Benarkah di Gunung Penanggungan terdapat Altar Kuno 'ghaib'?


Gunung Penanggungan memiliki ketinggian 1.653 mdpl dan terletak di Jawa Timur, Indonesia. Uniknya gunung tersebut dikelilingi oleh bukit-bukit diantaranya terdapat Bukit Bekel (1238 mdpl), Gajah Mungkur (1084 mdpl), Sarah Klopo (1235 mdpl), dan Kemuncup (1238 mdpl). Letak gunung ini berada di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, berjarak kurang lebih 25 km dari Surabaya. Gunung Penanggungan berada pada satu kluster dengan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang. Konon gunung ini memiliki sekelumit kisah misteri dan konon terdapat bangunan kraton berupa altar kuno yang tersembunyi didalamnya. Benarkah itu?

image
Dari cerita yang pernah dengar dan artikel yang pernah saya baca keberadaan altar kuno tersebut hingga kini masih menjadi misteri. Namun, di lereng puncak sisi utara, kini juga ada bangunan baru yang menyerupai altar dan kemungkinan digunakan untuk menggelar upacara/ritual oleh masyarakat setempat.

Altar kuno di Puncak Penanggunan ini memang masih belum ditemukan hingga sekarang, namun menurut tim Ekspedisi Gunung Penanggungan Ubaya, Kusworo, kemungkinan altar itu dulu ada meski belum bisa dibuktikan. Ia sendiri percaya altar itu ada mengingat sebaran peninggalan di lereng-lereng gunung ini. Berdasarkan data riset dinas purbakala selama dua tahun (2012-2014) ditemukan 116 situs percandian atau objek kepurbakalaan, mulai dari kaki sampai mendekati puncak gunung.