Bahaya makan gorengan


Anda pasti sudah sering mendengar terlalu banyak makan gorengan akan menyebabkan penyakit. Tidak sepenuhnya salah, kadar lemak yang tinggi dalam gorengan menjadi penyebabnya.Minyak yang digunakan untuk menggoreng termasuk dalam sumber lemak. Satu sendok teh minyak yang biasa Anda gunakan untuk menggoreng mengandung kurang lebih 50 kalori. Meskipun terlihat sedikit, hanya 50 kalori, tetapi nyaris tidak mungkin Anda hanya mengonsumsi satu sendok teh minyak per harinya. Dan tidak hanya dari minyak goreng saja, sumber lemak lain seperti margarin, mentega, dan krim bisa jadi termasuk dalam jenis makanan yang Anda makan sehari-hari. Apa saja bahayanya?

Bahaya makan gorengan
Mengonsumsi makanan gorengan dalam porsi besar kerap dihubungkan dengan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan obesitas. Sebuah penelitan pun menyebutkan, semakin banyak Anda mengonsumsi makanan gorengan maka risiko terserang penyakit diabetes 2 dan penyakit jantung cenderung lebih meningkat.

Pada pria, sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi gorengan dalam jangka waktu yang lama yaitu lebih dari sekali dalam waktu seminggu, dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat bagi pria.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan gorengan juga sering kali dihubungkan dengan kolesterol tinggi. Makin tinggi tingkat kolesterol, makin meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah.

Ketika Anda mengonsumsi lebih dari yang dibutuhkan tubuh, maka kolesterol dapat menyebabkan terbentuknya plak yang dapat menghambat aliran pembuluh darah, sebagaimana pipa yang tersumbat. Komplikasi dari terganggu aliran darah adalah stroke, aterosklerosis dan serangan jantung.

Sumber : Bahaya gorengan