Bahasa pemrograman apa yang patut dipelajari dan kenapa?

Sebagai mahasiswa baru saya membutuhkan info apa saja bahasa pemrograman yang patut dipelari pada tahun 2017 ini? tentunya saya merasa ini sangat bermanfaat agar saya dapat mempelajari bahasa pemrograman yang sesuai dengan perkembangan teknologi.

Bahasa pemrograman apa yang patut dipelajari dan kenapa?

hmm menarik, berikut adalah diagram yang diberikan GitHub menurut surveynya.

Menurutku, Bahasa pemrograman yang paling penting di tahun 2017 adalah Bahasa Java. Karena menurutku oracle sendiri, pendiri dari java. Mengemukakan 10 alasan untuk belajar Bahasa pemrograman. Pada waktu bersamaan, java dapat berada di Google Go, Apple’s Swift, Rust, dan lain-lainnya. Berikut merupakan alasan oracle merekomendasikan Bahasa Java.

  1. Java Populer
    Java terus menjadi Bahasa pemrograman terpopuler di dunia. Ada banyak cara dalam penggunaan java. Penggunaannyapun juga sangat mudah. Menurut TIOBE untuk Februari 2016 dan ranking IEEE Spectrum, java memegang predikat sebagai Bahasa pemrograman paling popular di didunia.

  2. Pembayaran yang Tinggi
    Pemograman java termasuk Bahasa pemrograman yang dibayar tertinggi di industry. Analisis di Quartz mengatakan bahwa sangat menguntungkan untuk memiliki keahlian java dalam resume anda. Perusahaan perencanaan karir Gooroo juga menunjukan bahwa java tetap menjadi Bahasa berbayar dan terpopuler di AS, Inggris dan Australia dalam laporan gaji permintaan 2015. Indeed.com, mesin pencari pekerjaan juga melaporkan bahwa rata-rata gaji programmer java sekitar $102.000 di AS.

  3. Pemrogrammer java dapat dipekerjakan.
    Keterampilan pemrograman java diminati oleh pengusaha. Ini adalah Bahasa yang banyak digunakan dengan basis terinstal terbesar

  4. Bahasa Java ada dimana-mana
    Java diperkirakan sudah berada di 3 Milyar perangkat di seluruh dunia. Java memungkinkan anda bekerja di mana-mana tersemasuk terminal smartphone, server, ATM, titik penjualan (POS), pemutar Blu-ray, televise, set top box, Gateway internet dan banyak lagi.

  5. Java digunakan dalam aplikasi nyata
    Contohnya java digunakan banyak situs web. Java sangat ideal untuk IoT, java sangat cocok untuk pengembangan cloud. Java sangat bagus untuk mengembangkan aplikasi enterprise hampir disemua industry termasuk layanan keuangan, perawatan, kesehatan, dan manufaktur.

  6. Java memiliki daya tahan
    Java sudah berumur 20 tahun, membuktikan bahwa java sudah lama dibangun dan sangat tahan. Tidak mungkin Bahasa yang sudah lama ini tidak diminati oleh banyak orang. Sudah terjamin performanya.

  7. Software java yang demikian hebatnya untuk membantu produktivitas
    Faktor penting dalam memilih Bahasa adalah tersedianya alat pengembang yang baik untuk memastikan produktivitas. NetBeans dan Eclipse adalah contoh bagus dalam pengembangan java.

  8. Komunitas java sangat aktif
    Dengan adanya 9 juta pengembang java di seluruh dunia, java memiliki komunitas yang dinamis dan aktif yang bekerja sama untuk menumbuhkan dan mengembangkan Bahasa pemrograman java.

  9. Java memiliki tujuan yang kuat.
    Oracle berkomitmen ke java dengan pengembangan tujuannya. Pada java 9, oracle berencana untuk menginprove keamanan dan kecepatannya. Ini dapat membuat java mudah digunakan dalam sekala kecil maupun besar. Termasuk memasukan internet pada prosesornya.

  10. Java Memiliki sertifikat pengembang terkemuka didunia
    Banyak institusi pelatihan, perguruan tinggi dan universitas yang menawarkan kursus dalam pemrograman java, anda juga bisa berinvestasi dalam pelatihan java dari Oracle University. Validasi keahlian anda pada pengusaha dengan mendapatkan sertifikasi java.

image
Sebenranya banyak sekali bahasa pemograman yang bagus untuk dipelajari seperti c++,C#,phyton,java, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari semua bahasa pemograman tersebut, saya lebih memilih bahasa java untuk dipelajari. Kenapa?

