Bahaya apa saja yang terkandung dalam pangan?

sekarang banyak pangan yang kurang memenuhi standart dan dapat berdampak pada kesehatan tubuh,jenis bahaya apa saja yang terkandung dalam pangan ?

Jenis Bahaya atau Cemaran Pangan dapat dibagi menjadi 3 kategori, yaitu:

  1. Cemaran Fisik. Contohnya kerikil, debu, rambut, tanah, dan lainnya. Cemaran ini bisa dikurangi dengan cara sortir bahan baku, pembersihan bahan baku, serta menjaga kebersihan bagi pekerja yang menangani proses produksi pangan ini.

  2. Cemaran Kimia. Contohnya sisa pestsida, sisa obat-obatan hewan, dan bahan kimia yang dilarang. Cemaran ini biasanya berasal dari bahan baku itu sendiri yang terlalu banyak diberi obat-obatan saat proses pemeliharaannya serta belum dibersihkan dengan baik. Ataupun bahan kimia lain yang sengaja ditambahkan padahal tidak diperkenankan untuk digunakan pada bahan pangan. Misalnya formalin, boraks, dan pewarna tekstil.

  3. Cemaran Biologi. Contohnya bakteri, virus, cacing, dan serangga. Cemaran ini bisa dihindari dengan menjaga kebersihan bahan baku, proses pengolahan, tempat pengolahan, pekerja yang mengolah bahan pangan, dan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan pangan.