Bahaya Minuman Bersoda

Minuman bersoda saat ini sudah menjadi sesuatu yang umum dikonsumsi. Baik di supermarket, restoran, ataupun di rumah kita dapat dengan mudah mendapatkan minuman bersoda ini.

Walau begitu karena sifat dan komposisinya, minuman bersoda dapat membuat orang mengkonsumsinya secara berlebihan dan kita tahu bagaimana sesuatu yang berlebihan berbahaya bagi manusia.

Berikut adalah bahaya-bahaya dari minuman bersoda:

  • Mengalami Obesitas dan Diabetes
    Minuman soda dapat menjadi minuman diet adalah mitos yang sering kita dengar. Hal ini tentunya tidak benar karena minuman soda mengandung kadar gula 200 hingga 600 kali lipat lebih banyak dari kadar normal.

    Mengonsumsi gula sebanyak itu secara reguler dapat membuat penumpukan lemak dalam tubuh tiga kali lipat lebih cepat dibandingkan normal. Tubuh manusia memerlukan waktu untuk memproses lemak-lemak ini dan adanya penambahan ini berbahaya bagi tubuh terlebih mereka yang jarang olahraga. Penumpukan lemak ini juga dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami diabetes

  • Kekurangan Vitamin
    Minuman bersoda memiliki kandungan asam fosfat yang dapat menggangu kadar kalsium dalam tubuh. Soda juga dapat mempengaruhi penyerapan vitamin D dari makanan dan minuman yang kita konsumsi.

    Hal ini kemudian dapat mengundang berbagai penyakit seperti hipertensi dan osteoporosis jika dikonsumsi secara berlebihan.

  • Kerusakan Gigi
    Kadar gula dan fruktosa yang tinggi dalam minuman bersoda dapat menyebabkan gigi kita berlubang. Karena sifat asamnya yang tinggi enamel gigi dapat terkikis secara perlahan jika kita mengonsumsi minuman bersoda.

  • Mengganggu Kesehatan Paru-Paru
    Dalam studi yang dilakukan di Australia, ditemukan relasi antara penderita asma dengan konsumsi minuman bersoda. Dari 900 partisipan yang ikut dalam test ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi minuman soda lebih dari setengah liter sehari mengidap asma.

    Dari hasil studi, risiko memiliki asma meningkat sebanyak 25% bagi mereka yang mengonsumsi minuman bersoda