1. Mudah bagi orang awam

image

Bisa dibilang bahasa java merupakan salah satu bahasa pemograman yang mudah dipahami setelah bahasa pemograman phyton. Java dapat dipelajari oleh orang yang tidak pernah mencoba pemograman sekalipun. Saat ini banyak sekali pemdidikan yang mengajari bahasa pemograman java kepada anak didiknya, salah satunya yaitu saat perkuliahan. Mereka memilih java kareana java dirasa cocok untuk diterapkan kepada orang yang masih awam pengalaman megenai pemograman.

2. Memiliki pasar yang luas

image

Java merupakan bahasa kedua terbesar yang digunakan didunia setelah phyton. Oleh karena itu java memiliki pasar yang sangat luas. Banyak program – program baik game maupun aplikasi yang menggunakan bahasa pemograman java. Karena java dirasa cocok untuk pengembangan program tersebut. Dengan banyaknya peminat bahasa java dikalangan masyarakat maka, bahasa pemograman java cocok untuk dipelajari di tahun 2017 ini.

3. Mudah dikembangkan

Bahasa pemograman java merupakan bahasa yang mudah untuk dikembangkan. Karena bahasa java bersifat multyplatform sehingga bisa digunakan dalam berbagai ios, seperti windows, mac, linux , dan yang lainnya. Selain itu bahasa pemograman java selalu berkembang dari tahun ke tahun. Sehingga sangat cocok untuk dipelajari karena bisa digunakan secara terus menerus mengikuti perkembangan zaman yang ada.

Ya, patut diakui bahwa bahasa pemrograman dari masa lampau untuk bahasa pemrograman yang sekarang jauh berbeda. Bahasa pemrograman yang sekarang jauh lebih manusiawi daripada bahasa pemrograman pada zaman dulu.

Dengan mengikuti perkembangan zaman, ada beberapa bahasa pemrograman yang patut Anda pelajari, diantaranya:

1. Java

Kenapa Java? karena bahasa pemrogaman ini digunakan biasa digunakan di 2 platform terbesar, yakni android dan website. Walaupun sudah lama, Java saat ini merupakan bahasa pemrograman yang terpopuler, hal ini dikarenakan Java memiliki komunitas yang sangat banyak dan aktif dengan adanya komunitas ini mereka saling bekerja bersama-sama untuk meningkatkan kualitas dari Java itu sendiri. Kemudian, Java juga merupakan bahasa pemrograman yang gratis.

2. JavaScript

Ini adalah bahasa pemrograman yang begitu populer bagi pengembang website. Hampir setiap perusahaan-perusahaan besar menggunakannya. Kenapa? karena JavaScript memiliki keunggulan dari AJAX, tidak membutuhkan resources yang besar, mudah dipelajari, dinamis, dan multi platform.

Berikut adalah Screen shoot dari wikipedia yang membuktikan bahwa JavaScript harus dipelajari di tahun 2017 ini.

3. HTML

HTML dikategorikan sebagai open source. Kenapa kita harus belajar HTML? Karena, HTML merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman sebuah website. Jika kamu ingin menjadi Web Developer maka HTML adalah bahasa pemrograman yang harus kamu kuasai. Contoh dari penggunaan HTML terdapat pada kode-kode template di blogger.

4. MySQL

Ini merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk database. Database itu sendiri adalah jantungnya informasi pada saat ini, apapun berhubungan dengan database. Bagi teman - teman di Sistem Informasi ini adalah bahasan yang nantinya akan lebih ditekankan lagi. MySQL hadir pada tahun 1995, hingga saat ini bahasa pemrograman ini telah digunakan oleh perusahaan teknologi besar, yakni Google, Facebook, Twitter, Flickr, dan Pinterest.

Ada beberapa bahasa pemrograman lain, seperti MariaDB, Python, C, C++, dan PHP yang juga masuk kategori harus kita pelajari di tahun 2017 ini.


https://www.quora.com/What-programming-language-is-worth-learning-in-2017-and-why