Belajar sambil mendengarkan musik itu menyenangkan! Bagaimana dengan kamu?

images (34)

Pernahkah kalian merasa kehilangan mood saat belajar? Bagaimana cara kalian mengatasinya? Kalau saya, mulai melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan mood. Salah satunya adalah dengan mendengarkan musik yang saya suka. Biasanya saat mendengarkan musik yang saya suka, semangat saya langsung meningkat. Maka dari itu, tidak jarang juga saya belajar sambil mendengarkan musik apalagi ketika belajar memecahkan soal hitungan seperti Matematika. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa kita mungkin akan lebih mudah memecahkan soal pelajaran saat kita berada pada suasana hati yang positif daripada suasana hati yang netral apalagi negatif.

Lalu bagaimana dengan kamu? Apa kamu suka belajar sambil mendengarkan musik juga?

Aku pribadi senang sekali mendengarkan music, dan setiap hari pasti aku selalu mendengarkan lagu-lagu yang buat mood aku jadi semakin baik dalam berbagai aktivitas seperti saat sedang bersih-bersih kamar dan olahraga, terkecuali saat aku sedang belajar atau melakukan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Menururtku setiap orang punya cara masing-masing agar mereka dapat focus saat belajar, contohnya aku punya seorang teman yang mana dia akan bisa focus belajar kalau sambil dengerin music. Namun ada juga sebagian orang yang beranggapan bahwa mendengarkan music saat belajar dapat menurunkan konsentrasi belajar karena otak kita focus pada dua hal yang berbeda dalam waktu yang bersamaan.

Menurut Djon (2016), mengungkapkan bahwa music yang dimanfaatkan secara tepat dapat mengaktifkan kemampuan total mereka lebih banyak karena mengerahkan pikiran sepenuhnya untuk belajar. Jadi, tidak ada yang salah dengan mendengarkan music saat belajar, namun dengarkan jenis lagu yang memang sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan agar tidak mengganggu konsentrasi saat belajar.

Summary

https://media.neliti.com/media/publications/327950-pengaruh-mendengarkan-musik-terhadap-moo-f0fff377.pdf

1 Like

Menurut saya pribadi, memang musik dapat meningkatkan mood. Melalui musik terkadang merasa bahwa dapat mencurahkan emosi yang sedsng dirasakan. Tetapi untuk dalam belajar dan mendengar musik hal ini tidak biasa saya lakukan, karena saya mengenali diri saya bahwa tidak mampu untuk konsentrasi apabila ada musik yang menganggu.
Intinya, belajar sambil mendengarkan memang sebagaian orang mampu melakukan namun sebagaian tidak mampu melakukan. Tetapi hal ini tidak mengubah dari dampak musik itu sendiri, hanya saja tergantung dari masing-masing kepribadian individu

1 Like

Belajar sambil mendengarkan musik itu memang menyenangkan, setiap kali aku belajar pasti selalu ditemani dengan musik favoritku, ntah kenapa kalau aku belajar tanpa ditemani dengan musik itu rasanya kayak bosan, trus gak ada rasa semangat buat belajar. Biasanya sih aku kalau belajar sambil dengerin musik klasik, agar tambah fokus dan relax. Kalau dengerin musik pop aatu yang lainnya malah fokus ke musik hehehe… Tapi itu tergantung cara belajar masing-masing individu nya sih, ada yang lebih suka belajar dengan suasana hening, ada yang suka belajar sambil mendengarkan musik, dan lainnya.

1 Like

Kalau aku lebih nyaman jika belajar dalam keadaan hening atau sepi hehe. Karena gaya belajarku cenderung intrapersonal. Menurutku, ketika belajar sambil mendengarkan musik malah membuat konsentrasi terpecah. Terlebih lagi, aku sangat sulit dalam mengumpulkan konsentrasi dan cukup mudah tergoda untuk melakukan hal lain ketika belajar. Tetapi untuk aktivitas lain, tentu aku sangat suka jika dibarengi dengan mendengarkan musik. Karena lebih bersemangat dan merasa ada yang menemani sehingga tidak merasa sendirian. Menurut ahli neurobiologi dan Gordon Shaw (1993). Dalam penelitian mereka, mengungkapkan bahwa belajar sambil mendengarkan musik, terutama musik klasik, dapat membantu mengembangkan fungsi otak kita.

