Banyak Kompetitor Bermunculan, WeFunder Kalah Bersaing?


(Vicky Nur Ardianto) #1

WeFunder adalah suatu layanan crowdfunding yang menghubungkan antara startups dengan investor online. Ini merupakan suatu terobosan bagus dalam hal kolaborasi. Namun sayangnya, ada beberapa hal yang menyebabkan WeFunder tak lagi diprioritaskan. Alasan tersebut diperkuat dari salah satu testimonial pengguna dari situs NerdWallet. Menurut Al Kaufman pada situs tersebut, ada beberapa hal yang masih membuat bingung para pengguna, salah satunya terkait dengan regulasi investasi. Berinvestasi di dunia maya tentu akan berbeda dengan berinvestasi bertatap muka. Dalam hal ini, para investor tampak berjuang sendiri dalam segala hal. Tak ada regulasi yang disediakan oleh WeFunder. Beberapa pertanyaan muncul dalam komentar Al Kaufman, salah satunya adalah mengenai jaminan apa yang didapat untuk menghadapi kecurangan client. Menurut Al Kaufman, pertanyaan-pertanyaan seperti ini perlu ditangani secara transparan oleh WeFunder dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Sehingga para pengguna (investor dan startup founder) bisa menikmati layanan yang lebih baik lagi.


(Danny Esfarditya) #2

Saya ingin menambahkan perihal kegagalan dari WeFunder. Menurut data yang saya lihat di crunchbase , disitu dapat kita lihat bahwa hanya sedikit investor yang tertarik untuk bergabung dan menggunakan WeFunder. Peningkatannya pun tidak stabil, sempat mengalami kenaikan pada November 2012 ke April 2014, dan pada April 2014 ke Juni 2014, namun pada Juni 2014 ke Desember 2016 mengalami penurunan, itu pun dengan waktu cukup lama yaitu kurang lebih 2 tahun. Hal ini yang menurut saya menjadikan WeFunder termasuk web yang kurang sukses.


(Simson Hasian Pangaribuan) #3

Saya ingin menyanggah topik diatas yang mengatakan WeFunder kalah bersaing. Menurut data yang saya dapat dari artikel JD Alois pada tanggal 4 Desember 2016 mengatakan hal yang bertentangan dengan topik ini.

Dari artikel Crowdfund-Insider tersebut dapat diambil informasi bahwa:

“Over the first six months of Regulation Crowdfunding, Wefunder is the largest funding portal by every measure. We’ve over 6X our nearest competitor, and between 74% to 80% market share on all important metrics.”

Bahkan saya juga menemukan artikel berbeda yang mengatakan bahwa Wefunder sudah berkembang dan bahkan berencana semakin bertumbuh di tahun 2017.

Dan dari artikel JD Alois pada tanggal 19 Januari 2017 dapat diambil informasi bahwa:

Wefunder has accomplished in less than a year:

  • Out of $19.6 million raised under Reg CF, Wefunder has raised 65% ($12.7 million)
  • Out of 74 successful funding rounds on all platforms, Wefunder has closed 61% (45)
  • Wefunder has accepted 15,193 individual investments or 65% of the total number
  • Four issuers have raised the max amount allowable under Reg CF of $1 million, three of these campaigns raised money on Wefunder

Mungkin teman-teman yang lain mempunyai data yang mengataan weFunder kalah bersaing. Terimakasih.


(Andry Lesmana) #4

Saya masih ragu jika WeFounder dikatakan kalah bersaing , karena yang tertulis dalam artikel Linkedin mengatakan bahwa sejak tahun terakhir 2016 terdapat grafik yang mengatakan jumlah pengunjung serta investasi bisa dikatakan cukup banysk dibanding denga beberapa website penghubung investor.


(Himawat Aryadita) #5

Banyak perusahaan IT dibidang crowdfunding yang “sukses” saat ini, misalnya kickstarter dan startengine.

Kalau melihat data total biaya investasi yang ada terkait WeFunder, maka bisa dikatakan bahwa WeFunder cukup “sukses” di bidangnya.

Pertanyaanya mendasarnya adalah, mengapa mereka bisa mencapai “sukses” seperti itu? Apa rahasianya ?

Apa yang membedakan WeFunder dengan produk-produk sejenis ? misalnya Kickstarter atau Startengine.

Mengapa para investor mau berinvestasi di perusahaan startup “melalui” WeFunder ? Apakah tidak lebih baik berinvestasi langsung ?

Mengapa para perusahaan startup mau mencari investor melalui WeFunder ? Kenapa tidak mencari secara langsung atau melalui perusahaan lainnya, misalnya Kickstarter atau Startengine.

Bagaimana bisnis proses dan model bisnis yang ada di We Funder.

Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya, untuk bisa menjawab apakah WeFunder kalah bersaing dengan kompetitornya.


