Bahasa pemrograman apa yang paling dibutuhkan di dunia kerja?

Ada begitu banyak bahasa pemrograman yang tersedia, dan tentunya memiliki kelebihan masing-masing. namun, dari sekian banyaknya bahasa pemrograman yang ada bahasa apa yang paling populer dan sangat dibutuhkan di dunia kerja?

Dengan semkain majunya teknologi pada saat ini, menjadikan semakin banyaknya perkerjaan yang membutuhkan tenaga kerjanya yang berhubungan dengan tenologi. Sebenarnya, tidak ada keharusan atau aturan yang mengharuskan para programmer untuk mempelajari bahasa pemrograman yang populer digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membangun software maupun sistem informasi.

Namun tidak ada salahnya juga jika mempelejari beberapa bahasa pemrograman tersebut untuk mengetahui seberapa besar dibutuhkan oleh pasar dan manfaat yang didapat jika menggunakan bahasa pemrograman tersebut dalam dunia kerja nanti.

Berikut ini adalah data-data mengenai setiap Bahasa/kemampuan pemrograman dan juga seberapa berharga kemampuan-kemampuan tersebut. Saat ini, ada banyak sekali bahasa pemrograman yang tersedia dan masih akan ada lebih banyak lagi di masa depan.

  1. SQL
    SQL dirancang untuk memungkinkan programmer untuk dengan mudah mengelola data yang diadakan di sistem database. MySQL, Oracle, dan PostgreSQL digunakan untuk menjaga data rumah sakit, perusahaan, pemerintah dan bank-bank. Kecuali Anda adalah database admin Anda tidak akan datang dalam kontak dengan database secara langsung. Pengguna akan menggunakan perangkat lunak atau web aplikasi yang akan mengambil informasi dari database yang mereka butuhkan. Biasanya, orang yang menggunakan SQL dasar harian pada disebut database administrator.

  2. JAVA

    Salah satu Bahasa Pemograman yang berpengaruh di dunia, Pembaca wajib menguasai Bahasa Pemograman ini. Selain untuk Mobile java juga berpengaruh di Web maupun Desktop, meskipun versi Desktop tidak banyak digunakan, namun untuk Pembaca yang mengembangkan aplikasi Mobile Java sangat dibutuhkan terutama Android.

  3. Javascript
    berbeda dengan Java, Javascript adalah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat tampilan sebuah halaman website menjadi lebih menarik dan interaktif. Javascript selalu digunakan oleh web developer untuk membuat website mereka menjadi lebih baik dan fungsional.

  4. C#

    C# adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. C# ini menggabungkan prinsip dari C dan C++. C# ini banyak digunakan untuk mengembangkan software yang menggunakan platform Windows.

  5. Python

    Dalam tingkatan bahasa pemrograman, Python termasuk bahasa tingkat tinggi. Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile. Bahasa phyton ini termasuk kedalam bahasa pemorgraman yang cukup mudah bagi pemula, karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Banyak perusahaan besar menggunanakn Phyton dalam pengembanganya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Python juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.

  6. C++

    Di dunia kerja Indonesia memang tidak terlalu membutuhkannya, namun untuk memulai belajar Bahasa Pemograman, Pembaca harus menguasai ini sebelum ke Bahasa Pemograman lainnya. untuk yang sudah paham C++ tingkat lanjut, C++ bisa menjadi Bahasa Pemograman yang cocok untuk Sistem Operasi.

