Benarkah ada Monster Cephalopoda di laut?

image

Kisah-kisah mengenai raksasa laut yang diceritakan oleh para pelaut sampai saat ini tidak pernah ada yang mengetahui kebenarannya. Bahkan ada pelaut yang mengabarkan bahwa ia melihat monster Cephalopoda di laut. Namun apakah benar bahwa monster Cephalopoda itu hidup dan ada di laut? atau hanya sebuah cerita fiktif belaka?

Banyak orang yang menganggap bahwa cerita ini hanyalah sebuah cerita fiktif yang tidak dapat dipercaya. Namun, menurut pelaut yang pernah melihatnya mereka mempercayai akan hal ini. Seperti cerita berikut ini, dimana pelaut melihat cumi-cumi raksasa hidup. Pada 1955, sebuah koran Kanada mempublikasikan cerita misterius yang didapat dari pelaut. Sebuah kapal yang berlayar menambrak sesuatu yang aneh. Setelah berpisah jauh, benda itu terlihat seperti bukan ikan hiu busuk atau ubur-ubur raksasa mengambang di permukaan air. Ketika kapal mendekati benda itu, pelaut John Squires bersandar di papan untuk mengait benda itu. Tetapi setelah pengait besi menyentuh benda seperti ubur-ubur itu, sebuah tentakel besar ke luar darinya. Pelaut itu ketakutan dan terjatuh di dek. John kaget dan wajahnya pucat pasi. Dua anggota awak kapal harus menolong dia ke kabin di mana dia menunggu sampai tiba di pelabuhan. Cerita ini muncul tidak jauh dari lokasi tempat moluska besar terdampar musim semi lalu yaitu bulan April dimana ditemukan cumi-cumi sepanjang 15 m terdampar di Kanada.

Cephalopoda besar hidup di kedalaman sekitar 2.000 meter. Mereka menghabiskan seluruh hidupnya berenang dan terus bergerak. Kita bisa memperkirakan ukuran cephalopoda besar melalui ukuran mata dari cumi-cumi besar yang disimpan di musium Amerika sekarang. Mata dari cumi ini berdiamater 40 sentimeter yang hampir sebesar bola basket. Mata ini diambil dari perut hiu besar yang dibunuh oleh pemburu hiu. Cumi adalah makanan favorit dari hiu besar. Namun hal ini masih menjadi misteri hingga saat ini.

baca artikel