Bagamana cara menjadi sukses dengan menggunakan ilmu pemrogaman?

Tentu saja kita sudah sering lihat banyak nya orang sukses di bidang IT yang tidak lain menggunakan ilmu pemrograman,seperti apa sih cara menjadi sukses dengan menggunakan ilmu pemrograman menurut opini kalian?

image

Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki, dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau pekerjaan sesuai dengan keinginan programmer. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pengetahuan - pengetahuan lain.

Belajar memprogram adalah belajar tentang metodologi pemecahan masalah, kemudian menuangkannya dalam suatu notasi tertentu yang mudah dibaca dan dipahami.

Tentunya belajar pemrograman tidak semudah yang kita banyangkan. Tapi, semua itu akan menjadi mudah jika kita memiliki kemauan belajar yang tinggi serat diiringi dengan usaha yang keras juga. Dengan menjadi seorang programmer kita juga bisa sukses. Nah, berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menjadi sukses dengan menggunakan ilmu pemrograman :

  1. Memotivasi diri sendiri
    Modal awal untuk belajar pemrograman adalah Motivasi. Kalau motivasi untuk belajar besar, Selamat! Anda adalah calon seorang programmer handal. Fokus selanjutnya adalah mengasah skill untuk belajar pemrograman. Dan pertahankan motivasi yang telah dimiliki. Jangan sampai motivasi ini pupus ketika menemui kegagalan.

  2. Jangan mudah menyerah.
    Memang belajar pemrograman tidaklah mudah. Butuh perjuangan, kerja keras, serta pengalaman. Jangan mudah menyerah ketika banyak error yang muncul ketika membuat sebuah program.

  3. Mencari teman untuk berbagi wawasan
    Untuk mendukung pembelajaran, coba cari orang yang mau mengajari. Ketika menemui masalah dalam belajar pemrograman. Bisa teman dekat, teman di internet atau bahkan guru dan dosen atau siapapun yang dekat dan memahami hal yang ditanyakan.

  4. Mencari komunitas yang fokus dengan pemrograman
    Di internet ada banyak forum diskusi via web atau mailing list yang membahas tentang pemrograman. Ingat bahwa orang yang sering bergaul dengan penjual minyak wangi maka dia akan ikut menjadi wangi. Jadi, kita harus banyak-banyakl bergaul dengan orang dalam komunitas yang sama-sama interest dengan pemrograman.

  5. Mendekatkan Diri pada yang Maha Kuasa
    Sebagai pemrogrammer harus selalu ingat kepada yang maha kuasa, agar jangan lupa tetap menunaikan ibadah. Knowledge come from The Creator, semakin dekat anda dengan Tuhan, semakin berguna & enjoy dalam melakukan pemrograman.

  6. Belajar memecahkan masalah
    Layaknya seorang ilmuwan, programer juga harus terus mencari permasalahan dalam suatu program dan mencari pemecahan atas masalah tersebut.

  7. Jangan takut untuk gagal
    Setiap programmer pasti pernah mengalami kesulitan / bahkan mengalami kegagalan dalam menyelesaikan suatu project. Itulah jalan menuju kesuksesan. Yang secara tidak langsung tanpa Anda sadari.

  8. Jangan hanya fokus untuk menguntungkan diri sendiri
    Programer seperti itu adalah programer yg egois. Karena suatu saat ia harus mengetahui bakat yg ia gunakan, haruslah berguna bagi orang lain.

  9. Mulailah belajar pemrograman dengan logika - logika dasar yang kuat
    Seorang programmer harus selalu bisa mengatasi masalah dan memberikan solusi selama itu masih logic, kecuali yang magic-magic lupakan saja.

  10. Jangan lupa mengamalkannya
    Karena ilmu tidak diamalkan bagaikan pohon tidak berbuah, berbagilah (ilmu tidak akan habis walau dibagi kepada seberapa banyak orang) bahkan dengan ilmu derajat kita akan terangkat.

Dan Ilmu Pemrograman banyak memberikan manfaat bagi hidup kita misalnya :

  • Prospek yang Menjanjikan
    Dengan memilih untuk mempelajari pemrograman, anda akan mempunyai investasi masa depan berupa prospek yang menjanjikan. Ilmu pemrograman tidak hanya mengutamakan pembaharuan akan tetapi bisa diterapkan disegala macam bidang profesi. Percaya atau tidak, anak IT akan mempunyai niai lebih jika dibandingkan dengan anak jurusan lain. Lapangan pekerjaan yang nantinya akan dipilih juga sangat luas dan mencangkup segala aspek.

