Bayu Santoso, pelukis muda Indonesia

Bayu Santoso, merupakan seniman muda Indonesia yang memiliki talenta serta ragam karya yang telah diakui industri kreatif internasional. Bagaimana karya lukisan yang diciptakan pemuda ini?

Awalnya, pemuda kelahiran 16 September itu hanya iseng-iseng saja mengikuti kontes internasional tersebut. Bayu mengambil wajah harimau sebagai unsur utama desainnya, lalu memasukkan kombinasi ornamen barat dan ornamen tradisional batik. Untuk penyempurnaannya ia kombinasikan kembali dengan warna putih, cokelat, dan abu-abu. Jadilah desain grafis karya pemuda berusia 20-an tahun itu memukau juri kontes.

Di tahun yang sama pula, ia memenangi kontes pembuatan poster yang diadakan musisi Billy Joel. Karyanya tersebut kemudian dipasang di laman situs fans milik mereka.

Mengutip dari wawancaranya dengan VOA Indonesia, Bayu Santoso berpesan agar pemuda Indonesia jangan sia-siakan kesempatan yang datang di depan mata. “Kalau ada kesempatan, jangan ditutup. Coba aja dulu. Nggak usah berpikir menang atau kalah. Yang penting kita sudah memberi yang terbaik. Karena kita juga tidak tahu hasilnya juga. Jadi coba saja – hajar semua yang ada di depan,” papar pemilik brand fashion Gale itu singkat.