© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Benarkah cabut gigi saat haid akan memperlambat proses pemulihannya?

Cabut Gigi

Banyak yang mengatakan sebaiknya tidak melakukan cabut gigi ketika kita sedang menstruasi. Benarkah demikian ? Mengapa ?

Anda mungkin tidak pernah membayangkan bahwa cabut gigi saat haid ternyata berhubungan langsung dengan kemampuan tubuh untuk pulih lebih cepat. Menurut American Dental Association kesehatan gigi Anda dipengaruhi oleh berbagai perubahan pada tubuh, termasuk perubahan hormonal, menstruasi, kehamilan, menopause dan penggunaan alat kontrasepsi.

Menurut dokter gigi Dan Peterson di Gentle Dental Care, banyak wanita yang mengalami gusi bengkak sebelum dan selama menstruasi akibat kenaikan hormon progesteron menjelang menstruasi. Gusi yang bengkak dapat menyulitkan dokter gigi untuk mengukur kedalaman kantong gigi Anda (Kedalaman yang lebih besar dari 3 mm dapat menandakan adanya penyakit gusi.) Plus, gusi yang bengkak cenderung sangat sensitif. Akibatnya, pembersihan gigi sebelum dan setelah dicabut bisa terasa lebih menyakitkan.

Dalam kasus yang jarang terjadi, cabut gigi saat haid dapat menyebabkan perdarahan serius yang dapat memperlambat proses penyembuhan setelah cabut gigi. Khususnya pada orang-orang yang memiliki Penyakit Von Wildebrand, cabut gigi saat haid dapat memperburuk gejalanya. Von willebrand adalah kelainan genetik yang dapat ditandai dengan perdarahan menstruasi yang berat, perdarahan yang berlebihan setelah operasi gigi, dan perdarahan saat menyikat gigi.

Penting bagi Anda untuk bicara dengan dokter gigi sebelum operasi gigi, hal ini untuk memastikan pemulihan yang berjalan efektif dan nyaman setelah operasi. Jika menstruasi atau gusi Anda berdarah tampak berlebihan, segera konsultasikan hal ini pada dokter Anda.

Sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/tidak-boleh-operasi-gigi-saat-menstruasi/