Bagiamana Tahap Perkembangan dan Stadium Neuroblastoma?

Kanker yang menyerang saraf ini dapat dibagi dalam beberapa stadium, berdasarkan tingkat keparahannya. Bagiamana Tahap Perkembangan dan Stadium Neuroblastoma?

Stadium 1
Tumor hanya tumbuh pada 1 bagian tubuh dan belum menyebar ke kelenjar getah bening. Seluruh tumor bisa diangkat melalui pembedahan.

Stadium 2A
Tumor hanya tumbuh pada 1 bagian tubuh, tapi tidak seluruhnya bisa diangkat melalui pembedahan. Kelenjar getah bening di sekitarnya mungkin sudah mengandung sel-sel kanker.

Stadium 2B
Tumor hanya tumbuh pada salah satu sisi tubuh dan belum tentu bisa diangkat melalui operasi. Sel-sel kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening di sekitar tumor, tapi belum ke bagian tubuh lain.

Stadium 3
Tumor belum menyebar jauh ke bagian lain tubuh, tetapi mungkin memenuhi salah satu kategori berikut:

Sudah tidak bisa diangkat lewat pembedahan dan menyebar ke sisi tubuh lain. Belum tentu menyebar hingga ke kelenjar getah bening.
Tumor berada pada salah satu sisi tubuh dan kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening yang ada di dekatnya, tapi posisinya termasuk sisi lain tubuh.
Tumor berada di tubuh bagian tengah, menyebar ke kedua sisi tubuh, dan sudah tidak bisa diangkat melalui pembedahan.
Stadium 4
Tumor sudah berkembang dan menyebar ke bagian-bagian lain tubuh, termasuk kelenjar getah bening, organ hati, tulang, kulit, sumsum tulang, dan banyak lagi.

Stadium 4S
Penderita berusia di bawah 1 tahun. Kanker tumbuh pada salah satu sisi tubuh dan kemungkinan sudah menyebar ke kelenjar getah bening pada sisi tubuh yang sama. Kanker juga mungkin sudah menjalar hingga kulit, hati, dan/atau sumsum tulang.