Barang Bawaan Wajib saat Kemping

Pakaian ganti

Walau berkemah di alam bebas, bukan berarti kamu tidak membutuhkan pakaian ganti. Minimal kamu bisa membawa tiga set baju.

Satu set dipakai selama kegiatan, satu set saat kamu tidur, dan satu set cadangan setelah kehujanan atau kotor banget. Tidak ada larangan membawa lebih dari itu, tapi perlu kamu ingat kapasitas barang bawaanmu

Jaket atau sweater

Menghadapi suhu dingin, alangkah baiknya kamu membawa jaket atau sweater. Untuk suhu yang esktrem, kamu bisa menggunakan bahan polar di dalamnya.

Bahan ini mampu menghangatkanmu di malam hari, tapi terasa sangat panas di siang hari. Kamu bisa mengatasinya dengan membawa dua buah jaket. Untuk siang hari, kamu bisa menggunakan jaket berbahan polyester. Jangan lupakan kupluk dan masker sebagai penghangat tambahan.

Lebih praktisnya, kamu bisa menggunakan jaket berbahan Gore-Tex. Gore-Tex adalah bahan yang tahan air dan angin sekaligus. Jaket ini pun mampu membuat keringat dan panas tubuh untuk keluar dari dalam.

Perlengkapan pribadi

Kamu harus benar-benar bersiap untuk hal terburuk, karena tujuan utama liburan adalah bisa pulang dengan selamat. Bawalah obat pribadimu seperti maag, demam, pusing, diare, masuk angin, dan semacamnya.

Alat mandi pun harus kamu siapkan. Meski terkadang tidak ada fasilitas yang memadai, tapi kamu perlu menjaga kebersihan diri. Senter atau headlamp pun penting untuk digunakan malam hari, pastikan membawa ekstra baterai.

Peralatan makan, Peralatan makan ini wajib dibawa saat berkemah. Kamu cukup membawa satu set saja, piring, gelas, sendok, atau garpu. Pilihlah bahan yang aman untuk berkemah. Kamu bisa menggunakan bahan plastik sebagai pilihan alternatifnya. Jangan membawa barang pecah belah ya.

image