Benarkah anak bungsu lebih manja?

anak

Berdasarkan Jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences pada tahun 2015 lalu mengungkapkan, urutan kelahiran anak memang tidak berdampak pada kepribadian anak. Karakteristik kunci kepribadian anak sendiri meliputi, kestabilan emosi, keramahan, kesadaran, dan imajinasi. Namun, beberapa pandangan mengatakan bahwa anak bungsu adalah anak yang manja. Karena kondisi yang serba mudah bagi anak bungsu dibandingkan dengan kakak-kakaknya seringkali membentuk anak bungsu menjadi anak yang lalai akan sebuah tanggung jawab dan mudah mendapatkan “maaf” dari berbagai pihak khususnya di keluarga.

Nah menurut Youdics sendiri, benarkah anak bungsu itu lebih manja?

1 Like

Kita engga bisa menggeneralisir kalo anak bungsu selalu lebih manja. Memang mungkin kita udah menemui banyak kasus yang menunjukkan kalo anak bungsu dalam suatu keluarga lebih manja dari kakak-kakaknya. Fenomena ini dapat terjadi karena beberapa penyebab, seperti anak bungsu lebih disayang oleh seluruh anggota keluarganya, lebih sering diiyakan permintaannya, kakak-kakaknya lebih sering mengalah kepada dia, dan masih banyak lagi.

Namun, masih banyak juga anak bungsu yang engga manja dan cenderung bisa mandiri, atau bahkan melebihi kakak-kakaknya. Fenomena ini harus dikembalikan ke sifat dasar masing-masing individu yang tentunya berbeda. Kondisi lingkungan keluarga juga sangat bisa menjadi faktor penyebab utama dari timbulnya sifat ini. Memang manja tidak selalu menjadi sifat yang buruk. Tapi, semua hal yang berlebihan itu pastinya kurang baik buat diri sendiri maupun orang lain.

Pola pengasuhan orang tua atau parenting tentunya menjadi kunci dari pembentukan sifat manja dari anak. Memang seorang orang tua tentunya ingin menyayangi dan memanjakan anaknya. Tapi, orang tua juga harus memberikan sikap tegas kepada anak karena sikap itu juga sangat penting buat masa depannya kelak. Seorang anak yang terlalu manja tentunya dapat merugikan dirinya sendiri di masa depan karena sifat manja yang berlebihan cenderung berkorelasi sama sifat kurang mau mengalah, kurang bisa mandiri, kurang bisa mengendalikan emosi, dan sebagainya. Lebih parahnya lagi, suatu sifat yang terlanjur menancap di dalam diri seseorang akan sangat sulit untuk mengubahnya.

Jadi kesimpulannya, tidak ada hubungan yang pasti antara anak bungsu dengan sifat manja meskipun banyak kasus yang ada. Sebagai orang tua, tentunya dibutuhkan sikap tegas yang cukup terhadap anak karena akan sangat penting dan berharga bagi masa depannya kelak.

1 Like