dibilang adegan yang ada di genre action itu merangkup seluruh genre menurutku.

menurutku film yang diangkat dari kisah nyata jauh lebih menarik sih karena film itu bukan fiksi dan bener-bener terjadi di dunia nyata. Sehingga saat kita menonton film based true story tersebut ada feel tersendiri bagi masing-masing penonoton. Ditambah lagi kisah nyatanya yang dapat menjadi sumber inspirasi bagi setiap penonton akan menjadi manfaat dan tidak hanya sekedar menonton film saja. Aku juga suka nonton film dari berbagai genre baik fiksi maupun non fiksi, akan tetapi film based true story lebih menarik sih bagiku.

Kalo menurutku ngga. Jadi mau itu berdasar kisah nyata atau pun fiksi itu sama aja, selama alur dan cerita yang dibawakan menarik menurutku tidak jauh berbeda sehingga akan sama sama menarik. Film yang diambil berdasarkan kisah nyata memang kebanyakan termasuk dalam genre dokumenter karena kebanyakan mengisahkan cerita asli seseorang dan tentunya hal tersebut akan sangat menginspirasi penontonnya dan feelnya pasti mudah didapat sehingga tak jarang film-film yang diambil dari kisah nyata biasanya mengharukan. Tapi, fiksi pun juga tidak kalah dengan itu, banyak juga film-film fiksi yang bisa menginspirasi, tak jarang penontonya juga jadi terbawa suasana. Jadi menurutku selama film itu di produksi dengan rapi dan bagus itu akan menarik

Aku sependapat dengan @dindaaisya, dimana film berdasarkan kisah nyata maupun tidak itu sama-sama bisa dibilang menarik. Menurutku juga, menarik tidaknya suatu film itu bisa dilihat dari 1 poin, yaitu “alur ceritanya”. Disamping itu banyak hal atau faktor yang dapat mendukung dan membuat film menjadi menarik untuk di tonton, seperti aktor dan aktrisnya, cinematografinya, pengeditan filmnya, dll. Aku sendiri tidak begitu sering nonton film yang based on true story, karena ya itu tadi, semua film dapat dikatakan menarik jika alur ceritanya baik dan menarik. Banyak film fiksi diluar sana yang juga bisa menguras emosi, menginspirasi, serta mengharukan bagi penonton.

Sependapat juga dengan @dindaaisya kalau film yang berdasarkan kisah nyata tidak selamanya menarik mengalahkan film yang fiksi. Menurutku hal tersebut tergantung alur cerita nya dan pengemasan dari film itu sendiri. Tak selamanya film berdasarkan kisah nyata jauh lebih menarik krn memang itu sudah terjadi, bisa saja pengemasan filmnya kurang jadi tidak ada feel dari film tersebut. Hal ini juga berlaku untuk film fiksi dimana menurut saya menarik atau tidaknya tergantung dari beberapa aspek dan balik lagi selera film masing-masing orang berbeda-beda.

Film yang diangkat dari kisah nyata biasanya dapat lebih membawa kita merasakan kejadian yang sebenarnya. Bahkan jauh lebih menarik daripada film fiksi. Ada beberapa film yang dapat mengubah kehidupan seseorang, film-film tersebut yang dapat menginspirasi seringkali diangkat dari kisah nyata. Film bisa menginspirasi manusia karena menurut Sigmun Freud dalam bukunya yang berjudul Naluri Kekuasaan menyebutkan bahwa adegan atau tokoh dalam film merupakan representasi kehidupan nyata seseorang.

Jadi menurutku memang film yang diangkat dari kisah nyata ini memiliki pesonanya sendiri dan dapat menarik perhatian untuk ku dan mungkin sebagian orang lainnya yang menyukai film yang diangkat dari kisah nyata ini. Karena film dari kisah nyata ini juga banyak sekali genrenya, mulai dari drama romantis, ispirasi, horror, bahkan action.

