Benarkah AS pernah Merencanakan untuk Meledakkan Nuklir di Bulan?

image

Kabarnya pada sekitaran tahun 1958, Angkatan Udara Amerika Serikat memiliki sebuah rencana operasi rahasia untuk membawa dan meledakkan nuklir di Bulan. Namun apakah tujuan sebenarnya dari operasi ini? Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai operasi nuklir ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, kabarnya operasi ini benar pernah direncanakan, pemerintah AS percaya bahwa operasi ini akan menjawab beberapa misteri besar dalam astronomi planet. Mereka juga percaya hal tersebut membuat mereka semakin dihormati dalam hal ekspedisi ke luar angkasa mengingat saat itu Uni Soviet juga melakukan rencana yang sama.

Namun kabarnya proyek tersebut kemudian dibatalkan pada Januari 1959 karena mereka khawatir rencana tersebut akan menimbulkan kritik di masyarakat. Mereka juga khawatir jika proyek ini gagal terbang, dan bom tidak sampai dibulan, mungkin akan jatuh kembali ke bumi. Maka jika hal tersebut terjadi, ledakan tersebut akan bisa dilihat dari bumi dengan mata telanjang.

Menurut Arsip Keamanan Nasional, ketika sebagian rahasia laporan dari operasi ini akhirnya diklasifikasikan, terungkap bahwa program ‘penelitian di Bulan’ dimaksudkan untuk membawa hulu ledak nuklir ke Bulan - - cukup besar untuk membuat Soviet jeri. Leonard Reiffel dari Armour Research Institute kemudian mengatakan bahwa maksud dari program tersebut bukanlah memusnahkan Bulan, melainkan membuat dunia terkesan pada kecakapan AS.