  7. Php
    Php adalah Bahasa Pemograman Web yang cukup terkenal, jika ingin membuat Web dinamis yang bagus maka Php menjadi pilihan yang baik, Php otomatis menuntut Pembaca menguasai HTML, CSS, AJAX, SQL, dan Java Script. Untuk Desain sendiri Pembaca bisa mengandalkan CSS dan AJAX, Pembaca juga bisa menggunakan Photoshop atau aplikasi desain Web umum yang berbayar apabila Pembaca malas dalam urusan Desain. Untuk Pemograman dan proses, Php bisa dibilang cukup mudah dikuasai, apalagi kalau Pembaca ingin meningkatkan keamanan Databse Web dengan menggunakan SQL.


https://www.codepolitan.com/10-bahasa-pemrograman-populer-di-indonesia

Dalam pemrograman ada sangat banyak variasi bahasa pemrograman yang berbeda-beda. Luasnya penggunaan sebuah bahasa pemrograman tentu saja akan berdampak pada popularitas sebuah bahasa pemrograman. Dan inilah list data bahasa pemrograman populer yang dikeluar oleh TIOBE. TIOBE merupakan sebuah indikator dari popularitas sebuah bahasa pemrograman yang diupdate secara berkala. TIOBE menggunakan metric pencarian yang populer seperti Google, Yahoo!, Bing, Wikipedia, Amazon, Baidu, dan YouTube untuk menghitung sebuah rating bahasa pemrograman.

xxx

Untuk pertama kalinya dalam index TIOBE, bahasa pemrograman Swift masuk dalam 10 besar index TIOBE. Swift dikeluarkan pada 3 tahun yang lalu untuk menggantikan bahasa Objective-C pada pengembangan iOS. Namun, TIOBE memperkirakan bahwa bahasa Swift tidak akan naik lebih tinggi lagi karena penggunaan yang yang terbatasi pada lingkungan Apple.

Sumber :

Programming saat ini memang menjadi salah satu pekerjaan yang sedang popular, oleh karena itu banyak orang yang mencoba untuk belajar menjadi seorang programmer. Menguasai banyak bahasa pemrograman memang akan sangat membantu dalam mencari pekerjaan, namun tidak ada aturan yang mengatakan kita harus mempelajari bahasa bahasa pemrograman yang popular, cukup kenali pekerjaan seperti apa yang ingin dituju dan bahasa pemrograman mana yang sesuai untuk bidang tersebut. Bahasa pemrograman ada banyak sekali, namun beberapa diantaranya adalah yang paling popular dan sangat berguna untuk dunia kerja seperti :

  1. Java
    Java dinobatkan sebagai salah satu bahasa yang paling banyak digunakan untuk pengembangan server-side applications pada video games dan mobile apps. Java juga digunakan untuk mengembangan aplikasi berbasis android, dengan semboyan WORA (Write once, run anywhere), java didesain untuk menjadi bahasa pemrograman yang portable dan mudah dijalankan pada berbagai platform software.

  2. Python
    Memiliki bahasa yang sederhana dan mudah dipelajari, framework python sangat bagus digunakan pada aplikasi web hingga data analisis. Bahasa pemrograman python digunakan pada aplikasi desktop, web apps, dan data mining. Salah satu aplikasi yang dikembangkan dengan python adalah instagram dan pinterest.

  3. JavaScript
    JavaSrcipt berbeda dengan java dan tidak memiliki kaitan sama sekali. digunakan untuk membuat tampilan sebuah halaman website menjadi lebih menarik dan interaktif karena JavaScript memungkinkan pengembang menambahkan elemen interaktif ke situs web mereka. Javascript selalu digunakan oleh web developer untuk membuat website mereka menjadi lebih baik dan fungsional.

  4. C#
    C # (diucapkan C-sharp) cocok bagi yang ingin bekerja pada Microsoft karena C# adalah bahasa yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Microsoft. Secara sintaktis hampir identik dengan Java. C# digunakan untuk mengembangkan banyak aplikasi enterprise yang berbasiskan .NET framework. C# adalah bahasa yang mudah dipahami, modern, aman, dan berorientsi obyek.

  5. PHP
    PHP singkatan Hypertext Preprocessor adalah bahasa yang harus dipelajari bagi calon web developer. Hal yang unik terkait bahasa PHP adalah bahasa open source.

