Bak Dongeng, 3 Kastil Ini Wajib Kamu Kunjungi Jika Berlibur ke Perancis

Château de Chambord

Kastil atau yang dalam bahasa Perancis dijuluki Chateau, merupakan bangunan-bangunan megah yang zaman dahulu biasa ditempati oleh bangsawan-bangsawan atau anggota kerajaan dan tersebar di penjuru negeri. Ada puluhan chateau yang tersebar di penjuru Prancis, tapi salah satu yang paling terkenal dan gak boleh dilewatkan adalah Château de Chambord yang terletak di Loire Valley atau lembah Loire yang merupakan lokasi tempat banyak kastil berada.

Kastil ini dibangun oleh perintah raja François I sebagai tempat peristirahatan saat tengah pergi berburu mengingat lokasinya yang dulunya dikelilingi oleh hutan dan rawa. Desain dari kastil megah ini sendiri merupakan karya dari seniman ternama Leonardo Da Vinci bersama dengan arsitek Domenico da Cortona asal Italia. Kabarnya, kastil Chambord ini menjadi inspirasi bagi kastil di kisah dongeng ‘Beauty and The Beast’ lho.

Château de Chenonceau

Yang berikutnya ada Château de Chenonceau yang masih terletak di wilayah Loire valley. Kastil satu ini tergolong sangat unik karena dibangun diatas sungai cher dan berada di desa kecil Chenonceau. Kastil ini juga memiliki julukan lainnya yang populer yaitu "The ladies chateau” atau kastilnya para wanita karena yang menempati dan memimpin segala hal di kastil ini dulunya berganti-ganti dari satu lady ke lady yang lain selama beberapa abad.

Didalam kastil kalian bakal melihat berbagai benda-benda peninggalan sejarah, kamar tidur mewah, hingga tempat perapian khas zaman renaissence.

Château d’Amboise

Château d’Amboise juga berada di wilayah Loire valley. Ukurannya mungkin tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan kastil Chambord, tapi kastil satu ini tetap memiliki pesonanya sendiri dan menyimpan banyak sejarah dari masa lalu.

Letaknya menghadap ke sungai Loire yang indah yang dapat dilihat dari atas. Kabarnya, kastil satu ini merupakan favorit para anggota kerajaan pada masa tersebut dan bahkan menjadi tempat peristirahatan terakhir seniman termasyur di dunia, Leonardo Da Vinci yang dimakamkan disini.

Château de Cheverny

letaknya hanya sekitar 18 kilometer dari kastil Chambord. Saat mendengar nama Cheverny, kalian berasa familiar gak sih?

Kalu kalian adalah penggemar komik petualangan Tintin, kalian pasti pernah deh mendengar kastil satu ini yang dalam kisah komik detektif tersebut, menjadi kediaman kapten Haddock yang diubah namanya menjadi Marlinspike Hall. Di area chateau ini kalian juga bisa melihat tempat pameran yang disediakan khusus untuk komik Tintin lho.