Bahasa Inggris sebagai Awal Berkomunikasi di Era Globalisasi

Oleh Tommy Pungkaswani

A.Pendahuluan

Menurut Wikipedia , Bahasa Inggris adalah bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada Abad Pertengahan Awal dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Bahasa Inggris dituturkan sebagai bahasa pertama oleh populasi di berbagai negara, termasuk Britania Raya, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan negara-negara Karibia lainnya; di 60 negara berdaulat. Bahasa Inggris adalah bahasa ibu yang paling banyak dituturkan di seluruh dunia, setelah bahasa Mandarin dan bahasa Spanyol. Bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa kedua dan bahasa resmi oleh Uni Eropa, Negara Persemakmuran, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa, serta beragam organisasi lainnya.

Sehingga Bahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam berkomunikasi di zaman saat ini. Menurut Kompasiana , Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seorang pengirim pesan atau yang disebut sebagai komunikator kepada penerima pesan/sasaran yang disebut sebagai komunikan baik secara langsung melalui lisan maupun secara tidak langsung dengan menggunakan media, yang bertujuan untuk mempengaruhi pemikiran orang lain, mengubah sikap, dan mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu.

Di era globalisasi Bahasa Inggris dan komunikasi adalah hal yang tidak dapat dipisahkan. Dikutip dari Studio Belajar, Konsep globalisasi dapat dengan mudah dipahami melalui pemenggalan kata ‘global’ dan ‘sasi’. Kata ‘global’ merujuk pada lintas batas dan kata ‘sasi’ merujuk pada perubahan / proses menjadi. Untuk mempermudah mengingat, globalisasi dapat diartikan secara singkat sebagai proses perubahan sosial pada skala lintas batas. Globalisasi mengacu pada suatu kondisi perubahan sosial dimana negara, wilayah dan masyarakat saling terkoneksi satu sama lain, baik itu dalam bidang ekonomi, politik, serta sosial budaya.

B.Pembahasan

Ada empat sektor penting dalam menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama dalam komunikasi di era globalisasi . Empat sektor tersebut tidak dapat dipisahkan , karena saling membutuhkan dan berkaitan. 4 sektor tersebut juga mempengaruhi sebuah kemajuan dan keberhasilan pembangunan suatu negara.

  1. Techonology

Techonology atau teknologi sangat membutuhkan Bahasa Inggris. Sebagai contoh Facebook, Facebook adalah salah satu alat berkomunikasi antar manusia di muka bumi ini. Tentunya masyarakat dari berbagai negara memiliki bahasa yang berbeda. Dibutuhkan suatu bahasa pemersatu yang mampu untuk mendekatkan jarak yang begitu jauh. Oleh karena itu dengan adanya Bahasa Inggris , maka komunikasi menjadi lebih baik. Dan masyarakat antar negara lebih bisa lebih dekat dan saling mengenal.

  1. Culture

Setiap negara dan daerah memiliki culture atau budaya yang berbeda-beda . Mereka juga memiliki adat istiadat yang unik dan menarik untuk dipelajari . Bahasa Inggris diperlukan agar lebih mudah untuk mempelajari budaya luar negeri dan memiliki bahasa yang berbeda .

  1. Language
    Language atau bahasa , sangat diperlukan di era globalisasi saat ini. Mempelajari Bahasa Inggris adalah hal yang paling utama terutama di sekolah dan perguruan tinggi di seluruh dunia . Bahkan banyak lembaga , Chanel Youtube
    hingga organisasi yang berfokus mengajari dan membuat Bahasa Inggris menjadi lebih mudah bersahabat.

  2. Business
    Business atau bisnis adalah hal yang utama dalam perekonomian . Pada zaman saat ini banyak sekali perdagangan internasional. Pastinya membutuhkan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama untuk bertransaksi antar negara.

C. Referensi

2 Likes