1 Like

Saya sendiri sih lebih suka belajar sambil mendengarkan musik dan bawaannya santai gitu kalau sambil ngerjain tugas atau lagi baca" materi. Apalagi dulu waktu SMA kan banyak materi itung"an seperti matematika, kimia atau fisika itu harus banget ditemenin sama musik kalau nggak gampang banget buat nyerah karena pusing juga kalau itung"an. Jadi sampai sekarang deh kabawa kalau belajar itu sambil dengerin musik supaya lebih santai dan mood gak ancur sih. Tapi dengerin musiknya juga jangan yang galau" nanti malah ikut melow, saya sendiri suka dengerin musik Kpop atau barat sih kalau buat nemenin belajar.

1 Like

Mendengarkan musik sambil belajar kalau saya jarang sekali, karena fokus saya kadang suka hilang kalau sambil mendengarkan musik, tapi kalau ndak dengeri musik kuping kayaknya nganggur banget nggk di pake buat apa-apa kwkw, jadi saya pilih musik-musik yang nadanya agak selow untuk belajar atau yang relevan dengan pembelajarannya.

Kalau berhitung mungkin musik yang agak beradrenaline cocok, dan cara ini ternyata sudah ada yang mengutipnya,

Menurut Chris Brewer, penulis buku Soundtracks for Learning, manfaat mendengarkan musik akan lebih manjur jika genre musiknya disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan . Ambil contoh, musik yang mengandung lirik positif cocok untuk memotivasi belajar dan memicu semangat saat tubuh lelah. Sementara musik yang bertempo lambat lebih cocok untuk memusatkan pikiran agar tetap fokus karena memberikan efek yang lebih menenangkan.

Summary

hellosehat.com. (2016). Mendengarkan Musik Sambil Belajar Ternyata Bikin Anda Lebih Gampang Berkonsentrasi. Diakses pada 26 Juli 2021, dari https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/mendengarkan-musik-sambil-belajar/

1 Like

Belajar sambil mendengarkan musik bagi aku itu menyenangkan banget, karena bisa mengurangi stress kalau semisal ada materi yang tidak sepenuhnya aku pahami. Mendengarkan musik dapat membantu relaksasi dan bekerja lebih efektif. Dan biasanya hal yang paling aku rasain banget adalah jadi lebih fokus dan jadi lebih mudah untuk mengingat materi yang dipelajari, membangun motivasi aku juga karna berasa seperti ada yang menemani aku ketika belajar dan hal yang mungkin tidak biasa adalah dengan mendengarkan musik aku jadi lebih tau kosa kata baru dari lagu yang aku dengarkan, jadi tidak melulu belajar dari materi yang diberikan tapi juga belajar dari musik yang aku dengarkan.

1 Like

Ya, dan saya setuju dengan pernyataan anda :

Dan juga karena saya hobi mendengarkan lagu. Namun di saat saya butuh konsentrasi yang penuh, terkadang saya menjeda lagu yang sedang saya putar saat itu agar tetap fokus dengan pekerjaan yang sedang saya kerjakan.

Waah, aku banget nih! Hehe. Aku tim pendengar musik saat belajar, itu seperti must thing to do buat aku, especially kalau aku sendirian. Menurut aku, dengan mendengarkan musik, aku lebih semangat untuk ngerjain tugas ataupun belajar, karena pastinya terhibur dengan musik itu sendiri. Kalau aku lagi tidak memerlukan konsentrasi yang tinggi, mungkin semua genre aku bisa dengerin, tetapi kalau aku sedang membutuhkan konsentrasi yang tinggi, aku memilih untuk dengerin musik instrumental atau musik klasik karena lebih menenangkan. So, aku setuju banget kalo belajar sambil denger musik itu menyenangkan!

1 Like

MENURUT OPINI SAYA TERKAIT " BELAJAR SAMBIL MENDENGARKAN MUSIK ITU MENYENANGKAN, LALU BAGAIMANA DENGAN SAYA" ?

gambar

  • Musik tidak hanya sebagai seni, namun juga sebagai bahasa yang universal karena dapat dinikmati oleh semua orang. Beragam penelitian di dunia menunjukan bahwa mendengarkan musik selain memberikan efek kesenangan, juga digadang-gadang memiliki efek kesehatan untuk tubuh baik secara fisik maupun mental. Utamanya bagi kesehatan otak.

BERIKUT BEBERAPA MANFAAT YANG PERLU DI KETAHUI BELAJAR SAMBIL MENDENGARKAN MUSIK :

1. MENURUNKAN TINGKAT STRESS.

  • Mendengarkan musik dapat membangun kesenangan seseorang sehingga dapat menurunkan tingkat stres secara signifikan. Banyak diantaranya yang melakukan kegiatan belajar sambil mendengarkan musik yang disenanginya. Efeknya suasana belajar menjadi senang dan belajarpun akan terasa mudah.

