Benarkah Digital Personal Branding Itu Penting?

Personal branding merupakan sebuah cara untuk mempromosikan karakteristik dirimu sendiri (Zakarda, Athens University).

berdasarkan diskusi pada laman Pentingkah membangun sebuah personal branding? banyak dari Youdics yang berpendapat bahwa personal branding itu penting.

mengingat saat ini kita berada di era digital, dan bahkan ada beberapa perusahaan yang mengharuskan kita mencantumkan username sosial media sebagai salah satu syarat untuk melamar magang maupun pekerjaan.

Lantas, menurut Youdics sendiri apakah penting untuk membangun digital personal branding?

Menurut saya penting, sebab personal branding dilakukan agar orang-orang sekitar kita mengetahui apa keahlian yang kita miliki dan ketika seseorang membutuhkan bantuan yang sebenarnya kita mampu melakukannya maka orang tersebut bisa langsung menghubungi kita karena sudah mengetahui bahwa hal tersebut adalah bidang kita.

Penting sih, apalagi untuk orang-orang yang mencari penghasilan secara digital. Social media merupakan personal branding seseorang yang cukup dilihat hari ini. Banyak perusahaan yang melihat kepribadian seseorang dilihat dari sosial medianya. Selain perusahaan, banyak juga organisasi dan perusahaan yang melakukan hal ini juga. Di lain sisi, banyak orang yang bekerja di dunia kreatif mulai mempromosikan dirinya menggunakan media sosial. Yang mana, dengan adanya hal ini hasil pekerjaan mereka akan terlihat oleh orang lain dan apabila ada orang yang tertarik dengan hasil karyanya, mereka akan mengundang orang ini atau bekerjasama dengan orang ini.

Oleh karena itu, di era saat ini tidak ada salahnya untuk melakukan personal branding yang baik, karena mungkin saja hal yang tidak terlalu kita pedulikan seperti social media bisa cukup berpengaruh kepada kita saat kita mencari pekerjaan ataupun beasiswa.

Diera digital sekarang ini, segala sesuatu lebih dipermudah dengan 1 genggam dimana saja dan kapanpun. Menanggapi topik ini saya membenarkan jika digital personal branding seseorang sangat dibutuhkan terutama beberapa perusahaan mencantumkan syarat tersebut menjadi kewajiban sih pelamar. Sebab tidak bisa kita pungkiri dengan teknologi yang semakin berkembang pesat serta skill maupun basic seseorang untuk dibutuhkan dalam sebuah pekerjaan sangatlah menjadi penentu apakah orang tersebut layak atau tidak untuk menjadi bagian dari perusahaan.

di era serba digital seperti sekarang sangat penting, karena membangun personal branding dapat membantu dalam berkarir, karena kita bisa mendapatkan pekerjaan atau klien untuk bisnis kita. personal branding bisa menjadi penunjang untuk membangun citra positif diri kita, dengan personal branding kita bisa meningkakan kepercayaan orang terhadap diri kita atau mereka akan percaya dengan kita karena melihat portofolio yang ada pada media sosial kita.

Menurutku yang lebih penting adalah menciptakan personal branding itu sendiri. Ketika personal branding telah terbentuk, maka cara promosi seperti apa bisa menyesuaikan dan jauh lebih mudah. Bahkan, ketika kita berhasil membangun personal branding itu, akan ada saatnya dimana tanpa kita act out pun, orang lain akan membantu menyebarkan profil kita, tentang siapa kita dan apa yang kita lakukan. Digtital personal branding merupakan salah satu bentuk adaptasi lingkungan terhadap perkembangan globalisasi. Namun, itu semua bisa dicapai ketika kita bisa memberikan hasil nyata kepada lingkungan secara langsung terlebih dahulu.