Barry Lam, an IT-man Who Loves Art

Profil


Lahir : 24 April 1949 (67 Tahun), Shanghai, RRC
Tempat Tinggal : Taipei, Taiwan
Pekerjaan : Bisnisman, Pendiri dan Pemimpin dari Quanta Computer Inc
Kekayaan Bersih : 3,5 Triliun USD (2016) - Forbes
Kewarganegaraan : RRC
Status : Menikah
Pasangan : He Sha
Pendidikan : National Taiwan University - Electric Engineering (Sarjana dan Magister)
Afiliasi Lainnya :

  • Fubon Financial Holding Co., Ltd.
  • United Investments
  • National Taiwan University
  • Quanta Display, Inc.
    Peringkat pada Forbes :
  • #58 orang terkaya di bidang Teknologi
  • #10 dari 50 orang terkaya di Taiwan
  • #549 terkaya dari seluruh milyuner yang ada

Riwayat Hidup


Barry Lam lahir di Shanghai, RRC pada tahun 1949, memiliki nama China Lín Bǎilǐ. Setelah itu Lam pindah ke Kota Taipei, Taiwan karena Lam melanjutkan studinya di National Taiwan University, mengambil sarjana dan master di bidang Electrical Engineering.

Riwayat Karir


Pada tahun 1973, dia dan temannya mendirikan Kinpo Electronics, sebuah perusahaan pembuat kalkulator, dan menjadikan Lam sebagai presidennya, yang kemudian membawa Kinpo Electronics sebagai salah satu perusahaan terbesar di bidang pembuatan kalkulator.

Di akhir 1980an, Lam berspekulasi bahwa laptop dan komputer akan menjadi produk yang akan memimpin di era selanjutnya, oleh karena itu, Lam keluar dari Kinpo dan mendirikan Quanta Computer di 1988. Lam mendirikan Quanta Computer dengan bantuan dari teman kuliahnya yang bernama C. C. Leung, sebanyak kurang dari 900.000 USD. Pada 2007, Lam berhasil membalikkannya sebesar 777 Miliar TWD (New Taiwan Dollar), atau 23,7 miliar USD.

Barry Lam adalah salah satu yang berada didepan dalam bidang Teknologi. Lam adalah seorang yang memiliki suatu kombinasi yang sangat baik yaitu Lam memiliki bakat di electrical engineering,lalu Lam juga selalu berpikir inovasi, dan Lam memiliki kemampuan kewirausahaannya baik. Lam membawa Quanta menjadi salah satu perusahaan hi-tech terbaik dan terbesar didunia. Pada tahun 2006, Quanta menjadi salah satu dari 500 perusahaan yang paling berpengaruh didunia. Lalu pada tahun 2007, Forbes menempatkan Quanta diperingkat 15 sedunia dalam hal perusahaan komputer paling berpengaruh, dan menjadi peringkat terbaik yang pernah diraih perusahaan di Taiwan.

Quanta mendesain dan membuat produk untuk banyak perusahaan, diantaranya Apple Inc., Compaq, Dell, Gateway, BlackBerry Ltd., Hewlett-Packard, Alienware, Cisco, Fujitsu, Gericom, Lenovo, LG, Maxdata, MPC, Sharp Corporation, Siemens AG, Sony, Sun Microsystems, and Toshiba. Quanta juga memiliki produk lain, yaitu server, storage dan liquid-crystal display terminals.

Quanta memiliki langkah-langkah, yaitu design capability dan outstanding supply-chain management yang memastikan bahwa customer mendapatkan banyak keuntungan, dan hubungan jangka panjang dengan Quanta.

Quanta juga memiliki departemen riset, yaitu Quanta Research and Development Center yang berkantor pusat di Taiwan. Departemen ini telah melakukan banyak kerjasama dibidang teknologi dengan banyak institusi, diantaranya MIT, National Taiwan University dan Academia Sinica untuk mengembangkan produk-produknya.

