Benarkah Berpakaian Rapih Ketika Beraktivitas Dapat Mempengaruhi Produktivitas Seseorang?

Di masa pandemi ini Pemerintah menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau WFH sebagai upaya untuk mencegah penularan virus Covid-19. Sebagian besar orang menganggap adanya WFH ini dapat memberikan keleluasaan bagi mereka karena tidak perlu mengenakan baju kerja dan dapat mengenakan baju santai. Namun, ada pula sebagian besar orang yang memilih untuk tetap berpakaian rapih layaknya bekerja secara langsung di kantor dengan alasan agar dapat lebih semangat dalam beraktivitas.

Lantas, benarkah mengenakan pakaian rapih ketika beraktivitas dapat meningkatkan produktivitas seseorang? Dan apa alasannya?

Sumber Gambar

Jakarta PSBB Lagi, Lakukan Hal Ini Agar Tetap Produktif dan Kreatif selama di Rumah Aja – HMPL

sains mengatakan bahwa pakaian memengaruhi psikologis kita. baju yang kita pakai ternyata berdampak pada perilaku, tindakan, kepribadian, modd, kepercayaan diri, dan cara interaksi kita dengan orang lain. hal ini disebut Encloted Cognition. sadar atau tidak, pikiran kita melabeli setiap baju yang kita miliki. ada baju senang, baju poduktif, baju malas, dan lainnya. semua itu bergantung pada makna simbolis apa yang melekat atau terkesan dari baju tersebut.

Baju mengisyaratkan dan memengaruhi mood kita. studi mengungkapkan bahwa 57 persen perempuan mengenakan baju yang longgar dan usang ketika sedang depresi. kemudian 62 persen perempuan mengenakan baju favorit mereka ketika sedang bahagia. ini artinya baju yang kita kenakan bisa menjadi isyarat apa yang yang sedang kita rasakan. sebaliknya, baju juga bisa memengaruhi mood kita terutama di saat bekerja.

Baju formal dapat membuat otak bekerja lebih baik. studi membuktikan bahwa orang-orang yang mengenakan baju formal seperti kemeja cenderung berfikir dengan lebih kreatif, visioner, dan melihat peluang yang lebih besar.

Berpakaian rapi juga dapat membuat kita merasa lebih percaya diri. jadi pastikan kita tetap berpakaian rapi dimanapun kita berada.

Referensi

idntimes.com “Pakai baju rapi saatWFH bisa meningkatkan produktivitas menurut sains”

Sebagian perusahaan mulai menerapkan kebijakan bekerja dari rumah sebagai upaya untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona tipe baru, penyebab Covid-19. Bekerja dari rumah mungkin memberikan beberapa keleluasaan bagi karyawan, seperti bisa bekerja hanya dengan mengenakan baju santai.

Namun, berpakaian rapi meski sedang bekerja dari rumah juga memiliki manfaat tersendiri. Cara seseorang berpakaian ketika sedang bekerja dari rumah bisa memengaruhi kinerja dan produktivitas. Ketika seseorang menggunakan pakaian santai atau bahkan pakaian tidur saat hendak bekerja, mindset dan mood yang terbentuk juga santai.

Salah satu cara untuk menjaga fokus dan produktivitas ketika bekerja dari rumah adalah dengan berpakaian rapi. Gunakan pakaian yang biasanya memang dipakai seseorang saat bekerja.

Selain berpakaian rapi, hal lain yang tak kalah penting untuk menunjang produktivitas dan fokus saat bekerja di rumah adalah memiliki spot khusus untuk bekerja. Ruangan atau pojok khusus untuk bekerja ini sebaiknya memiliki beberapa fasilitas yang dapat menunjang pekerjaan seperti meja dan komputer.

Ruangan yang dipakai sebagai tempat bekerja juga sebaiknya terhindar dari beragam gangguan yang mungkin dapat mengganggu fokus dalam bekerja. Misalnya, ruangan tersebut tidak berdekatan dengan televisi atau tempat menonton.