Bayangan pasukan misterius di Benteng Frangokastello, Yunani

Konon pada waktu tertentu, terdapat bayangan orang/pasukan yang sedang jalan kaki sambil membawa senjata dan sesuatu yang mirip kuda pergi berjalan dari biara Aglos Charalambos menuju Benteng Frangokastello. Menurut cerita warga sekitar, bayangan tersebut adalah bayangan dari pasukan yang meninggal akibat pembantaian zaman dahulu. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai tempat ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, Kisah ini bermula pada 1828, ketika rakyat Kreta bermaksud menggulingkan kekuasaan Turki.

Sebanyak 600 orang laki-laki dari Epirus datang membantu Revolusi Kreta. Pada Mei 1828, mereka mengunci diri di dalam Frangokastello dan menolak saran warga Kreta, bahwa lokasi itu bukan tempat yang aman. Di luar benteng, 8.000 tentang Turki siap menggempur mereka.

Setelah sepekan, pada 17 Mei 1828, tentara Turki berhasil memasuki benteng dan 335 orang pejuang Yunani tewas pada penyerangan tersebut. Bahkan mayat para pejuang tersebut tidak dikubur dengan layak hingga datang angin besar membawa pasir yang menutupi mayat-mayat tersebut. Mitos setempat mengisahkan, setiap bulan Mei, roh para pejuang yang mati itu bangkit dari dalam pasir dan berjalan menuju laut.

Ini terjadi setiap pagi di bulan Mei, sekitar 10 menit setelah matahari terbit. Karena roh-roh tersebut muncul di pagi hari mereka disebut Dew Men yang berarti laki-laki kabut atau Drossoulites dalam bahasa Yunani. Serem ya…

Referensi: http://eropa.panduanwisata.id