Apa saja macam-macam alat musik tradisional suling yang ada di Indonesia?

Suling

Apa saja macam-macam alat musik tradisional suling yang ada di Indonesia?

Suling merupakan satu contoh jenis alat musik aerophone, atau alat musik yang menggunakan udara untuk membunyikannya. Secara umum, di Indonesia, alat musik tiup yang terbuat dari bambu ini disebut suling.

Penyebutan suling untuk setiap daerah di Indonesia berbeda berdasarkan bahasa daerah setempat. Di Minang disebut Saluang, di Toraja dikenal dengan nama Suling Lembang, di Halmahera disebut dengan nama Bangsil, di Bima Nusa Tenggara Barat disebut Silu.

Di Nusa Tenggara Timur (NTT) sebutan untuk suling ada bermacammacam, berdasarkan daerah dan etnis. Di Kabupaten Alor NTT, masyarakat setempat memberi nama Kelifang. Masyarakat Kabupaten Ngada NTT menamai suling mereka Foi Doa (suling ganda), di Kabupaten Manggarai NTT suling disebut Sunding.

Di daerah Manggarai terdapat dua jenis suling, yaitu Sunding Labang dan Sunding Tongkeng. Sunding Labang, merupakan suling bernada diatonis seperti yang terdapat di daerah lain di Indonesia, dimainkan dengan posisi horisontal. Sedangkan Sunding Tongkeng merupakan suling khas daerah Manggarai.