2. MEMBANGUN MOTIVASI.

  • Musik dapat membangun motivasi seseorang dengan menghargai diri sendiri dan menghargai apa yang disenanginya. Termasuk diantaranya memotivasi diri untuk dapat menguasai apa yang dipelajari baik dalam kehidupan sekolah ataupun kehidupan pribadinya.

3. MENINGKATKAN KREATIVITAS.

  • Musik tidak hanya memotivasi kita untuk dapat menerima informasi baru yang dipelajari, juga dapat meningkatkan kreativitas untuk menggapainya. Musik juga dapat membangun suasana hati yang baik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar secara positif. Hal ini dikarenakan musik akan membantu menstimulasi untuk mengoptimalkan kinerja otak sehingga anak yang suka mendengar musik sambil belajar akan cenderung lebih kreatif dalam berfikir dibandingkan anak-anak yang tidak suka mendengarkan musik.

4. MENINGKATKAN FOKUS DAN DAYA INGAT.

  • Menurut beberapa studi, musik khususnya musik klasik dapat membantu otak untuk menyerap dan menafsirkan informasi baru dengan lebih mudah. Relaksasi dari mendengarkan musik akan meningkatkan fokus dan memudahkan serta membantu otak untuk memproses penyerapan lebih banyak informasi.

REFERENSI

Aditia, Rahargian. 2012. Manfaat Musik Instrumental Tahun 2012 .

Armandita, Olifiani. (2014). Pengaruh pembelajaran lagu anak terhadap pemahaman tauhid siswa di TK Al-Barkah Bandung.Skripsi. Pendidikan Musik.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran.Bandung : Penerbit Alfabeta.

1 Like

Sebagai manusia dengan tipe belajar auditori, saya pribadi sangat suka belajar dengan mendengarkan musik. Musik sendiri bagi saya dapat menghilangkan distraksi yang tidak saya inginkan seperti omongan orang lain, suara hewan, toa masjid dsb. Maka dari itu, saya dapat mengucapkan dan bergumam kembali apa yang saya pelajari tanpa perlu mengganggu/terganggu oleh orang lain.

Belajar dengan musik juga terkadang menyenangkan karena ketika kita terkadang bosan, musik dapat mengembalikan semangat kita.terlebih apabila musiknya memiliki lyric yang sangat memotivasi seperti contoh lagu JRocks - Meraih Mimpi, JKT48 - Boku wa Gambaru, Gaho - Start Over dan masih banyak lagi.

1 Like

Menurut saya pribadi sebagai pendengar musik yang multigenre, mendengarkan musik disaat melakukan aktivitas sehari-hari memang merupakan suatu kewajiban, apalagi pada saat belajar dan mengerjakan tugas. Dengan mengerjakan tugas, mood saya akan terbangun karena suasana seakan-akan menjadi ramai karena adanya musik di telinga. Suasana tidak menjadi sepi dan hening. Namun, bergantung dengan aktivitas yang dilakukan, saya cenderung untuk lebih memilih genre lagu yang akan diputar. Misal untuk kegiatan yang butuh semangat besar, saya akan lebih memilih memutar musik rock. Untuk kegiatan belajar dan mengerjakan tugas, saya akan lebih memilih musik lo-fi dan chill untuk menenangkan pikiran apabila mulai stress. Jadi, saya setuju dengan mendengarkan musik sambil belajar itu menyenangkan dan bikin lebih produktif.

1 Like

tergantung subjek yang dipelajari apa. jika itu IPA, memerlukan konsentrasi tinggi dalam menghitung maupun memasukkan rumus terutama IPA SMA maka belajar tanpa musik sangatlah membantu. tapi, jika itu subjek yang lebih banyak membaca maka bisa menggunakan musik agar terasa lebih nyaman, lebih meresapi, atau terkadang juga mendapatkan inspirasi dari musik.
kebanyakan dari siswa menghapal menggunakan irama agar mudah diresapi, seperti menghapal tabel periodik kimia. itulah mengapa bagi sebagian orang belajar menggunakan musik terasa lebih menyenangkan.
tapi, tak jarang juga orang yang mendengarkan musik sambil belajar menjadi hilang kendali falling into the music sehingga melupakan belajarnya, lebih mengikuti lyrics musik, ataupun mengikuti dance dari music tersebut terutama music yang sedang trending ataupun grup favorit dan ini yang menjadi penghalang dalam belajar sehingga kebanyakan orang menjauhi hal-hal yang menghalang ini terutama mendekati ujian.
ada juga jurnal yang mengatakan bahwa belajar mendengarkan mozart akan meningkatkan kemampuan otak. aku pernah mengikuti salah satu bimbel dan ketika di kelas musik mozart diputarkan (mozart effect) dan ya aku tidak merasakan perubahan akan kemampuanku.

