Bahaya mewarnai rambut terlalu sering

Mewarnai rambut merupakan cara yang paling praktis untuk mengubah penampilan menjadi fabulous dalam sekejap mata. Namun bukan berarti harus terus-menerus mewarnainya.

Begitu banyak kandungan berbahaya di dalam pewarna rambut, untuk itu harus berhati-hati dalam memilih pewarna rambut. Kalau bisa gunakan saja pewarna rambut alami, seperti menggunakan henna. Zat-zat berbahaya itu akan menyebabkan beberapa efek buruk bagi kesehatan tubuh dan juga kesehatan rambut itu sendiri. Bahaya cat rambut yang bisa terjadi, yaitu :

  1. Menyebabkan alergi
    Karena pewarna yang ada pada cat rambut belum tentu dapat diterima oleh kulit rambut kita. Ketika mengoleskan pewarna rambut ke rambut secara otomatis kita juga akan mengenai kulit kepala. Nah, bila kulit kepala itu tidak cocok dengan pewarna yang menyentuhnya akan menyebabkan alergi

  2. Dapat menyebabkan katarak
    Bukan tidak mungkin bila zat pada cat rambut meresap kedalam kulit kepala dan mengenai berbagai syaraf yang ada di dalam kepala, akibaynya bila zat tersebut mengenai syaraf mata akan menyebabkan katarak.

  3. Iritasi mata
    Bahan pewarna yang digunakan pada cat rambut memiliki berbagai macam zat yang telah dijelaskan di atas, padahal dapat diketahui, bahwa zat itu sangalah berbahaya dan bila zat zat tersebut berubah menjadi gas dan mengenai mata, akan terjadi iritasi pada mata.

  4. Kanker payudara
    Sama halnya dengan terjadinya kanker kanker yang lain. Banyak zat aktif yang terkandung di dalam cat rambut. Sehingga menyebabkan berbagai macam masalah.

  5. Kanker kandung kemih
    Dalam studi telah dijelaskan bahwa seseorang yang sering mengguanakan pewarna rambut akan lebih beresiko terkena penyakit kanker kandung kemih ini.

sumber: