Belajar sambil mendengarkan musik itu menyenangkan! Bagaimana dengan kamu?

saya suka ketika belajar sambil mendengarkan musik. Itu membuat mood menjadi lebih baik dan penerimaan informasi kepada otak menjadi lebih lancar. tetapi jika belajarnya mengenai hal hal yang lebih sulit dan serius mungkin saya membutuhkan irama musik yang lebih menenangkan berbeda jika ketika belajarnya hanya membaca teori saja saya lebih menyukai irama musik yang agak lebih keras.

1 Like

Gatau kenapa yaa preferensi ku terhadap cara belajar tuh kadang suka berubah aja. Dulu aku tipikal yang kalo belajar harus banget ditemani musik. Dan musiknya yang EDM gituloh. Jadi kalo misal gaada musik, aku malah takut karena terlalu hening banget gitu. Tapi sekarang justru aku harus belajar dengan keheningan. Harus hening banget gaboleh ada distraksi suara-suara apapun.

Makanya aku lebih suka belajar ketika orang disekitarku itu sudah tidur / memang harus sendiri di ruangan yang hening. Apalagi ketika belajar sesuatu yang butuh pemahaman. Itu sangat membutuhkan konsentrasi penuh buat aku. Tapi kalo misal aku lagi break gitu, suka juga dengerin musik 1x putaran, trus belajar lagi. Jadi musik sebagai pelepas penat belajar untuk sekarang

1 Like

benar memang menyenangkan, saya pribadi mendengarkan musik saat belajar untuk menaikkan mood belajar, tetapi hanya musik tertentu yang tidak mengganggu konsentrasi saat belajar, karena sebenarnya saya sendiri juga tipikal orang yang belajar dengan keadaan sunyi karena jika konsentrasi terbagi hasil belajar pun tidak maksimal

1 Like

Belajar sambil mendengarkan musik memang sesuatu yang menyenangkan. Saya biasanya memilih jenis musik santai untuk mendukung suasana kondusif dalam membangun mood dalam belajar. Itu pun dengan melihat materi yang sedang saya pelajari atau kerjakan. Jika berkaitan dengan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi tinggi maka saya tidak akan mendengarkan musik saat sedang belajar. Tak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan hal kini lebih sering saya kerjakan dalam keheningan karena ingin mendapatkan fokus yang tinggi. Sedangkan mendengarkan musik hanya saya lakukan di kala selesai belajar untuk merelaksasi pikiran. Terkadang juga dilakukan saat sebelum memulai belajar untuk membangun suasana yang menyenangkan. Jadi, musik didengarkan hanya saat-saat tertentu saja.

1 Like

Mendengarkan musik memang suatu kegiatan yang menyenangkan, karena dengan mendengarkan music, kita bisa meningkatkan semangat, sebagai tempat pelampiasan stress dan lain sebagainya. Tapi kalo aku sendiri, ketika aku sedang belajar aku ngga bisa sambil dengerin musik. karena ketika lagi belajar sambil dengerin musik, konsenterasi untuk pelajaran itu terpecah bener- bener ga bisa focus sama pelajarannya. Jadi aku lebih milih mendengarkan musik sebelum belajar, jadi pas lagi belajar dalam mode hening dan pelajaran bisa masuk ke otak.

1 Like

Penelitian menunjukkan bahwa ada beragam manfaat musik untuk kesehatan, seperti menenangkan pikiran, memberi energi pada tubuh, dan mengelola rasa sakit. Selain itu, mendengarkan musik yang lembut juga dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah hingga melancarkan pernapasan.

Banyak para ahli yang meneliti bahwa peran musik dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan jiwa, namun untuk urusan belajar ada beberapa orang yang tidak bisa menggunakan gaya belajar sambil mendengarkan musik dan sebaliknya ada orang yang lebih nyaman dan berkonsentrasi jika sambil memutar musik.

Saya pribadi memiliki gaya belajar yang mana sambil memutar lagu sepanjang saya beraktivitas. Saya merasa suasana saat belajar dapat mempengaruhi suasana hati saya juga dalam mengerjakan tugas. Sehingga, saya haus lebih dulu menciptakan kesan yang nyaman saat akan memulai mengerjakan tugas saya. Namun, pemilihan lagu yang saya gunakan untuk belajar berbeda dari musik-musik yang saya gunakan di luar dari itu. Saat belajar saya memilih memutar musik instrumen yang tidak ada liriknya, atau hanya berupa nada. Biasanya saya memilih lagu yang terkesan santai dan tenang atau Lo-Fi. Meskipun saya menyadari bahwa bisa saja musik tersebut akan terasa mudah membuat orang merasa mengantuk. Tetapi bagi saya, mendengarkan musik membuat suasana lebih tenang dan fokus.

saya adalah orang suka belajar dengan ditemani alunan musik karena menurut saya itu adalah sesuatu yang dapat meningkatkan konsentrasi dan semangat belajar. tetapi tentunya saya pun juga memiliki playlist tertentu yang memang cocok untuk belajar seperti mendengarkan lagu - lagu bertemakan jazz dan countries yang memiliki nada dan aransemen yang pas untuk saya belajar atau mengerjakan tugas. jadi menurut saya pribadi belajar dengan alunan musik memang membantu saya berkonsentrasi terhadap apa yang saya kerjakan.

Tipe ketika belajar saya harus mendengarkan musik, karena menurut saya mendengarkan musik di saat belajar dapat dijadikan sebagai booster agar belajar tidak terasa membosankan, yang dimana hal ini dapat membuat mood belajar menjadi naik dan tidak akan merasa ngantuk. Tetapi musik yang diputar juga harus dipilih, ketika belajar saya tidak bisa mendengarkan musik yang terlalu berisik, jadi ketika belajar saya hanya sambil mendegengarkan musik-musik yang santai saja

Kalau aku tergantung situasi saat itu. Misalnya, ketika aku sedang mengerjakan tugas yang sudah mepet dengan tenggat waktu pengumpulan, aku tidak akan mengerjakannya sambil mendengarkan musik karena khawatir akan mengalihkan fokusku. Ketika mood-ku sedang tidak baik, aku akan belajar sambil mendengarkan musik favoritku yang bertempo cepat karena bagiku selain dapat mengembalikan keadaan mood musik bertempo cepat juga dapat membangkitkan semangat. Ketika aku sedang mempelajari sesuatu yang membutuhkan fokus tinggi, aku bisa mengerjakannya tanpa musik maupun dengan musik yang bertempo lambat. Begitu seterusnya. Semuanya aku sesuaikan dengan suasana hati pada saat belajar.

Aku pribadi terkadang mendengarkan musik ketika sedang belajar. Musik-musik yang aku dengerin pun bukan yang mempunya tempo lambat, melainkan yang cepat. Selain cepat, musik yang aku pilih yang gak ada liriknya. Jadi gak hilang fokus antara mikir materi sama lirik musik yang lagi didengerin. Hal ini karena menurut yang aku rasakan musik dengan tempo yang cepat membantu aku berpikir dengan cepat juga. Kayak ada andrenalin rush gitu rasanya, jadi mikir kerasa lancar.

Saya pribadi bukan tipe orang yang belajar sambil mendengarkan musik. Pernah mencobanya beberapa kali, namun yang saya lakukan bukannya menjadi lebih fokus dalam belajar tapi malah jadi asik bernyanyi bersama lagu tersebut atau malah menjadi larut dalam momen dan skenario yang diciptakan oleh kepala sendiri.

Kalaupun butuh untuk mendengarkan musik dalam membangun mood untuk belajar atau nulis atau juga mengerjakan tugas biasa, saya akan mendengarkan lagunya beberapa kali dengan waktu yang sudah ditentukan dan ketika mood tersebut sudah saya dapatkan, maka saya langsung menghentikan lagu tersebut dan mulai untuk mengerjakan tugas-tugasnya.