Pelindung Kesenian dan Seorang Dermawan


Barry Lam adalah salah satu yang terdepan selain dalam hal IT, juga dalam hal perlindungan akan seni. Ia memiliki banyak koleksi seni. Ia juga menjadi salah satu sponsor dari Museum Zhang Daqian.

Lam adalah pemimpin dari Advisory Committee dari National Palace Museum, yang merupakan salah satu museum terdepan di dunia.

Lam juga adalah pemimpin dari Contemporary Art Foundation yang mengatur MoCA Taipei. memiliki misi untuk mengenalkan kepada dunia tentang bentuk-bentuk diverse creative art dari Taiwan, Asia, dan dunia.

Lam juga adalah Direktur dari grup teater Cloud Gate Dance, sebuah grup tari modern taiwan, yang pernah tampil di Guggenheim Museum di New York, dan seringkali tampil berkeliling di Eropa.

Lam juga adalah Quanta Cultural and Educational foundation yang mempromosikan budaya, seni dan pendidikan di Taiwan. Terdapat juga sebuah program educational exhibitions and programs untuk sekolah secara gratis.

Lam juga adalah ketua dari Dwen An Social Welfare Foundation, yang merupakan organisasi sosial yang dananya berasal dari para pebisnis yang ada di Taiwan.

Penghargaan


  • 2012, Honorary Doctorate, National Tsing Hua University
  • 2007, Honorary Doctorate, National Taiwan University
  • 2005, Honorary Degree: Doctor of Technology, The Hong Kong Polytechnic University
  • 2006, Second Class Bright Star Medal’ Taiwan Government
  • 2002 and 2006, Wen Hsin Silver Award for outstanding promotion of social education, Council of Cultural Affairs, Taiwan
  • 2005, Entrepreneur of the Year, Ernst and Young
  • 2002, One of ‘25 Managers of the Year’, Business Week Magazine
  • 1999 and 2001, One of ‘The Stars of Asia’, Business Week Magazine

Fakta-fakta


  1. Lam memulai bisnisnya dengan bermodalkan uang sebesar 900.000 USD yang ia pinjam dari teman kuliahnya, dan telah berbalik menjadi 23,7 milyar USD pada tahun 2007.
  2. Ayahnya adalah seorang akuntan pada sebuah klub di Hongkong.
  3. Lam adalah seorang yang memiliki suatu kombinasi yang sangat mendukung karirnya, Lam memiliki bakat di electrical engineering,lalu Lam juga selalu berpikir inovasi, dan Lam memiliki kemampuan kewirausahaannya baik.
  4. Lam pertama kali mendirikan perusahaan adalah perusahaan Kinpo Electronics.
  5. Produk pertama Lam ialah sebuah kalkulator.
  6. Lam dengan Quanta Computer Inc memiliki lebih dari 30.000 pekerja, dimana sekitar 3500 diantaranya adalah engineer.
  7. Lam dengan Quanta Research and Development Center pernah menjalani sebuah riset bersama MIT demi menciptakan generasi selanjutnya dari platform untuk menghitung (computing) dan komunikasi (communication).
  8. Lam adalah seorang yang sangat memperhatikan dan melindungi kesenian.
  9. Lam adalah seorang yang dermawan.

Quotes


High tech is for a short time. But art is forever. People still admire a Picasso or a Van Gogh. But they don’t admire the steam locomotive anymore. Barry Lam

The laptop computer is a workhorse. The tablet is just a display. Barry Lam

I like to see people enjoy using my product. This is the mission of an engineer. Barry Lam

I’m still a small shrimp, not a dragon. Barry Lam

The chef can be very innovative, but the decision is made by the customer. Barry Lam

The market is so competitive. There are so many products that are similar. So we are forced to invest in innovative research in new products that are one or two years ahead of the market. Barry Lam

[details=Reference]- https://en.wikipedia.org/wiki/Barry_Lam