Benarkah ada penyakit masuk angin?

Istilah masuk angin cukup populer terutama dikalangan masyarakat Indonesia dan bahkan dianggap sebagai suatu penyakit. Masuk angin sering kali digunakan untuk menggambarkan masalah tidak enak badan, pegal-pegal, dan perut kembung. Banyak yang menganggap bahwa hal ini terjadi karena terlalu banyak angin yang masuk ke dalam tubuh, terutama saat musim hujan. Dan biasanya kerokan bisa menjadi salah satu cara alternatif dalam menyembuhkan masuk angin.

Jadi temen-teman, apa penyebab dari masuk angin? benarkah masuk angin sebuah penyakit?, setujukah jika kerokan adalah cara untuk menyembuhkan masuk angin?

1 Like

Istilah masuk angin digunakan khususnya oleh mayoritas masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Kepala pusing, bada meriang, demam, mual dan gejala-gejala ringan lainnya sering disebut masuk angin. Cara mengobatinya adalah dengan dikerik. Bisa dikerik menggunakan bawang yang diiris lalu ditaruh di bagian punggung, atau juga dengan di kerik langsung ke badan dengan menggunakan uang pecahan koin. Namun ternyata masuk angin bukan merupakan istilah medis dan bukan pula suatu penyakit. Masuk angin hanyalah sebuah istilah yang digunakan masyarakat Indonesia untuk menggambarkan keluhan-keluhan ringan tersebut.

1 Like

Menurutku masuk angin bukanlah nama penyakit yang diakui sebagai penyakit dalam medis, namun hanya istilah nama yang menggambarkan keadaan dengan akhir mengeluarkan sendawa. Sepengalaman ku masuk angin bisa dipastikan akibat dari kelelahan dan kecapekan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan di kerok atau kerik, namun secara medis ini tidak dianjurkan karena akan memecahkan pembuluh darah. Oleh sebab itu, disarankan untuk istirahat yang cukup dan memakai pakaian hangat.

1 Like