Hal ini tergantung gaya belajar tiap orang. Ada yang lebih suka dengan suasana sunyi dan ada yang lebih suka apabila ditemani musik. Namun menurut saya pribadi, ini tergantung saya belajarnya dalam bidang apa. Apabila saya sedang belajar untuk kuis, ulangan, dll yg notabenenya harus menghafal dan membaca akan lebih suka kalau dengan suasana yang sunyi. Namun apabila saya mengerjakan tugas, saya akan lebih suka apabila ditemani musik. Karena dengan adanya musik maka kita akan lebih enjoy dalam mengerjakan tugas kita.

Aku sendiri cenderung lebih menikmati belajar atau mengerjakan sesuatu dengan mendengarkan musik. Dan aku akan menyesuaikan genre atau playlist musikku sesuai dengan apa yang sedang aku pelajari atau lakukan saat itu. Misalnya saja jika aku sedang dikejar deadline tugas, aku akan mendengarkan genre musik rock untuk menambah semangat belajarku. Tentunya, hal tersebut juga membuat diriku tidak merasa ngantuk :joy: Beda lagi saat aku mengerjakan tugas atau mempelajari sesuatu yang aku sukai (tanpa dikejar deadline), otomatis aku akan memutar lagu-lagu bergenre pop, country song, atau bahkan party anthem! hehehe :v: Tapi, di saat-saat tertentu aku juga pernah belajar tanpa mendengarkan musik sama sekali. Karena aku merasa butuh fokus lebih utamanya jika pelajaran atau tugasku berkaitan dengan hafalan.

saya pribadi lebih suka belajar dengan mendengarkan musik, bisa meningkatkan mood biasanya ketika belajar dan mengerjakan tugas ada rasa jenuh dengan mendengarkan musik dapat membuat lebih semangat apalagi dengan genre musik yang saya sukai seperti pop, rock, jazz dan lain lain. ketika belajar tanpa mendengarkan musik saya merasa susah untuk fokus dan susah dalam memahami yang dipelajari bahkan sering merasa bosan dan ngantuk. jadi menurut saya belajar dengan diiringi musik sangat membantu saya dalam lebih berkonsentrasi dalam belajar dan mengerjakan tugas

Jika saya saat kehilangan mood, saya akan meminum minuman hangat dan manis lalu merilekskan pikiran sebelum kembali belajar. Belajar sambil ditemani oleh musik memang terdengar asik namun bisa memecah fokus saat belajar, mungkin pemilihan genre musik juga mempengaruhi dalam belajar. Antara membuat saya tidak fokus atau malah membuat mengantuk. Saya biasanya mendengarkan musik hanya ketika mengerjakan tugas untuk mengurangi rasa sepi. jadi jika saya ditanya apakah suka belajar sambil mendengarkan musik, saya akan memilih tidak karena mau fokus terhadap apa yang saya pelajari.

Saya bukan tipe orang yang belajar sambil mendengarkan musik. Memang dengan mendengarkan musik mampu untuk mengurangi stres dan bisa meningkatkan kemampuan otak apalagi jika dibarengi dengan menulis atau membaca. Bahkan, mendengarkan musik sambil belajar diyakini lebih meningkatkan daya ingat karena irama musik memberikan dopamin yang berfungsi untuk mengaktifkan reseptor di otak. Hal inilah yang membuat musik dapat meningkatkan motivasi belajar seseorang. Selain itu, mendengarkan musik sambil belajar mengubah suasana belajar menjadi lebih tenang, menyenangkan, dan tidak membuat tegang. Apalagi jika kalian mendengarkan musik dengan genre klasik bisa memberikan efek menenangkan. Nah, belajar sambil mendengarkan musik ini menjadi salah satu dari metode pembelajaran quantum learning (De Porter dan Hernacki, 2001).

