Bagaimanasih resep abon?

Bukan hanya daging sapi dna ayam saja yang bisa dibuat abon, daging ikan juga bisa dibuat abon, dan masih banyak lagi
resep-abon-ikan-patin-mudah-hemat-bahan

Cara membuat abon sapi:

  1. Pertama, daging sapi dipotong-potong sampai menjadi tetelan daging. Lemak dan jaringan ikat dibuang dari seluruh permukaannya, lalu dipotong kecil-kecil. Setelah itu dicuci dengan air bersih sampai tidak ada kotoran maupun sisa darah yang tersisa.

  2. Rebus potongan-potongan daging sapi tadi dalam air mendidih selama kurang lebih 60 menit.

  3. Setelah daging sapi terasa empuk, kemudian suwir-suwir daging sapi itu dengan menggunakan mesin suwir daging sapi.

  4. Haluskan bumbu-bumbu sebagai berikut sampai halus: 25g ketumbar, 125g kemiri, 350g gula merah, 150g bawang merah, 50g bawang putih, dan 200g garam dapur. Ccampur dan aduk sampai semuanya tercampur secara homogen, lalu tumis dengan sedikit minyak goreng dalam wajan.

  5. Masukkan santan kelapa ke dalam wajan, tambahkan ke dalamnya daging yang telah disuwir-suwir (dipisahkan dalam bentuk serat daging) dan bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan, aduk sampai merata, lalu panaskan di atas kompor sampai kering dan tiriskan di atas.

  6. Panaskan sebanyak 0.5 liter minyak goreng dalam wajan di atas kompor dengan api sedang, masukkan ke dalamnya daging yang telah dipersiapkan sedikit demi sedikit dan goreng sampai kering dan berwarna cokelat muda, lalu tiriskan dan dinginkan di atas.