Beberapa Tindakan yang Bisa Diberikan Saat Perawatan Pasien Stroke di Rumah

Apabila ada salah satu anggota keluarga yang menderita stroke, tidak heran bila anggota keluarga yang lain ikut panik dan khawatir. Hal ini bukan tanpa alasan. Stroke adalah salah satu penyakit yang cukup membahayakan bagi kesehatan manusia. Dan akibat yang paling yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah bisa terjadi kematian. Apabila ada anggota keluarga yang terkena stroke dan baru pulang dari rumah sakit, mau tidak mau tindakan selanjutnya yang bisa dilakukan untuk proses penyembuhannya adalah dengan melakukan perawatan pasien stroke di rumah.

Kita tahu bahwa saat ini biaya rumah sakit bukan perkara yang murah. Apalagi untuk penyakit yang parah seperti stroke, maka biaya perawatan yang harus diberikan juga sangat tinggi. Secara umum stroke memang banyak diderita oleh orang yang sudah berusia lanjut. Di Indonesia sendiri, kasus kematian yang diakibatkan oleh penyakit stroke bisa dikatakan cukup tinggi dan selalu mengalami peningkatan setiap tahunya.

Saat baru pulang dari rumah sakit dari perawatan penyakit stroke, masih banyak sebagian besar masyarakat Indonesia yang tahu langkah dan tindakan yang tepat dalam memberikan perawatan pasien stroke di rumah. Oleh karena itu, di bawah ini adalah beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk memberikan terapi stroke di rumah pada orang yang menderita penyakit stroke:

1. Rajin Membersihkan Pasien dan Tempat Istirahatnya
Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah untuk memberikan perawatan pada orang yang sakit stroke di rumah adalah dengan rajin membersihkan pasien serta tempat yang digunakan untuk istirahat atau tempat tidurnya. Kita tahu bahwa orang yang menderita stroke tidak bisa menggerakkan tubuhnya dengan baik. Apalagi jika stroke yang diderita parah malah tidak bisa menggerakkan tubuhnya sama sekali. Oleh karena itu untuk menjamin kebersihan diri dan tempat tidurnya supaya tidak bau dan tetap sehat rajinlah untuk membersihkannya.

2. Berikan Pendampingan
Langkah Kedua yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pendampingan. Pemberian pendampingan ini bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan diri pasien supaya punya semangat untuk sembuh dan bisa lancar dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Apabila dibiarkan sendirian dan tidak mendapatkan pendampingan. Kondisi ini nantinya akan membuat pasien merasa jenuh dan bosan. Dengan kondisi seperti itu, akan membuat pasien stres dan membuatnya akan lebih susah untuk segera sembuh dan bisa beraktivitas lagi.

3. Berikan Bantuan Gerak / Fisioterapi
Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memberikan perawatan pada penderita penyakit stroke di rumah adalah dengan membantu pasien untuk lebih aktif bergerak. Apabila dirasa kurang begitu nyaman dan tidak terbiasa. Maka untuk membuat pasien menggerakkan tubuhnya Anda bisa menggunakan bantuan fisioterapi stroke yang bisa Anda dapatkan dengan mudah saat ini . Anda bisa memilih layanan fisioterapi yang bisa datang ke rumah.

Di atas adalah beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk memberikan perawatan pasien stroke di rumah. Salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan di rumah untuk memberikan perawatan pada pasien stroke adalah dengan memberinya terapi khusus yang sesuai dengan kondisinya. Salah satu tindakan terbaik untuk memilih fisioterapi adalah dengan menggunakan aido. Jadi aido adalah salah satu layanan kesehatan online terbaik. Anda bisa mendapatkan layanan home care. Mulai dari dokter sampai dengan tindakan fisioterapi. Di aido layanan kesehatan yang diberikan sangat maksimal, jadi pasien bisa fokus dengan terapi untuk proses penyembuhannya.

Lihat lebih detail mengenai layanan ini via https://aido.id/health-articles/layanan-jasa-perawat-terapi-stroke-jakarta/detail