  6. SQL
    SQL singkatan dari Structured Query Language adalah bahasa query database yang digunakan di berbagai tempat karena teknologi database memang sangat krusial dan hampir seluruh teknologi yang kita gunakan membutuhkannya.

  7. C++
    Bahasa yang dikembangkan dari bahasa C ini termasuk salah satu bahasa yang popular. C ++ adalah bahasa berperforma tinggi yang digunakan untuk membangun system software, games engines and desktop and web apps. Banyak pemula mengatakan C + + lebih sulit untuk dipelajari daripada Python atau JavaScript.

Sumber
https://www.inc.com/larry-kim/10-most-popular-programming-languages-today.html


http://scdc.binus.ac.id/himmat/2016/04/kemampuan-kemampuan-programming-yang-paling-berharga-dan-dibutuhkan/

Semakin berkembangnya teknologi maka semakin banyak program-program yang dibutuhkan oleh beberapa perusahaan besar. Dalam pembuatan program, programmer harus pintar dalam memilih bahasa pemrograman yang akan digunakan. Tidak sedikit pula bahasa pemrograman yang telah diciptakan. Tetapi, dari bermacam-macam bahasa tersebut hanya beberapa yang paling sering digunakan oleh beberapa perusahaan untuk membuat programnya. Beberapa bahasa yang sering digunakan tersebut adalah :

  1. JAVA
    Java adalah salah satu dari bermacam bahasa pemrograman yang memiliki keunikan tersendiri, yaitu bahasa java ini dapat digunakan di platform mana saja tanpa harus membuat code di setiap platform nya. Karena kelebihan ini, Java masih sering digunakan oleh berbagai perusahaan yang berada di Indonesia.

  2. C
    C adalah bahasa pemrograman tertua yang masih digunakan. Karena bahasa C adalah bahasa tertua, maka bahasa C ini adalah bapak dari bahasa C yang muncul baru-baru ini. Sehingga sebelum memelajari bahasa pemrograman yang lain, lebih baik kita belajar dasar dari bahasa pemrograman yaitu bahasa C

  3. PHP
    PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang bergerak di bidang website. Bahasa PHP ini bergerak pada bidang website yang dinamis, contoh dari website yang menggunakan bahasa PHP adalah Wordpress dan Facebook.

  4. Visual Basic
    Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan microsoft untuk membuat suatu animasi di software yang beroperasi pada windows. Karena di beberapa negara menggunakan sistem operasi windows, maka bahasa pemrograman ini menjadi salah satu bahasa pemrograman yang digunakan oleh perusahaan besar.

  5. Python
    Python adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan suatu aplikasi, baik itu di website ataupun mobile. Python ini mudah digunakan oleh para pemula dan mudah dipahami pula. Dan dengan demikian maka beberapa perusahaan besar sekarang mulai menggunakan Python dalam mengembangkan aplikasi nya. Contoh perusahaan yang menggunakan Python adalah Google dan Yahoo!

  6. C++
    C++ adalah sautu bahasa pemrograman yang dikembangkan dari bahasa C. Perbedaan dari bahasa C++ ini dengan bahasa C adalah cara penyelesaiannya. Bila C menyelesaikannya dengan memecah masalah menjadi sub-sub masalah, maka untuk C++ menyelesaikannya dengan membagi-bagi masalah tersebut dan dimasukkan kedalam class-class.

  7. JavaScript
    JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat suatu website. Bedanya antara JavaScript dengan PHP adalah jenis website yang akan dikembangkan. Bila PHP akan membuat website yang dinamis maka, JavaSricpt akan membuat suatu website yang interaktif dan menarik.

  8. Objective – C
    Objective – C adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk orientasi objek. Bahasa ini dikembangkan pada platform iOS. Dan pada zaman ini para pengguna smartphone rata-rata memilih brand Apple daripada yang lain sehingga, bahasa Objective – C ini digunakan oleh beberpaa perusahaan besar

Itu adalah beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh beberapa perusahaan besar yang berada di Indonesia dan Dunia.