Akan tetapi, mendengarkan musik sambil belajar merupakan hal yang tidak baik untuk otak. Ketika belajar sambil mendengarkan musik, tentunya musik akan mempengaruhi otak dan dapat mempengaruhi konsentrasi seseorang. Orang akan menjadi tidak fokus dalam belajar karena tidak dapat mengingat apa yang dipelajari. Penelitian ini sudah pernah dilakukan dari jurnal Applied Cognitive Psychology dengan mengambil data dari lima tempat berbeda-beda seperti tempat tenang, ada musik yang disukai dan tidak disukai, data acak, dan data stabil. Berdasarkan penelitian tersebut diambil kesimpulan bahwa orang-orang yang mendengarkan musik sulit untuk mengingat urutan data sehingga hal ini menunjukkan bahwa musik mempengaruhi konsentrasi seseorang. Namun, tempat yang tenang menunjukkan daya ingat yang lebih tinggi dibandingkan dengan tempat yang memiliki musik yang disukai dan tidak disukai.

Referensi

https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/mendengarkan-musik-sambil-belajar/
Belajar Sambil Dengar Musik Tak Baik untuk Otak | Kedokteran - Universitas Airlangga

Tipe belajar yang efektif bagiku adalah belajar visual oleh karena itu meskipun ada suara atau lagu seringkali aku tidak mudah terdistrak/terganggu. Jadi, ya. Aku adalah tipe orang yang belajar sambil mendengarkan musik, tapi dengan cara tertentu.
Kalau aku mau belajar dengan enjoy, aku akan memutar musik yang membuat semangat, lagu yang aku hafal liriknya, dan lagu dengan beat yang cepat atau genre seperti pop/edm. Sedangkan kalau aku mau belajar dengan tenang dan konsentrasi penuh, biasanya aku hanya memutar instrumen musik seperti piano atau saxophone, ataupun lagu yang nadanya lambat. Tapi kalau aku butuh untuk berlajar sambil “bersuara” seperti menghafal, biasanya aku tidak mendengarkan lagu atau menghentikannya sebentar.

Menurut saya iya. Jika ada satu perasaan yang universal di antara siswa dari mata pelajaran apa pun, itu adalah stres. Untungnya, musik telah terbukti menjadi cara bebas zat untuk mengurangi perasaan cemas, marah, dan gairah yang merupakan hasil dari tugas yang membuat stres (yaitu, semua yang dilakukan siswa). Gaya musik memang penting jika Anda ingin merasakan manfaat ini, tetapi Anda masih memiliki beberapa pilihan luas untuk dipilih. Baik musik klasik maupun musik santai yang “dipilih sendiri”—dengan kata lain, gaya apa pun yang dianggap menenangkan secara pribadi—telah terbukti menenangkan tubuh dengan cepat dan memunculkan kondisi emosi yang lebih positif. Jadi jika Beethoven tidak mengapung perahu Anda, Anda selalu dapat “Berlayar” dengan Enya, atau hanya menjelajahi perpustakaan Anda untuk sesuatu yang Anda anggap sebagai soundtrack yang sesuai selama setengah jam bervegetasi di sofa.

Sama banget kak! Aku malah biasanya mendengarkan lagu tapi bukan lagu-lagu favoritku atau lagu yang sudah kuhafal liriknya. Karena menurutku bukannya belajar nanti aku malah konser dadakan. Aku sendiri nggak pernah buat playlist lagu buat belajar, karena takutnya aku cepat bosan. Jadi random aja. Kalau lagi pengen denger John Mayer, ya a whole album nya aku dengerin. Bahkan sampe 2-3 album biasanya. Tipikal lagunya John Mayer bener-bener bikin tenang dan gak ngeganggu sama sekali. Malah aku ngerasa semakin hanyut sama tugas-tugasku.

Banyak yang beranggapan bahwa belajar sembari mendengarkan musik adalah sesuatu yang menyenangkan, hal ini karena bisa mengubah suasana menjadi rileks dan membuat mood semakin baik. Tapi tidak jarang juga yang tidak menyukai hal ini, saya sendiri contohnya, saya adalah manusia dengan tipe belajar dengan suasana yang tenang dan hening, entah kenapa tidak bisa belajar dengan suara seperti sambil mendengerkan musik, karena bagi saya suara yang keluar justru akan membuat saya terdistraksi dan hanya membuat saya lupa terhadap apa yang sedang saya kerjakan,
meskipun kegiatan menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi banyak orang, tapi bagi saya ini tidak berlaku.