  • Memudahkan Pekerjaan Rumit
    Dengan modal bisa mengoperasikan komputer maka pekerjaan yang sebelumnya memerlukan waktu dan tenaga lebih bisa teratasi dengan mudah. Bahkan dalam pengerjaan dokumen yang banyak terjadi kesalahan jika dikerjakan dengan mesin tik dan tentu tidak bisa diperbaiki atau diedit. Maka komputer bisa menangani permasalahan tersebut dengan lebih baik, data yang diolah bisa dengan mudah diedit bahkan setelah disimpan dalam jangka waktu lama.

  • Menunjang dan Meningkatkan Karir
    Seseorang yang menguasai ilmu pemrograman akan mampu bekerja lebih produktif dengan waktu dan tenaga yang minim. Bahkan mempelajari pemrograman merupakan investasi masa depan yang memiliki prospek bagus.

Sumber :


https://news.microsoft.com/id-id/2015/09/11/10-hal-yang-anda-tidak-ketahui-tentang-pemrograman/

cara jadi sukses dengan menggunakan ilmu pemograman?.Tentu banyak sekali caranya,tentu saja kita sudah banyak sekali melihat orang-orang sukses di bidang IT,seperi Steve jobs,Bill gates,Gabe newell.dsb

mari kita mulai dari apa sih keuntunganya kita belajar ilmu pemograman

Bagi developer, computer scientist, atau programmer tentu sudah tahu manfaat belajar bahasa pemrograman, tidak perlu dijelaskan lagi. Belajar bahasa pemrograman bagi mereka akan sangat bermanfaat untuk bidang pekerjaan yang dimilikinya, apalagi bagi mereka yang sedang mengerjakan proyek-proyek baru yang sama sekali belum pernah disentuhnya.

Akan tetapi, bagaimana manfaat belajar bahasa pemrograman bagi orang awam atau orang yang sedang belajar? Tentu tak hanya sebatas meningkatkan kemampuan melakukan pemrograman yang akan di dapatkan, tetapi berbagai hal terkait dengan hal tersebut…

Beberapa manfaat belajar bahasa pemrograman di antaranya adalah sebagai berikut ini

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Secara Logis

manfaat belajar bahasa pemrograman
Untuk membuat sebuah produk dengan bahasa pemrograman, termasuk di dalamnya aplikasi, game, perangkat mikrokontroler, atau perangkat IoT, kita tidak akan bisa lepas dari logika-logika pemrograman yang akan digunakan untuk membuat produk tersebut agar produk tersebut bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Logika dan algoritma pemrograman menjadi suatu hal yang sangat penting dalam membuat atau mengembangkan sebuah produk.

Mengembangkan Cara Berpikir Dengan Sistematis
Selain dapat mempertimbangkan dengan tepat bagaimana kita akan menyelesaikan sebuah permasalahan, manfaat belajar bahasa pemrograman yang lainnya adalah dapat mengembangkan cara berfikir sistematis.

Melatih Teliti Terhadap Detail
Dalam membangun sebuah program, sering kali seorang developer akan mengalami sebuah permasalahan, salah satunya adalah program yang dibangun eror saat diverifikasi atau di-build. Permasalahan ini akan memerlukan sedikit ketelitian untuk mengatasinya.

Meningkatkan Kemampuan dalam Mengatasi Masalah

Dengan mempelajari bahasa pemrograman, kita akan dilatih untuk menyelesaikan sebuah permasalahan, baik itu tentang bagaimana produk harus bekerja maupun bagaimana mengatasi kesalahan-kesalahan yang terjadi. secara tidak sadar, kita juga akan membawa hal ini ke dalam kehidupan sehari-hari untuk menghadapi berbagai macam permasalahan yang terjadi

nah kita sendiri bisa mengira ngira bagaimana cara menjadi sukses dengan ilmu pemograman pastinya jika menerapkan hal hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita dengan pola pikir yang lebih baik,ketielitian.dsb

dengan menguasai ilmu pemograman banyak sekali positif nya

  • menjanjikanya prospek kerja
  • memudahkan kita dalam menghadapi masalah yang kompleks dengan pola pikir yang lebih sistematis
  • mampu mempermudah kita dalam bekerja nanti

bisa disimpulkan bahwa menjadi seorang yang menguasai ilmu pemograman akan mudah menuju kesuksesan karena terus berkembangnya jaman dan terus dibutuhkanya tenaga kerja dalam pekerjaan tsb.

sumber:


Sebelum mengkaji apa bagaimana caranya untuk meraih kesuksesan dengan menggunakan ilmu pemrograman, tentunya kita harus tahu terlebih dahulu apa itu pemrograman dan sukses. Karena seperti yang kita ketahui bahwa kesuksesan itu sifatnya relatif memiliki pendapat masing-masing menurut perspektif orang-orang. Ada yang berpendapat dengan mendapatkan uang banyak itu sudah menjadi sukses menurut mereka, ada juga yang berpendapat bahwa kesuksesan adalah ketika berhasil melakukan sesuatu dengan baik. Maka, perlu kita kaji semua itu dari awal.

Sebelumnya apa itu pemrograman? pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Dari kegiatan pemrograman lah anda dapat menghasilkan suatu prodak yang anda inginkan sesuai dengan kebutuhan anda.

Lalu apa itu sukses? Sukses adalah pencapaian suatu tindakan dalam jangka waktu tertentu atau dalam parameter yang ditentukan. Kesuksesan juga bisa berarti menyelesaikan suatu tujuan atau mencapai suatu tujuan. Kesuksesan dapat diperluas untuk mencakup seluruh proyek atau dibatasi pada satu komponen proyek atau tugas. Hal ini dapat dicapai di tempat kerja, atau dalam kehidupan pribadi seseorang. Misalnya, jika tujuan pribadi seseorang diterima dalam karir baru, kesuksesan akan terjadi setelah individu tersebut diterima secara resmi ke tempat kerja barunya.

Namun banyak sekali pertanyaan bagaimana agar sukses dengan ilmu pemrograman yang anda miliki? Apakah akan memberikan kesuksesan untuk hidup anda? Tentunya itu semua tergantung dengan diri anda sendiri, bagaimana anda dapat memanfaatkan dan mengimplementasikan ilmu yang anda miliki. Untuk menjadi sukses dengan menjadi seorang programmer adalah sebagai berikut :

  1. Bergairah lah menjadi seorang pengembang perangkat lunak yang dimana notabennya adalah pekerjaan yang akan anda lakukan setiap hari. Jika anda tidak memiliki gairah untuk duduk diam didepan komputer anda sepanjang hari untuk mengerjakan kerjaan anda, maka mulailah menulis code di komputer yaitu “ini bukan hidup anda”
  2. Selalu memulai dengan jalan yang mudah. Tentunya untuk menjadi seseorang yang sukses dalam dunia pemrograman dimulai dengan hal-hal yang mudah. Karena hal yang mudah lah yang menjadi dasar anda untuk meraih kesuksesan. Terkadang kita lupa sehingga melangsungkan pembelajaran dari hal yang sulit tanpa mengetahui dasarnya, sehingga menempatkan anda pada jalan buntu dimana mempunyai tanggungan yang tidak semestinya anda dapatkan.
  3. Jangan mencoba untuk mempelajari seluruh bahasa pemrograman. Hal yang menjadi kegagalan utama dalam mengimplementasikan ilmu yang anda miliki adalah ketika anda mencoba mempelajari seluruh bahasa pemrograman sehingga dapat dikatakan bahwa anda ahli dalam semua bahasa. Namun, itu akan membuat fokus anda tidak terpusat pada keperluan yang anda butuhkan. Yang perlu Anda fokuskan untuk memahami secara solid adalah konsep utama. Selain itu, setelah Anda mahir dalam bahasa pemrograman tertentu, belajar bahasa pemrograman lain mungkin merupakan proses yang lebih cepat dan mudah untuk Anda.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meraih kesuksesan dengan sebuah pemrograman. Sebagai contoh, jadilah malas secara strategis. Pemrogram yang baik lebih tentang bekerja cerdas daripada bekerja keras, jadi belajar untuk menggunakan kembali kode dan mengotomatisasi tugas yang membosankan sangat penting untuk karir yang panjang dalam pemrograman. Anda bisa melihat bahwa barometer kesuksesan seseorang itu tidak berdasarkan semua yang intens dilakukan, melainkan mengoptimalkan apa yang ada untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

Jadikanlah pemrograman sebagai jati diri anda untuk dapat menekuni hal yang akan anda lakukan di sepanjang hidup anda. Buatlah pemrograman sebagai sarana dimana anda meraih kesuksesan didasari dengan kemampuan anda untuk memahami sebuah program sehingga anda mempunyai jalan menuju kesuksesan dengan faktor penunjangnya berupa ilmu pemrograman.

Source :
http://www.wikihow.com/Become-a-Successful-Software-Developer
https://dzone.com/articles/how-to-become-a-successful-programmer
https://www.forbes.com/sites/quora/2015/02/12/is-it-extremely-hard-to-be-a-really-good-programmer/#4c39093c1104
http://www.businessdictionary.com/definition/success.html