Sebenarnya kembali lagi pada preferensi masing-masing, kalo saya pribadi suka film yang berdasarkan kisah nyata. Terkadang film berdasarkan kisah nyata ada cerita-cerita yang tidak terungkap sebelumnya. Namun ada juga beberapa film yang menurut saya kurang bagus. Hal yang dapat mempengaruhi film berdasarkan kisah nyata bagus atau tidak biasanya tokoh yang diceritakan di film tersebut. Banyak sekali film dokumenter yang mengangkat cerita tentang seorang tokoh tapi kurang menarik. Saya pribadi cenderung menyukai film dokumenter yang membahas tentang peristiwa penting di dunia, seperti Hidden Figures, Imitation Games, Dunkirk, dan lain-lain.

Film yang berdasarkan dari kisah nyata dan fiksi keduanya menurutku sama-sama menarik. Tapi dari aku pribadi merasa setiap melihat film yang berdasarkan kisah nyata entah mengapa memiliki suatu ketertarikan tersendiri karena jika mengetahui film tersebut berdasarkan kisah nyata aku bisa membayangkan bagaimana yang terjadi dalam film tersebut dan dalam keadaan atau situasi aslinya (seperti saat melihat film bergenre crime yang mana menceritakan pemerannya terbunuh).

saya setuju dengan @fadhil.pma dan @dindaaisya , menurut saya film fiksi jauh lebih menarik karena cerita yang ditawarkan jauh lebih luas. Mengenai keunggulan kisah nyata dalam membawa kita untuk merasakan kejadian yang sebenarnya, saya rasa film fiksi juga bisa melakukan hal itu jika disertai sinematografi yang baik. Selain itu, saya sangat menyukai film-film ber genre sci-fi karena dapat membawa kita menuju dunia yang tidak pernah terjadi namun tetap pada berlandaskan alasan ilmiahnya. Film seperti Harry Potter, Lord of The Rings juga sangat hebat karena membawa kita ke dunia baru yang sungguh menakjubkan. Untuk inspirasi bisa diambil dari mana saja menurutku, tidak harus dari kisah nyata seseorang. Maka dari itu film fiksi jauh lebih menarik, menurut saya film berdasarkan kisah nyata juga tidak ada yang sepenuhnya kisah nyata, terkadang perlu diberi bumbu agar terkesan lebih menarik ketika di filmkan. Untuk lebih lanjut melihat perbedaan antara real dengan adegan fiksinya, bisa dilihat di https://www.historyvshollywood.com/

Kesukaan tiap orang jelas berbeda-beda, aku pribadi lebih menyukai film yang berdasarkan fiksi belaka, walau terkadang ada film yang diangkat dari kisah nyata dan mempunyai plot menarik dan tentunya dapat membawa kita merasakan tentang peristiwa yang sebenarnya terjadi, tapi aku lebih memilih menonton film fiksi.

Karena, selama ini kamu hanya terbatasi oleh apa yang kamu lihat. Dan dunia-dunia yang dideskripsikan dalam film fiksi, akan membantumu untuk memperluas pemahamanmu terhadap apa yang mungkin dan tidak mungkin terjadi. Dengan membaca deskripsi dari sebuah kejadian atau tempat, pikiranmu akan secara otomatis menciptakan bayangan dalam benak. Khususnya film dengan genre fantasy, seperti film-film dari Disney, Marvel, Harry Potter, Percy Jackson, dsb.

Menurutku, ada esensi tersendiri dengan menonton film fiksi yang tentunya menayangkan dunia yang tidak pernah kita rasakan, dan dapat menumbuhkan imajinasi seseorang.

MENURUT OPINI SAYA TERKAIT " BENARKAN FILM BERDASARKAN KISAH NYATA JAUH LEBIH MENARIK? "

  • Ada film-film yang dapat mengubah kehidupan seseorang, atau hanya bisa menghibur di tengah kebosanan dan aktifitas keseharian. Beberapa film yang sangat menginspirasi seringkali diangkat dari kisah nyata. Film yang diangkat dari kisah nyata tersebut kadang dapat lebih membawa kita merasakan kejadian yang sebenarnya. Bahkan jauh lebih menarik daripada film fiksi.

