Beli gundam, mending yang real grade atau master grade ya?

Beli Gundam, Mending yang Real Grade atau Master Grade Ya?

Real Grade dan Master Grade sama bagusnya sih. Tapi kalau kamu bingung mau beli Gundam yang mana, cek dulu deh di sini.

Ini salah satu pertanyaaan besar buat orang-orang yang baru mulai mengoleksi Gunpla, “Mending beli Gundam Real Grade atau Master Grade?”

Nggak heran ada pertanyaan seperti itu, soalnya dua grade ini memang mirip-mirip, terutama dari segi detail yang ditawarkan oleh Bandai. Real Grade (RG) sendiri merupakan grade terbaru yang ditawarkan oleh Bandai, pertama kali dirilis pada 2010 sebagai perayaan 30 tahun Gundam. Sementara Master Grade dirilis 15 tahun lebih awal, tepatnya pada 1995 sebagai bagian dari perayaan 15 tahun Gundam.

Nah, kali ini kami mau bahas beberapa poin penting yang mungkin bisa bantu kamu buat menentukan beli RG atau MG. Oh iya, Buat yang belum familiar sama grade Gunpla, bisa baca artikel kami di sini. Yuk mulai kita bahas satu-satu!

Ukuran

RG Exia punya bentuk yang kokoh dan nggak gampang jatuh. (doc. Bandai)

Mungkin ini poin pertimbangan yang paling mudah. Real Grade dirilis dalam ukuran 1/144 alias sekitar 13 cm, ukuran ini sama kayak rilisan High Grade. Sementara Master Grade dirilis dengan skala 1/100 atau sekitar 18 cm. Jadi memang ada perbedaan ukuran yang cukup signifikan di antara kedua grade ini. Kalau kamu mau jajan MG, otomatis kamu harus nyiapin lapak yang cukup besar dibanding RG.

Detail

Nu Gundam, merupakan Master Grade paling laris lho. (doc. Bandai)

Nah ini yang jadi daya tarik utama kedua grade ini. Keduanya menawarkan detail yang menakjubkan, color separation juga udah oke banget, dan mekanisme inner frame yang kece. Basically kamu nggak perlu susah-susah ngoprek lagi setelah selesai dirakit. Khusus RG, beberapa orang bahkan menilai grade ini menawarkan detail yang selevel dengan Perfect Grade.

RG dan MG juga memberikan satu set decal di setiap rilisannya, tapi kalau kamu mau decal yang banyak bisa coba beli Master Grade yang ada embel-embel “Ver.Ka”.  Nah, “Ver.Ka” ini berarti “Version Katoki”, dinamakan berdasarkan Hajime Katoki, desainer mecha yang kebetulan demen banget sama decal. Jadi semua rilisan “Ver.Ka” dijamin bakal dapet decal yang banyak.

Tingkat Kerumitan

Poin ini menurut kami jadi kelebihan sekaligus kekurangan buat RG. Ukuran RG yang cuma 1/144 tapi memiliki tingkat kedetailan yang tinggi membuat model kit ini termasuk rumit untuk dirakit. Banyak part-part kecil yang harus hati-hati banget masangnya. Kalau kamu suka tantangan, bisa banget ngerjain RG, tapi kalau masih ragu, mending pilih MG aja. Soalnya dengan ukuran yang lebih besar, parts yang disediakan pun nggak sekecil RG, jadi saat proses pengerjaan bisa lebih aman. Oh iya, MG juga ada kecenderungan lebih kokoh dibandingkan dengan RG. Beberapa rilisan RG dinilai terlalu ringkih hingga untuk dipose pun sulit.

Variasi Model

Cover art MG RX-78-2 yang dirilis pada tahun 1995

Variasi model jadi kelebihan utama buat rilisan MG. Sejak pertama dirilis pada 1995, Gunpla telah mengeluarkan 198 model kit Master Grade (belum termasuk rilisan Premium Bandai). Sebut aja salah satu mobile suit yang kamu tahu, hampir pasti ada versi Master Grade-nya. Jumlah ini jauh jika dibandingkan dengan RG yang baru memiliki 25 model kit (belum termasuk rilisan Premium Bandai).

Harga

Untuk harga, Real Grade dirilis dengan harga sekitar Rp 300.000 – Rp 400.000. Sementara Master Grade harganya berkisar Rp 400.000 – Rp 800.000 (beberapa model ada yang tembus Rp 1.000.000).

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa jadi bahan pertimbangan buat kamu. Intinya kalau kamu mau model kit yang kece tapi kebetulan dompet tipis, bisa jajan Real Grade. Tapi kalau kebetulan punya dana yang agak lebih, kami sih saranin buat ambil Master Grade aja sekalian. Selamat khilaf!

Tergantung selera masing-masing sih gan.menurut ane yang grade yang gk tinggi amat ya no problem asalkan perawatannya juga baik.Soalnya kadang yang mau mulai koleksi harusnya dimulai dari harga yang agak miring juga siih… CMIIW biasanya newbie pengen yang murah dan dapat kuantitas yang banyak :rofl::rofl::rofl::rofl::rofl: