Bagiamana Cara Berhenti Overthinking?

Overthinking adalah kebiasaan dimana seseorang memikirkan sesuatu terus menerus seolah taka da ujung. Biasanya mereka merenungkan masa lalu atau masa depan. Biasanya overthinking dilakukan ketika ingin tidur, yang menyebabkan kita sulit tidur karena seperti terapat banyak pikiran melayang-layang di otak kita.

Dilampir dari www.satupersen.net menyebutkan bahwa overthinking bukanlah suatu disorder atau gangguan. Overthinking juga terjadi kemungkinan karena ada perasaan sakit hati, bersalah, malu, marah sampai cemas terhadap masa lalu atau masa yang akan datang. Hal ini terjadi berulang kali dan akhhirnya menjadi sebuah kebiasaan yang terekam dalam alam bawah sadar.

Lalu menurut youdict bagaimana cara kita untuk berhenti overthinking?

Summary

Akbar, Fathan. 2020. Apa Itu Overthinking? Kenali Sebab dan Akibatnya! (satupersen.net)
Ilustrasi: google

menurutku untuk mengurangi overthinking adalah fokus untuk meningkatkan kualitas diri sendiri. ini bisa dilakukan dengan cara banyak membaca buku self development, mengikuti webinar yang sejalan dengan kuliah untuk menambah pengetahuan serta relasi, meningkatkan kemampuan bahasa, melakukan olahraga untuk membentuk postur tubuh, menggunkana skincare, menggunakan sosial media secara bijak. karena menurutku overthinking ini timbul ketika kita membandingkan prestasi sendiri dengan prestasi orang lain yang sudah lebih dari kita.

lalu juga bisa dengan banyak beribadah, ingat bahwa Allah memberikan ujian kepada hambanya karena hamba tersebut bisa melewati ujian yang diberikan. garis start dan finish setiap orang itu berbeda-beda walaupun kita memiliki usia yang sama. rejeki, maut, jodoh, usia semua sudah ditetapkan oleh Allah. kita hanya menjalaninya dengan ikhtiar.

Sampai saat ini pun saya masih sering mengalami overthinking yang kemudian membuat saya susah untuk tidur di malam hari. Tetapi, ada satu hal yang bagi saya bisa membantu mengurangi overthinking, yaitu dengan berusaha hidup produktif. Coba lakukan hobi atau aktivitas apapun, sehingga kita ga merasa kalau hidup kita ga berguna. Mencoba hidup produktif dan melakukan banyak aktivitas juga bisa membuat kita kelelahan di malam hari sehingga bisa cepat tidur dan ga overthinking. Saya pribadi mulai menekuni hobi dan belajar hal-hal baru yang itu memang terbukti bisa mengurangi overthinking.

1 Like

Ada banyak cara untuk berhenti overthinking apalagi ketika kita sedang tidur.

  1. Jangan terlalu memikirkan sesuatu yang sepele

Kita terlalu overthinking karena terlalu memikirkan hal-hal yang kecil. Fokus dengan pikiran kita jangan terlalu memikirkan hal yang sudah lewat dan masa yang akan datang apalagi mengkhawatirkannya. Karena memikirkan hal tersebut bisa saja akan membuat kita menjadi tidak produktif

  1. Jauhi pikiran buruk sebelum tidur
    Jangan terlalu terbawa dengan pikiran yang membuat kita semakin berlarut dan berlebihan untuk dipikirkan. Saatnya, untuk belajar bagaimana cara mengendalikan pikiran tersebut.

  2. Hadapi masalah yang akan dihadapi
    Terkadang kita terlalu memikirkan sesuatu karena adanya masalah yang belum selesai. Fokuslah dengan masalah tersebut sehingga kita bisa menyelesaikan masalahnya.

  3. Carilah kegiatan baru
    Kegiatan untuk menghindari overthinking bisa dimulai dari hobi yang disukai, misalnya; membaca buku, menulis, membaca, menggambar, memasak, dan lainnya.

Referensi

Cara Menghentikan Overthinking, Pikiran dan Kecemasan Berlebihan

1 Like

Overthingking adalah hal wajar dan pasti akan pernah dialami oleh semua orang. penyebabnya adalah rasa cemas, pikiran yang negatif dan lain sebagainya.beberapa tips untuk sedikit mengurangi rasa overthingking :

  1. Berhenti sejenak dan ketahui penyebab overthingking
    Hal paling utama yang harus dilakukan adalah menyadari bahwa kamu memiliki kebiasaan overthinking. Setelah itu berhentilah sejenak dan tenangkan pikiranmu. Langkah selanjutnya yaitu cari sumber masalah yang selama ini bersarang di kepalamu.
    Apakah itu masalah pekerjaan, hubungan, keluarga atau lainnya? Jika perlu tulislah apa yang kamu pikirkan, kemudian baca satu per satu. Lalu temukan pikiran-pikiran yang sebenarnya tidak perlu dan coret dari daftar tersebut

  2. Cobalah berpikir terbuka dan positif
    Membuka pikiran bisa membantumu mencari solusi dari pemasalahan yang ada. Lihat masalah yang sedang kamu hadapi dari sudut pandang lain. Buang jauh-jauh pikiran negatifmu dan ganti dengan selalu berpikir positif. Selain dapat menemukan solusi, hal ini dapat membantumu melupakan pikiran yang tidak penting.

Setiap orang pasti pernah mengalami overthinking. Overthinking seringkali muncul ketika seseorang terus memikirkan hal-hal tertentu yang dimunculkan dari beberapa kondisi. Dikutip darui Psychology Today, overthinking dapat berupa ruminasi di mana kondisi saat seseorang berhubungan dengan ingatan terus menerus pada masa lalu dan khawatir berlebihan jika ia berhubungan dengan masa depan.

Sementara itu, dilansir dari The Health Site, masalah yang seringkali muncul pada seseorang yang sering mengalami overthinking antara lain terganggunya masalah pencernaan, terganggunya metabolisme tubuh, merusak organ jantung, bahkan merusak kesehatan kulit.

Untuk itu, beberapa hal yang perlu dilakukan agar tidak terus menerus overthinking ialah mengendalikan pikiran-pikiran yang negatif, fokus pada pemecahan masalah seperti melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif, mengasah skill diri, mengembangkan potensi, dan berupaya semaksimal mungkin memperbaiki diri sehingga tidak ada waktu untuk memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi. Selain itu, bisa sekali-kali beristirahat dari rutinitas dan melakukan refreshing.

Sebenarnya saya juga kurang yakin bagaimana cara yang tepat untuk menghentikan overthinking ini, karena saya sendiri pun sedang berusaha untuk tidak selalu overthinking terhadap suatu hal. dan hal hal ini yang saya lakukan jika saya harus menghentikan pikiran yang sedang over :

  1. mencari kesibukan agar berhenti memikirkan hal hal kecil atau hal sepele
  2. cukup terima apa yang sedang di pikirkan tidak perlu melawan.
  3. mencari jalan keluar dari overthinking itu.
1 Like

Menurutku, kita tidak bisa untuk lepas dari overthinking, tetapi bisa saja dikurangi. coba mencari hobi untuk pengalihan pikiran, bisa seperti: melukis atau olahraga. Dan cobalah sesekali untuk membatasi pertanyaan-pertanyaan di kepala yang bisa membuat kita overthinking, batasi pertanyaan itu dan urutkanlah dari hal yang terpenting dulu lalu carilah jawabannya secukupnya.

1 Like

Overthinking merupakan memikirkan hal secara berlebihan. Dampak dari overthinking yaitu kreativitas yang menurun, kehabisan energi, menurunnya kualitas tidur, lain sebagainya. Dengan dampak ini akan menganggu aktivitas yang kita miliki dalam keseharian. Sehingga stop untuk overthinking dengan cara jangan memikirkan hal-hal yang tidak berguna, bersyukur, fokus untuk memecahkan suatu permasalahan, berpikir secara positif, mencari kegiatan selingan, dan lain sebagainya. Yuk, berhenti Overthinking

[details=“Referensi”]
Helmi, Ali, Uliya. 2021. Yuk Berhenti Overthinking. Diakses pada tanggal 14 September 2021 pada link Cara Berhenti Overthinking | GueSehat

Menurut ku cara untuk berhenti overthinking adalah melakukan aktivitas yang kita sukai, kendalikan pikiran kita untuk tidak memikirkan hal-hal yang belum terjadi jangan sampai pikiran yang mengendalikan kita dan yang terakhir mencoba tidur malam lebih cepat atau dibawah jam 10 malam.

Betul banget. Mungkin sebagian dari kita masih mengalaminya. Dan menurut artikel yang saya baca dari RSJ Dr. Radjiman W. Lawang, overthinking dapat dihentikan dengan :

  1. Perhatikan pikiran Kesadaran adalah langkah pertama untuk mengakhiri overthinking. Ketika telah menyadari mulai banyak berpikir: melihat peristiwa dalam pikiran secara berulang, atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat dikendalikan, akui bahwa pikiran itu tidak produktif.
  2. Hadapi pikiran negatif sebelum memburuk
    Setelah menyadari kondisi yang dialami, sekarang saatnya untuk belajar mengendalikan pikiran tersebut. Pikiran negatif dapat dengan mudah membuat seseorang terbawa. Kendalikan diri agar tidak terlarut dalam pikiran tersebut dan tanamkan dalam pikiran bahwa hal tersebut terlalu berlebihan untuk dipikirkan, sehingga sebaiknya berhenti memikirkannya.
  3. Fokus pada pemecahan masalah
    Overthinking dapat muncul ketika kita menghadapi masalah tertentu dalam hidup. Namun, yang harus diketahui memikirkannya berlarut-larut tidak selalu dapat menyelesaikan masalah tersebut. Sebaiknya fokus pada langkah pasti yang dapat menjadi solusi masalah tersebut. Jangan terus menyesali mengapa sesuatu dapat terjadi, tapi lebih baik fokus pada apa yang dapat memperbaiki keadaan tersebut.
  4. Jadwalkan waktu refleksi
    Jika harus memikirkan masalah-masalah kehidupan, luangkanlah waktu sekitar 20-30 menit untuk refleksi dan introspeksi diri.
  5. Berlatih Mindfulness
    Mindfulness mengharuskan sepenuhnya sadar dan fokus pada keberadaan saat ini.
    Cara ini membutuhkan latihan dan jika berhasil melakukannya, maka akan sangat membantu dalam mengurangi overthinking.
    Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih mindfulness adalah sebagai berikut:
  • Hindari akses pada pekerjaan di luar jam kerja Anda dan fokus pada aktivitas lain yang bisa dilakukan;
  • Nikmati makanan Anda dengan perhatian penuh, jangan melakukan hal lain ketika makan;
  • Jalan-jalan sambil memerhatikan lingkungan sekitar, bila perlu catat apa saja yang Anda temui di jalan mulai dari apa yang Anda lihat, dengar, dan hirup.
  1. Mencari Distraksi
    Mencari kegiatan baru dapat menjadi salah satu cara menghilangkan overthinking yang ampuh. Setiap orang dapat memiliki distraksi yang berbeda-beda. Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang dapat membuat senang dan lupa pada apa yang dipikirkan. Kegiatan ini dapat berupa olahraga, membaca buku, mempelajari hal baru, atau banyak aktivitas lainnya. Selain cara-cara tersebut, mengapresiasi segala pencapaian diri serta melakukan meditasi juga bisa menjadi alternatif lain dalam menghentikan overthinking.
  2. Latihan Pernapasan
    Beberapa teknik pernapasan dapat membuat lebih tenang dan terhindar dari overthinking.
    Salah satu yang paling sederhana adalah bernapas dalam-dalam.
    Berikut adalah cara yang dapat Anda praktikkan:
  • Cari tempat yang nyaman untuk duduk dan merilekskan tubuh
  • Tempatkan satu tangan di dada dan satu lainnya di bagian perut
  • Tarik napas dan buang napas melalui hidung dan rasakan udara bergerak dalam tubuh dan Lakukan selama 5 menit dan ulangi 3 kali sehari
  1. Apresiasi Diri Sendiri
    Cara selanjutnya adalah dengan mengapresiasi diri sendiri dengan memulainya dari hal kecil seperti mencatat pencapaian dalam seminggu atau sebulan terakhir. Hal ini dapat membantu membangun pikiran positif sehingga tidak akan fokus memikirkan hal negatif dengan berlebihan.
  2. Belajar Mencintai Diri Sendiri
    Selain mengapresiasi diri sendiri, mencintai diri sendiri juga dapat menjadi cara menghilangkan overthinking . Sadari bahwa menjadikan masa lalu sebagai penyesalan akan menyakiti diri sendiri. Perhatikan setiap emosi dan respons tubuh yang muncul ketika overthinking . Ketika menyayangi diri sendiri, tentu tidak akan membiarkan diri merasakan efek negatif akibat berpikir berlebihan.
  3. Membantu Orang Lain
    Membantu orang lain dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain dapat membantu berpikir lebih positif, membantu orang lain juga dapat membuat menjadi lebih produktif. Ketika dapat produktif untuk hal-hal yang menyenangkan, tidak akan memiliki waktu untuk overthinking.
  4. Bertindak
    Dibandingkan terus berpikir, sebaiknya cobalah untuk bertindak. Hal ini berkaitan dengan fokus pada solusi dibandingkan dengan masalah yang di hadapi. Setelah mendapatkan solusi, segeralah untuk melakukan eksekusi agar masalah tersebut tidak semakin memburuk. Cobalah salurkan energi untuk bertindak dibandingkan dengan hanya berpikir saja.
Sumber

RSJ Dr. Radjiman W. Lawang

Dilansir dari halodoc, ada beberapa cara untuk menghentikan overthinking, diantaranya yaitu:

  • Jangan memikirkan hal-hal sepele
    Tips berhenti overthinking yang pertama adalah jangan memikirkan hal-hal sepele. Banyak hal yang dialami di hidup ini. Jangan khawatirkan masalah kecil dalam hidup, seperti ingin memakai baju apa pada momen tertentu. Keputusan tersebut seharusnya tidak menyita banyak pikiran dan pertimbangan besar. Jadi, lebih bijaklah dalam menggunakan pikiranmu, ya.

  • Berpikir secara Konstruktif
    Beberapa orang memikirkan masalahnya sendiri hingga overthinking. Tips berhenti overthinking selanjutnya adalah dengan berpikir secara konstruktif. Pikiran buruk mengenai angan-angan akan kondisi yang belum tentu terjadi dapat membentuk pola pikir, sehingga keadaan menjadi semakin parah. Daripada berangan-angan, coba untuk pikirkan Singkirkan kekhawatiran yang belum tentu terjadi dengan penyelesaian masalah.

  • Temukan Akar Masalahnya
    Tips berhenti overthinking selanjutnya dapat dilakukan dengan menemukan akar masalah. Jangan dibiarkan berlarut-larut. Temukan sumber kekhawatiran berlebihan yang kamu rasakan. Overthinking pasti ada hal-hal yang mendasari. Jadi coba pikirkan, dan ingat bahwa tekanan yang dirasakan tidak sebesar kelihatannya jika dihadapi dan diselesaikan.

  • Menerima Keadaan
    Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk berhenti overthinking adalah mulai menerima keadaan. Banyak orang yang mencoba menerka-nerka sesuatu, padahal belum terjadi. Cobalah untuk menerima keadaan saat ini. Kesalahan yang pernah dilakukan dapat kamu anggap sebagai pelajaran hidup. Kamu bisa memandang kesalahan dari segi positif, agar ke depan tidak terjerumus dalam masalah yang sama.

  • Ikuti Kata Hati
    Salah satu tips berhenti overthinking yang kerap dilakukan adalah mengikuti kata hati. Firasat atau intuisi ini terjadi secara alamiah saat seseorang dihadapkan pada situasi sulit. Jika diulas kembali, jauh sebelum seseorang secara sadar membuat keputusan, firasat telah lebih dulu melakukannya. Beberapa orang juga lebih mengikuti kata hati, karena akan jauh lebih sulit menjadi objektif setelah membedah masalah. Selain itu, kamu juga memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Referensi

https://www.halodoc.com/artikel/untuk-mental-kuat-ini-5-tips-untuk-hentikan-overthinking