Kegagalan karier sering jadi alasan bagi seorang pekerja untuk banting setir menjadi entrepreneur. Bahkan, tidak sedikit yang akhirnya sukses sebagai pebisnis. Kisah ini digambarkan dengan baik dalam film The Pursuit of Happyness. Dalam film ini, Chris Gardner (Will Smith), adalah seorang salesman yang gagal. Meski bangkrut dan ditinggalkan oleh istrinya, Chris tidak patah arang. Dalam kondisi serba terbatas, dia justru belajar mengenai dunia pasar modal. Seperti dalam kehidupan tokoh aslinya di dunia nyata, roda nasib pun berputar. Di akhir film, Chris dikisahkan berhasil mendirikan perusahaan pialang sahamnya sendiri. Pursuit of Happyness adalah salah satu film tentang bisnis terfavorit yang wajib ditonton para calon pengusaha. Film ini mengajarkan bahwa kesuksesan tidak datang dari hal yang instan.

Quotes Terbaik: “The world is your oyster. It’s up to you to find the pearls.”

Menurut saya tentu saja iya. Karena gini, film yang based on true story memberikan kesan dan sensasi tersenderi. Kita seolah olah menjadi saksi dan turut menyaksikan kejadian yang terjadi berdasarkan cerita. Ya memang terkadang, film yang berlabel based on true story biasanya tidak 100% mirip dengan kisah nyatanya. Namun, setidaknya, lewat adegan adegan yang dilakukan, kita sebagai penonton dapat menjadi saksi dan merasakan atmosfir sesuai dengan suasana dan vibes pada saat kejadian nya terjadi.

Kalau dilihat dari data, dari tahun ke tahun, persentase film berdasarkan kisah nyata semakin meningkat. Semakin banyak mencakup genre, dari dokumenter, hingga komedi-romantis.

Tapi berdasarkan pendapat pribadi, saya lebih menyukai film fiksi dan sci-fi yang biasanya berdasarkan original screenplay. Karena biasanya menggabungkan kehidupan pada umumnya dan hal diluar nalar atau aneh. Ini buat saya menarik banget karena mengembangkan imajinasi-imajinasi yang gak pernah sebelumnya kepikiran, dan kemungkinan gak akan pernah terjadi di dunia. Saya lebih suka kalau filmnya itu ngebuat penonton agak mikir teorinya dan kadang bisa plot twist.

Menurut saya iya, karena biasanya jika kita menonton film pasti terhanyut dalam alur ceritanya, dan misalkan film itu dari sebuah kisah nyata menurut saya itu akan mendapatkan feel tersendiri. Walaupun kebanyakan film yang berdasarkan kisah nyata masih sudah ditambah-tambahkan atau dikurangi tidak murni 100% sama.

menurut saya pribadi benar karena ketika kita menikmati film yang berdasarkan kisah nyata akan semakin bisa merasakan hal yang sama sesuai dengan alur filmnya. Alur yang ada dikisah nyata juga menarik, dan ketika dipikir juga film yang berdasarkan kisah nyata bisa memiliki makna yang lebih dan akting nya tidak terlihat settingan

Film berdasarkan kisah nyata maupun fiksi menurut saya sama-sama menarik. Saya suka menonton film berdasarkan kisah nyata karena biasanya kisahnya menginspirasi. Banyak hal yang bisa diambil dari film berdasarkan kisah nyata untuk dijadikan pelajaran hidup. Perasaan pun ikut terhanyut ketika menyaksikan kisah hidup seseorang yang tertuang dalam sebuah film. Tapi, menonton film fiksi pun tak kalah menarik. Banyak hal tak terduga yang mampu meningkatkan sisi imajinasi, menyegarkan pikiran dan ada pula yang bisa menguras emosi layaknya film dari kisah nyata. Saya suka keduanya karena bisa menambah referensi pemikiran sekaligus dengan catatan saat dilihat alurnya membuat ingin terus menonton. Jadi, menarik tidaknya sebuah film kembali lagi pada bagaimana selera setiap orang yang menonton dan pengemasannya sehingga bisa menarik perhatian.