Baiknya makan nasi atau roti selama bulan ramadhan?

Baiknya makan nasi atau roti selama bulan ramadhan ?

Baiknya makan nasi atau roti selama bulan ramadhan?

Jika bicara kesehatan tubuh, lebih baik roti atau nasi, ya? Apalagi makanan tersebut dimakan saat sahur yang mana akan menentukan seberapa banyak energi yang terkumpul di tubuh. Energi itu yang juga akhirnya menentukan lemas atau tidaknya badan Anda selama menjalankan puasa.

Dilansir dari Healthy Eating, berikut paparan mengenai dua makanan pokok tersebut.

  1. Nutrisi

Jika Anda sedang mencoba membatasi kalori atau karbohidrat, roti gandum bisa jadi pilihan yang lebih baik daripada nasi. Dalam setengah cangkir nasi merah mengandung 108 kalori, protein 2,5 gram, 0,8 gram lemak, dan 22,4 gram karbohidrat. Sementara satu irisan roti gandum utuh memiliki 69 kalori, 3,6 gram protein, 0,9 gram lemak, dan 11,6 gram karbohidrat.

  1. Serat

Roti gandum menjadi pilihan yang baik. Sebab, dalam satu porsi setengah cangkir asupan nasi merah memberi 1,8 gram serat, sedangkan sepotong roti gandum utuh mengandung 1,9 gram. Perlu diketahui, beberapa manfaat serat antara lain membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda, mengurangi risiko penyakit jantung, dan membantu menjaga berat badan. Sedikit informasi, perempuan membutuhkan 25 gram serat per hari dan pria membutuhkan serat sebanyak 38 gram per hari.

  1. Vitamin

Baik roti maupun nasi mengandung sangat tinggi vitamin. Namun, sajian nasi putih setengah cangkir menyediakan 77 mikrogram folat atau 19 persen dari nilai harian. Tetapi, satu irisan roti putih mengandung 43 mikrogram atau 11 persen dari DV.

  1. Mineral

Beras merah mengandung mineral paling banyak dari pada roti. Itu karena nasi merah mengandung 42 miligram magnesium atau 11 persen dari DV, serta sejumlah kecil mineral penting lainnya. Magnesium tersebut baik untuk memperkuat tulang, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan membuat jantung tetap berdetak teratur.