(Muhammad Jauhar Fuadi) #6

Pada artikel ini disebutkan beberapa perbandingan kelebihan antara platform WeFunder, Kicstarter dan IndeGoGo. WeFunder memang difokuskan untuk investasi antara investor dan startup, bukan platform pendanaan. Di WeFunder, investor dapat dengan tepat memilih startup mana yang akan ingin diinvestasi. Bahkan investor yang tidak memiliki akreditasi antara 5 - 10% dari pendapatan mereka.

Sedangkan Kickstarter jauh lebih luas jangkauannya, tidak hanya pendanaan pada startup, namun juga kampanye sosisal. Platform ini memiliki kelebihan untuk memberi imbalan bagi yang membutuhkan dana, tergantung seberapa banyak pendukung yang mendanai proyek mereka.

Berbeda dengan IndeGoGo, platform ini menawarkan dana fleksibel kampanye, yang berarti bahwa proyek masih mendapatkan uang bahkan jika mereka tidak mencapai tujuan yang mereka dimaksudkan. IndieGoGo memiliki sistem imbalan yang mirip dengan Kickstarter juga.


(Simson Hasian Pangaribuan) #7

Data yang saya dapat dari artikel Crowdfund-Insider-1 dan Crowdfund-Insider-2 semakin mendukung bahwa WeFunder cukup “sukses” di bidangnya. WeFunder telah mengumumkan bahwa mereka telah menjadi Public Benefit Corporation (PBC). WeFunder membuat kebijakan untuk membantu membangkitkan startup kelas menengah ke bawah dan mematahkan monopoli orang kaya.

Data ini juga menjawab pertanyaan pada artikel diatas. Alasan para investor mau berinvestasi di perusahaan “melalui” WeFunder adalah karena kebijakan WeFunder dapat menyeimbangkan perlindungan investor sambil memberikan sebuah ekosistem yang efisien dan efektif untuk mendanai perusahaan.

WeFunder telah menghabiskan empat tahun terakhir ini untuk membuat struktur hukum yang benar dan kuat. Hal ini yang membuat investor percaya berinvestasi pada WeFunder, karena kekuatan dari kerjasama adalah kepercayaan.


(Vicky Nur Ardianto) #8

WEBSITE PENGGALANGAN DANA TERBAIK TAHUN 2016

Menanggapi pernyataan di atas yang menyebutkan bahwa WeFunder kalah bersaing dengan kompetitornya agaknya salah. Hal ini diperkuat oleh data pada situs Space Technologies yang mengatakan bahwa WeFunder merupakan 1 dari 5 website penggalangan dana terbaik tahun 2016. Pada situs Space Technologies disebutkan juga beberapa kompetitor WeFunder yang menemani sebagai peraih website terbaik tahun 2016 pada bidangnya, diantaranya Kickstarter, Seedinvest, Quirky, dan CrowdFunder.

Lalu, apa itu website penggalangan dana (crowdfunding)? Pada situs yang sama dijelaskan bahwa website tersebut merupakan suatu mediator atau metode dalam meningkatkan modal melalui upaya kolektif dari teman-teman, pelanggan, anggota keluarga dan investor individu. Metode ini sangat bermanfaat bagi para pengusaha dan perusahaan pengembangan aplikasi mobile dan startups.

Bagaimana website penggalangan dana (crowdfunding) itu bekerja? Untuk pengusaha dan pengembang, website semacam ini telah menciptakan kesempatan untuk meningkatkan ratusan & ribuan dollar dari siapa pun untuk berinvestasi. Ada berbagai website sejenis, diantaranya Indiegogo dan Kickstarter yang menarik berbagai orang agar berinvestasi dalam proyek besar mereka selanjutnya. Tahun lalu, lebih dari 80.000 orang memasang lebih dari $20 juta pada Kickstarter pada sebuah perusahaan yang mengembangkan alternatif smartwatch ke Apple Watch.

Kembali ke pernyataan awal terkait WeFunder, website tersebut merupakan penghubung antara startups dengan investor secara online. Website ini biasa disebut sebagai platform yang membantu investor untuk membeli saham paling sedikit $100 di seluruh negeri. Selain itu, mereka juga membantu pendiri dalam penggalangan dana dari berbagai pengguna yang bertujuan sebagai umpan balik produk, pemasaran dan koneksi bisnis.

Didirikan pada 2010 oleh MIT Sloan School of Management, perusahaan tersebut mengklaim pada sejumlah investasi. Pada situs resminya, telah tertulis bahwa ia memiliki 9287 penyandang dana, yang berjanji untuk berinvestasi $25.989.550 di startups. Sejak 2013, lebih dari $16 juta telah diinvestasikan pada WeFunder dan sejak itu, portofolio perusahaan telah mengumpulkan lebih dari $600 juta di modal ventura.