Bekas patahan gigi ternyata masih berguna, benarkah?

gigi-patah-masih-berguna-jangan-dibuang-alodokter

Gigi patah bisa saja terjadi tiba-tiba jika kita terjatuh, berkelahi, mengalami kecelakaan, terbentur benda keras, atau menggigit es batu. Tapi taukah kamu kalau ternyata gigi patah masih berguna? kira-kira buat apa ya?

Gigi patah bisa saja terjadi tiba-tiba jika kita terjatuh, berkelahi, mengalami kecelakaan, terbentur benda keras, atau menggigit es batu.
Untungnya, gigi permanen alias gigi dewasa yang patah terkadang bisa ditempel kembali seperti sedia kala. Nah, kalau tiba-tiba gigi kamu patah, jangan langsung membuang patahan gigi. Simpan bagian yang patah tersebut dan bawa ke dokter gigi terdekat secepat mungkin. Semakin lama didiamkan, semakin susah bagi dokter gigi untuk memperbaiki gigi patah kamu.

Tapi, jika kamu tidak bisa menemukan patahan gigi, jangan khawatir. Dokter gigi bisa membuat gigi palsu dengan menggunakan bahan yang warnanya sama dengan gigi asli kamu. Jika bagian belakang gigi juga ikut patah atau rusak, dokter mungkin akan menyarankan kamu untuk memperbaiki gigi dengan filling atau crown. Namun, jika gigi yang patah ternyata rusak parah dan bahkan sampai sarafnya terlihat, kemungkinan dokter gigi akan menyarankan perawatan saluran akar atau root canal.

Kalau kamu tidak ingin sampai mengalami gigi patah, hindari berbagai faktor yang meningkatkan risiko kamu mengalaminya seperti perkelahian, tidak mengonsumsi makanan yang keras, dan selalu mengenakan sabuk pengaman ketika berkendara. Jika kamu suka olahraga yang berisiko terkena pukulan di mulut, disarankan untuk memakai pelindung mulut atau mouthguard yang dibuat oleh dokter gigi untuk melindungi gigi kamu.

Oh iya, jika kamu tidak bisa mengatupkan gigi atas dan bawah secara bersama-sama hingga menutup, itu bisa jadi karena rahang kamu terluka atau patah ketika terbentur benda keras. Segera pergi ke dokter gigi atau datangi unti gawat darurat di rumah sakit terdekat secepatnya. Semakin cepat gigi patah ditangani, semakin cepat pula kamu mendapatkan perawatan yang tepat dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.