1 Like

Tipe belajar aku banget! Belajar sambil mendengarkan musik itu membangkitkan mood dan membuat tidak mengantuk. Apalagi kalau musik nya sesuai dengan mood yang kita rasakan, kalau aku pribadi biasanya antara lagu yang mellow atau lagu yang sedikit membangkitkan semangat tapi tidak sampai lagu rock gitu, wah berbeda genre banget ya? ikutin situasi hati aja hehe.Kadang ketika kita sedang pusing dengan materi yang kita pelajari, bisa istirahat sejenak sambil nyanyi-nyanyi lalu kembali semangat lagi dan tentunya tidak akan membuat ngantuk.

Dilansir dari University Health News, saraf-saraf otak itu akan menjadi lebih aktif saat kita sedang mendengarkan musik. Pasalnya, sinyal listrik tersebut secara bersamaan dapat merangsang hubungan antara kedua sisi otak (kiri dan kanan) dan mengaktifkan area otak yang terkait dengan proses emosional, kognitif, dan memori. Singkatnya, mendengarkan musik sambil belajar bisa memperbaiki suasana hati dan terkait dengan peningkatan kemampuan fungsi kognitif otak, terutama daya ingat.

1 Like

Dari saya sendiri merupakan orang yang tipe belajarnya dengan mendengarkan musik. Menurutku belajar dengan mendengarkan musik, memang benar dapat meningkatkan mood dan semangat belajar. Musik yang kudengarkan seringnya berbahasa asing karena tidak mengganggu konsentrasi. Setelah kubuktikan ke diri sendiri, menurutku belajar dengan mendengarkan musik, membuat lebih betah belajar dan ampuh mengatasi rasa bosan ataupun stress belajar. Walaupun tipe belajar menggunakan musik, pas belajar tanpa musik juga bisa saja. Yaa, menurutku tipe belajar setiap orang berbeda-beda, mulai kenali diri kita dengan nyaman dan efektif tipe belajar yang seperti apa, tidak harus dengan mendengarkan musik. Namun, opsi belajar dengan mendengarkan musik menurutku cukup bagus.

1 Like

Aku pribadi senang sekali mendengarkan musik termasuk saat sedang belajar. Tapi, tidak disetiap kegiatan belajar yang aku lakukan sambil mendengarkan musik, kadang musik menjadi pemecah konsentrasiku saat belajar di sebagian mata kuliah. Seperti contohnya mata kuliah perhitungan atau hapalan, yang membutuhkan konsentrasi penuh saat belajar. Pada mata kuliah tersebut musik menjadi distraksi aku dalam proses belajar.

Diluar mata kuliah tersebut, musik menjadi temanku dalam mengerjakan tugas atau hanya baca-baca materi saja. Selain dapat meningkatkan mood, mendengarkan musik saat mengerjakan tugas juga dapat memecah keheningan. Terlebih kalau belajarnya dirumah sendirian, musik bisa jadi teman saat suasana sepi/ hening yang kadang mencekam hehe

1 Like

Aku juga selalu dengerin musik setiap belajar. Menurut aku, dengan belajar sambil dengerin musik aku jadi lebih fokus lagi dan rasanya gak terlalu sepi gitu. Tapi aku juga pilih-pilih banget, musik yang aku dengerin pas belajar bukan musik yang “berisik” karena yang ada aku malah hilang konsentrasi. Biasanya aku ke youtube dan dengerin playlist lofi hip hop karena musiknya slow dan bikin nyantai banget hehe, cocok banget buat jadi temen belajar!

1 Like

Memang menyenangkan sih, tapi kan tipikal belajar setiap orang pasti berbeda nih. Kalo aku lebih suka belajar dalam keadaan yang sunyi, senyap sehingga konsentrasi bisa mencapai level maksimal. Ya sebenernya suka suka juga sih belajar atau membaca sambil diiringi suara suara, bukan musik sih tapi lebih ke instrumental, seperti gemericik aliran sungai, sapuan angin sepoi sepoi, dan instrumen alam lainnya. Rasanya bikin adem aja. Tapi juga suka musik instrumen seperti violin, piano, akustik, dll. Ya intinya yang kalem kalem, yang menenangkan, yang mendukung suasana sunyi saat belajar.

1 Like

musik memang asik, tapi kalau aku pribadi mengerjakan tugas/hal yang santai perlu banget musik didalamnya, namun jika tugas itu berat atau butuh konsentrasi khusus aku tidak sambil mendengarkan musik karena itu termasuk distraksi bagiku hehe.

1 Like